Jenis Alpukat Yang Paling Cepat Berbuah

Salah satu jenis alpukat yang paling dicari oleh petani adalah yang paling cepat berbuah. Alasannya tentu sangat sederhana, Memilih jenis alpukat ini tentunya menghemat biaya pemeliharaan sampai bisa menikmati hasil panen. Dengan panen lebih cepat Tentu saja akan mendatangkan keuntungan yang lebih cepat pula.

Alpukat unggul yang ada di Indonesia sudah sangat banyak. Baik itu varietas impor maupun yang dikembangkan sendiri di dalam negeri. Kedua sumber varietas unggul tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah bisa berbuah dengan cepat. Lalu apa saja jenis alpukat tersebut?

5 Jenis Alpukat Cepat Berbuah

Pada dasarnya semua jenis alpukat unggul bisa berbuah lebih cepat dibandingkan alpukat pada umumnya. Rentang waktu yang dibutuhkan oleh alpukat unggul untuk mulai menghasilkan buah adalah 3-4 tahun. Jika dibandingkan alpukat biasa pada umumnya membutuhkan waktu 6-8 tahun.

Namun ada beberapa jenis alpukat yang memiliki kemampuan berproduksi dengan hitungan 1-3 tahun sejak ditanamn. Tentunya alpukat tersebut harus berada pada daerah dengan kondisi syarat tumbuh yang tepat. Selain itu juga membutuhkan perawatan yang intensif agar tumbuh subur dan terhindar dari serangan hama.

Alpukat Hass

Jenis alpukat yang memiliki kemampuan menghasilkan buah sangat cepat adalah Alpukat Hass. Alpukat yang berasal dari California ini dapat berbuah pada usia 1-2 tahun dengan sistem pembibitan okulasi. Alpukat hass ini merupakan pavorit di dunia karena menguasai sekitar 20% pasar alpukat dunia.

Meskipun alpukat ini pertama kali dipatenkan di California, namun bibit ini kebanyak masuk ke Indonesia melalui Australia. Maka tidak heran ketika kebanyakan masyarakat mengira bahwa jenis varietas ini berasal dari Australia.

Silahkan baca: Karakteristik Alpukat Hass.

Alpukat Tanpa Biji

Alpukat tanpa biji jika dirawat dengan baik dan pada kondisi syarat tumbuh yang tepat dapat menghasilkan buah pada usia 1 tahun. Secara umum jenis alpukat ini berbuah mulai usia 1-4 tahun. Jadi, tentu saja faktor lingkungan dan perawatan sangat berpengaruh pada budidaya alpukat ini.

Varietas alpukat yang satu ini memiliki keunikan atau ciri khas yang sangat berbeda dengan jenis lainnya. Selain karena sifatnya yang genjah juga karena tidak memiliki biji dalam dagingnya. Tentu saja ini bisa menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membelinya. Bagi petani tentunya menjadi peluang budidaya yang sangat menguntungkan.

Baca penjelasan lengkapnya pada Karakteristik Alpukat Tanpa Biji.

Alpukat Kendil

Alpukat Kendil merupakan salah satu jenis alpukat yang cepat memrpoduksi buah. Jenis alpukat ini dapat berbuah pada usia 1,5 sampai 2 tahun sejak ditanam. Pengaruh terhadap proses produksi ini bergantung pada perawatan juga lokasi penanaman atau ketinggian tempat.

Inilah varietas alpukat unggul lokal yang mampu bersaing di pasar nasional. Keunikannya juga ditemukan pada ukuran buahnya yang sangat besar atau Jumbo. Daya tarik ini menjadi nilai plus dan nilai jual tersendiri.

Untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca: Karakteristik Alpukat Kendil.

Alpukat Pluwang

Jenis alpukat yang sangat cocok di tanam dipekarangan rumah karena bisa dinikmati buahnya dengan cepat. Alpukat pluwang mulai berbuah pada usia 2,5 tahun dengan tinggi tanaman sekitar 2 meter. Anda bisa menikmati buahnya tanpa kesusahan memetiknya.

Varietas alpukat mentega dengan rasa yang nikmat ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Menjadi primadona bagi banyak pecinta buah. Alpukat pluwang memiliki peluang yang sangat bagus dalam agribisnis.

Lihat penjelasan lengkap tentang Karakteristik Alpukat Pluwang.

Alpukat Wina

Selain keunggulan karena tahan lama dalam penyimpanan buahnya. Alpukat wina juga sangat bisa cepat panen. Hanya membutuhkan waktu 2-3 tahun jenis alpukat ini sudah bisa berbuah. Produksi maksimal saatu usia 4-5 tahun yaitu mencapai 100Kg/ Pohon.

Varietas terakhir yang memiliki kemampuan berbuah dengan cepat yaitu alpukat wina. Alpukat yang juga termasuk dalam kategori jumbo ini juga memiliki sifat genjah dan sangat mudah dibudidayakan di berbagai lokasi baik dataran tinggi maupun dataran rendah.

Penjelasan lengkapnya bisa anda baca disini Karakteristik Alpukat Wina.

Cara Membudidayakan Alpukat

Membudidayakan alpukat untuk tujuan bisnis dan kebutuhan konsumsi rumahan tentunya akan sangat menguntungkan jika bisa cepat dipanen. Jika tanaman cepat produksi artinya biaya perawatan lebih sedikit sehingga pengembalian modal dan keuntungan bisa lebih cepat didapatkan.

Agar tanaman alpukat cepat berbuah tentu saja tidak cukup hanya dengan bibit varietas unggul saja. Faktor perawatan juga sangat berpengaruh. Oleh karena itu perawatan tanaman setelah proses penanaman perlu dilakukan.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Penyiangan gulma yang akan menjadi kompetitor tanaman alpukat dalam menyerap nutrisi dalam tanah.
  2. Penyiraman tanaman secara teratur khususnya saat tanaman baru tanam.
  3. Pemupukan intensif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman yang akan digunakan untuk tumbuh dan memproduksi buah.
  4. Pengendalian hama dan penyakit tanaman agar proses pertumbuhan dan produksi buahnya tidak terganggu.

Faktor lain yang juga perlu diperhatikan adalah syarat tumbuh tanaman alpukat itu sendiri. Meskipun pada dasarnya alpukat merupakan jenis tanaman yang mempunyai tingkat adaptasi yang sangat tinggi namun tetap memiliki kondisi tumbuh yang ideal. Maka perlu diperhatikan ketinggian lokasi, iklim, dan jenis tanahnya.

Untuk pembahasan lengkapnya Silahkan Baca: Cara Budidaya Tanaman Alpukat.

Setiap jenis alpukat tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Baik itu dalam hal produksi, penyimpanan, rasa dan ukuran. Dari karakteristiknya masing-masing itu pula terbentuk pasar dengan sendirinya. Setiap jenis atau varian alpukat memiliki target market atau pecintanya tersendiri. Maka sebagai pelaku budidaya atau petani bisa memilih untuk membudidayakan jenis yang mana saja.

Untuk memilih jenis alpukat yang akan dibudidayakan sebagai komoditas agribisnis setidaknya ada tiga jenis pertimbangan yang harus dilakukan.

Anda bisa memilih dan menentukan kriteria sepert apa yang ingin anda budidayakan baik itu untuk tujuan bisnis maupun untuk konsumsi sendiri. Pastikan memilih atau membeli bibit dari penjual yang terpercaya agar bibit yang didapatkan benar-benar bibit unggul yang berkualitas.

Demikian informasi tentang jenis alpukat yang dapat berbuah dengan cepat. Semoga informasi ini bermanfaat.