Alpukat Mentega Karakteristik Pohon Dan Buahnya

Alpukat mentega merupakan salah jenis alpukat yang banyak dibudidayakan dalam skala agribisnis. Namun tidak jarang juga ditanam dipekarangan rumah oleh masyarakat. Pohon alpukat bisa menjadi tanaman rindang di pekarangan yang memberikan kesejukan.

Ciri-ciri Buah Alpukat Mentega

Alpukat mentega mempunyai banyak sekali perbedaan dengan Jenis alpukat biasa pada umumnya. Perbedaan pada buah ini bisa dengan mudah dikenali bahkan sebelum membelah dan melihat dagingnya. Berikut ini ciri-ciri buahnya.

  1. Ukuran buah mempunyai diameter sekitar 7 – 20 cm. Ukuran maksimal bisa didapatkan dari pohon yang tumbuh subur dengan perawatan yang baik.
  2. Berat buah bisa mencapai 1 Kg/ biji. Itulah sebabnya jenis alpukat ini masuk dalam salah satu kategori alpukat jumbo.
  3. Diameter bijinya sekitar 5-6,4 cm. Dari ukuran biji ini bisa didapatkan ketebalan daging yang lumayan sehingga tentunya tidak rugi jika membeli jenis alpukat ini untuk dikonsumsi.
  4. Kulit luar berwarna hijau tua sampai keunguan dengan tekstur halus. Dari tampilan luar yang cukup menggoda membuat penikmat alpukat tentunya tidak tahan jika melihat buah ini terpajang di etalase toko buah.
  5. Warna daging buah disekitar biji berwarna kuning sementara disekitar kulit berwarna hijau. Dari warna dagingnya bisa terlihat kenikmatan rasa dan aroma buah jika disantap.
  6. Ukuran daging buah lebih tebal jika dibandingkan dengan alpukat biasa pada umumnya. Ketebalan daging buah alpukat bergantung pada diameter buah dan ukuran biji yang ada di dalamnya.
  7. Tekstur daging lebih lembut. Dari teksturnya yang begitu lembut membuat penikmatnya selalu ketagihan untuk menyantap buah ini sebagai pelengkap makan malam dan juga sebagai salah satu menu diet.
  8. Ada rasa manis dan gurih pada alpukat ini sehingga bisa dikonsumse tanpa dibuat jus. Merupakan salah satu jenis alpukat yang cocok dikonsumsi kapan saja tanpa melalui proses pengolahan yang terlalu rumit dan dikonsumsi layaknya buah pada umumnya.
  9. Buah alpukat inicenderung lebih tahan dibandingkan alpukat biasa pada umumnya. Untuk penyimpanan dalam waktu yang relatif lama rasa buahnya masih tetap enak untuk dinikmati jadi beli dalam jumlah banyak sebagai persiapan tentunya tidaklah masalah.

Katakteristik Pohon

Karakteristik pohon alpukat mentega yaitu bisa tumbuh hingga mencapai 20 meter. Untuk tanaman pekarangan rumah anda bisa memangkas dan menjaga ketinggiannya. Panjang daun berkisar 12-25 cm tergantung keseburan tanamannya. Bungnya tersembunyi dengan diameter sekitar 5-10 mm.

Jenis Alpukat ini pada dasarnya memiliki tingkat adaptasi yang tinggi sehingga bisa ditanam pada berbagai macam lokasi. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Jadi, untuk anda yang ingin menanamnya di pekarangan rumah bisa mencobanya.

Pilihan menanam alpukat mentega di pekarangan salah satunya adalah tingkat keberhasilan panennya lebih tinggi. Alpukat mentega memiliki enzim antiprotease yang membuat ulat dan hama lainnya tidak menyukai pohon alpukat mentega. Proses berbuahnya pun cenderung lebih cepat dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya.

Harga Alpukat Mentega

Harga alpukat mentega pada dasarnya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan alpukat lainnya. Memang wajar jika melihat ciri-ciri buahnya serta rasa yang ditawarkan. Untuk harga dari alpukat inii berkisar 15.000 – 40.000/ Kg. Kondisi harga ini tergantung dari musim dan daerahnya.

Menfaat Alpukat Mentega

Alpukat mentega tidak hanya memiliki rasa yang enak saat dikonsumsi. Buah yang satu ini juga ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi jenis alpukat ini.

  1. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  2. Menjaga kesehatan tulang menghindarkan dari osteoporosis.
  3. Mengurangi risiko penyakit kanker.
  4. Menjegah penyakit serangan jantung.
  5. Membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Harga Porang Umbi Segar, Chip Dan Tepung.

Demikian pembahasan tentang alpukat mentega berdasarkan karakteristik pohon dan buahnya. Semoga informasi ini bermanfaat.