Alpukat Kendil Karakteristik Pohon Dan Buah

Alpukat Kendil merupakan jenis alpukat yang memiliki buah yang sangat besar. Bentuknya menyerupai kendi dengan bagian bawah buah yang menggelembung. Alpukat ini menjadi salah satu primadona selain dari ukurannya yang besar rasa dagingnya juga sangat lezat. Jenis ini dihasilkan dari hasil persilangan alpukat kendal dengan alpukat gunung pati.

Karakteristik Alpukat Kendil

Cara membedakan alpukat kendil dengan jenis alpukat lain pada umumnya adalah dengan melihat bentuk buah dan pohonnya. Selain itu alpukat ini juga dapat dikenali dari tekstur daging dan rasanya.

Karakteristik Buah

Alpukat ini merupakan salah satu jenis alpukat jumbo yang memiliki ukuran yang sangat besar. Satu buah bisa mencapai berat 1,7 Kilogram sampai ukuran maksimal 2 Kilogram. Warna kulitnya akan menjadi hijau tua jika sudah matang.

Karakteristik Pohon

Alpukat kendil merupakan jenis yang dapat berbuah sepanjang tahun. Ukuran tinggi pohon bisa mencapai 5 – 6 meter sehingga sangat cocok dijadikan tanaman buah dalam pot. Tanaman ini mulai berbuah pada usia 3-4 tahun setelah tanam jika bibitnya dari teknik okulasi. Sementara jika penanaman dari biji membutuhkan waktu 6-7 tahun.

Alpukat ini bisa ditanaman pada lokasi di ditaran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian antara 200 – 2500 MdPL. Tanaman ini juga tahan terhadap serangan hama ulat sehingga sangat cocok dibudidayakan untuk skala agribisnis dan tanaman pekarangan rumah.

Harga Alpukat Kendil

Harga alpukat kendhil juga termasuk lumayan mahal yaitu kisaran kisaran Rp 25 ribu – Rp 45 ribu per kilogram. Harga ini tergantung dari jumlah produksi dan daerahnya.

Harga bibit sangat bervariasi mulai dari Rp 15 ribu per pohon sampai Rp 50 ribu per pohon. Harga ini disesuaikan dengan ukuran dan usia bibit serta lokasi penjualan.

Cara Budidaya

Untuk membudidayakan alpukat ini baik untuk kebutuhan agribisnis maupun ditanam di pekarangan rumah saja dengan alpukat jenis lainnya. Hal yang paling penting diperhatikan adalah penyiraman, pemupukan dan pemberantasan hama serta penyiangan gulma.

Silahkan Baca: Cara Budidaya Tanaman Alpukat

Alpukat kendil dapat dibudidayakan dipekarangan rumah dengan menggunakan pot (Tabulampot). Dengan sistem budidaya seperti ini tentunya lebih mudah dalam proses perawatannya. Jadi, untuk anda yang suka membudidayakan tanaman di pekarangan rumah, jenis alpukat ini sangat cocok untuk anda.

Baca Juga: Jenis Alpukat Hass

Demikian pembahasan tentang jenis alpukat kendil. Semoga informasi ini bermanfaat.