Alpukat Miki Karakteristik Pohon Dan Buah

Alpukat miki merupakan salah satu varietas alpukat unggul yang bersifat genjah atau mudah berbuah. Alpukat ini sangat cocok dibudidayakan untuk kebutuhan agribisnis maupun untuk konsumsi pribadi dengan menanam di pekarangan rumah. Meski memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan alpukat unggul lainnya namun alpukat ini ternyata memiliki banyak penggemar juga.

Karakteristik Alpukat Miki

Alpukat miki dapat dikenali dari karakteristik buah dan pohonnya. Untuk anda yang berniat untuk menanam alpukat bisa menjadikan alpukat yang satu ini sebagai pertimbangan. Tingkat produksi buah yang sangat tinggi dan daya tahan dari serangan hama ulat membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai tanaman untuk bisnis pertanian.

Berikut ini karakteristik berdasarkan buah dan pohonnya.

Karakteristik Buah Alpukat Miki

Alpukat miki memiliki ukuran buah yang relatif lebih kecil karena hanya berukuran antara 400 – 600 gram per buahnya. Namun daging buahnya terbilang cukup tebal karena biji yang ada dalam buahnya juga kecil. Ukuran buah yang imut ini ternyata menjadi primadona para pecinta buah alpukat.

Kualitas buahnya sangat bagus karena merupakan salah satu jenis Alpukat Mentega. Daging buahnya sangat lembut, pulen, Creamy tetapi tidak berair. Dari segi rasa jenis alpukat inilah yang banyak dicari karena terdapat sedikit rasa manis dan gurih tanpa ada rasa pahit dan getir.

Dari tampilan buahnya alpukat ini juga cukup menggoda karena kulitnya sangat halus dan mengkilap dengan warna hijau yang merata.

Karakteristik Pohon

Pohon alpukat miki memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan alpukat lain pada umumnya. Sebagai varietas unggulan alpukat miki sangat cocok ditanam untuk kebutuhan bisnis di bidang pertanian. Daun alpukat miki tidak disukai oleh ulat sehingga pertumbuhannya bisa lebih baik.

Varietas alpukat unggul ini memiliki tinggi pohon sampai 15 meter. Ukuran daunnya sepanjang 12 sampai 25 cm dengan warna hijau. Bunga tanaman alpukat miki tersembunyi dengan warna hijau kekuningan berukuran 5-10 mm.

Jenis Alpukat yang satu ini bisa ditanam pada lahan luas atau kebun dan juga pekarangan rumah serta bisa menggunakan pot atau tanaman buah dalam pot. Selain itu tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah dan dataran tinggi.

Salah satu alasan kenapa alpukat ini sangat baik untuk dibudidayakan karena produktivitasnya yang tinggi. Tanaman alpukat ini dapat berbuah pada usia 3 tahun setelah tanam dengan tingkat produksi bisa mencapai 20 Kg per pohon jika dirawat dengan baik. Alpukat ini mulai berbuah ketika tingginya sudah mencapai 2.5 meter sehingga sangat cocok untuk budidaya tabulampot.

Cara Budidaya

Cara budidaya alpukat ini sama halnya dengan budidaya jenis tanaman lainnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Syarat tumbuh tanaman alpukat
  2. Jenis bibit yang digunakan
  3. Pengaturan jarak tanam
  4. Pemeliharaan termasuk pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit.

Jika budidaya dilakukan dengan perawatan maksimal maka hasil panen bisa dinikmati pada saat tanaman sudah berusia 3 tahun sejak tanam.

Baca Juga: Karakteristik Pohon Dan Buah Alpukat Kendil.

Demikian pembahasan tentang karakteristik pohon dan buah alpukat miki. Semoga informasi ini bermanfaat!