Alpukat Hass Karakteristik Pohon Dan Buah

Alpukat Hass salah satu jenis alpukat premium yang banyak digemari oleh pecinta buah di dunia. Alpukat ini pertama kali dikembangkan oleh seorang tukang pos di California Amerika Serikat yang bernama Rudolf Hass. Pemberian nama Hass pada avokad tersebut juga diambil dari namanya setelah memantenkannya pada tahun 1935.

Karakteristik Buah Alpukat Hass

Alpukat Hass memilki keunikan tersendiri jika dilihat dari bentuk buahnya. Ukuran buah yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya. Bobot buahnya hanya sekitar 300 Gram. Bagian kulit luar jika sudah matang berwarna akan berwarna cokelat. Kulit buah bergerigi atau tidak rata.

Bagian daging alpukat premium ini berwarna kuning menghampiri orange. Meski dagingnya buahnya tidak terlalu tebal namun sangat pulen dan kering. Salah satu keunggulan dari dagingnya adalah kaya akan kandungan minyak nabati. Buah ini bahkan dapat digunakan sebagai pengganti margarin karena memiliki kandungan lemak tak jenuh 11-12 gram untuk setiap 100 Gram buahnya.

Harga Avokad Hass

Untuk anda yang ingin mengonsumsi buah Hass Avocado ini harus siap mengeluarkan biaya yang lumayan mahal. Harga untuk 1 Kilogramnya berkisar Rp. 120 Rb – Rp 140 ribu.

Untuk harga bibitnya sangat bervariasi mulai dari 15 ribu sampai 50 ribu per pohonnya. Tentunya ini sangat tergantung dari besar kecil atau usia bibitnya.

Syarat Tumbuh Alpukat Hass

Varietas alpukat yang satu ini merupakan jenis yang sangat mudah dibudidayakan. Tanaman ini dapat tumbuh pada lokasi dataran tinggi dan dataran rendah dengan ketinggian 5 – 1500 MdPL. Untuk kondisi ideal tanaman ini membutuhkan ketinggian 200 – 1000 MdPL.

Jenis tanah yang dibutuhkan untuk dapat tumbuh secara optimal adalah tanah lempung berpasir (sandy loam), lempung liat (clay loam), dan lempung endapan (alluvial loam). Keasaman (pH) tanah berkisar 5,6 – 6,4. Tanah yang gembur, tidak mudah tergenang air, subur, dan banyak megandung bahan organik.

Suhu optimal untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 12,8 – 28,3 Derajat Celcius. Mengingat tanaman alpukat dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi, tanaman alpukat dapat mentolerir suhu udara antara 15 – 30 Derajat Celcius. Kebutuhan cahaya matahari untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 40 – 80%. Angin diperlukan tanaman alpukat untuk penyerbukan.

Cocok Untuk Tanaman Agribisnis Dan Pekarangan Rumah

Jenis alpukat yang satu ini sangat cocok untuk budidaya skala besar atau agribisnis masa berbuah yang relatif cepat. Tanaman ini bisa berbuah sejak usia 1-2 tahun setelah okulasi. Sementara buahnya sangat tahan pada masa penyimpanan atau tidak mudah busuk. Harga jual yang relatif tinggi tentunya bisa mendatangkan keuntungan.

Pohon Alpukat ini juga bisa menjadi pelengkap di pekarangan rumah. Selain bisa ditanam langsung di tanah, alpukat ini juga bisa di tanamn dalam pot atau planterbag. Ukuran pot yang digunakan sebaiknya lebih dari 40 x60 cm. Semakin besar pot yang digunakan tentunya akan semakin baik.

Baca Juga: Alpukat Aligator Karakteristik Buah Dan Pohon.

Demikian pembahasan tentang jenis Alpukat Hass, semoga informasi ini bermanfaat.