Alpukat Markus Karakteristik Pohon Dan Buah

Alpukat markus merupakan salah satu varietas jumbo karena memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis lain pada umumnya. Namun jenis ini belum terlalu populer di Indonesia jika dibandingkan dengan alpukat mentega, alpukat miki atau alpukat madu. Padahal di mancanegara alpukat markus banyak dicari pencinta buah dengan nama ilmiah Persea Americana ini.

Alpukat jumbo ini merupakan varietas unggul yang berasal dari Hawai. Keunikan dari alpukat ini adalah bentuk buahnya yang berukuran besar. Sementara dari kualitas rasa tetap bisa bersaing dengan jenis varietas unggul lainnya yang relatif memiliki ukuran buah lebih kecil.

Karakteristik Alpukat Markus

Alpukat markus dapat dibedakan dengan jenis lain dengan melihat bentuk buah dan karakteristik pohonnya. Tentu saja ini sangat dibutuhkan oleh petani untuk mengidentifikasi setiap jenis pohon alpukat yang dibudidayakan. Lalu seperti gambarannya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Karakteristik Buah

Hal pertama yang bisa dikenali dalam mengidentifikasi jenis alpukat markus adalah bentuk buahnya. Buah alpukat markus hampir membulat sehingga tidak tampak dengan jelas leher buah. Ukurannya yang jumbo bisa mencapai diameter 10 cm dengan berat paling maksimal mencapai 2 Kg. Sementara berat untuk yang berukuran paling kecil adalah 600 Gram.

Dari warna kulit pada dasarnya hampir sama dengan alpukat lainnya yaitu berwarna hijau tua. Kulit buahnya terlihat mengkilap jika sudah matang.

Daging buahnya sangat tebal karena bijinya relatif kecil tentu saja akan memberikan kepuasan kepada siapa saja yang memakannya. Apalagi ditunjang dengan rasa lezat dan gurih dengan tambahan rasa manis.

Karakteristik Pohon

Secara fisik, pohon alpukat markus memiliki ciri – ciri yang mirip dengan pohon alpukat pada umumnya. Batangnya berkayu, tumbuh tegak, berwarna kecokelatan, terlihat bergaris – garis, permukaannya kasar, memiliki percabangan yang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 10 meter. Daunnya berjenis menyirip, berwarna hijau mengkilap, dan tumbuh memanjang dengan ujung meruncing. (Sumber: samudrabibit.net)

Varietas ini mulai dilirik banyak petani untuk dibudidayakan secara komersil. Selain karena ukurannya yang jumbo dan rasanya yang enak. Alpukat ini juga memiliki tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Mampu tumbuh pada lokasi yang berada di dataran rendah dan dataran tinggi.

Tahan terhadap segala kondisi baik itu panas maupun dingin. Selain itu alpukat yang satu ini juga dapat tumbuh diberbagai jenis tanah.

Selain untuk tujuan agribisnis, varietas ini juga bisa dibudidayakan di pekarangan rumah dengan sistem tabulampot. Anda hanya membutuhkan pot dengan ukuran 60 cm atau lebih.

Untuk anda yang ingin membudidayakan Jenis Alpukat Jumbo, maka varietas ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Baca Juga: Karakteristik Alpukat Wina.

Demikian ulasan tentang jenis alpukat markus. Semoga informasi ini bermanfaat.