Alpukat Pluwang Karakteristik Pohon Dan Buah

Alpukat pluwang menjadi primadona pecinta buah yang berasal dari Meksiko ini. Selain karena rasanya yang enak, ukurannya juga sangat besar. Pelaku budidaya pun menyukainya karena jenis ini merupakan salah satu yang cepat berbuah.

Karakteristik Alpukat Pluwang

Alpukat pluwang sangat mudah dikenali dengan melihat bentuk buahnya. Apalagi jika sudah membelahnya dan melihat daging serta memakannya. Bagi pecinta alpukat tentu akan sangat mudah mengenalinya. Seperti apa karakteristik buah dan pohonnya?

Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Karakteristik Buah

Alpukat jenis ini dikatakan sebagai alpukat jumbo karena memiliki ukuran buah yang sangat besar. Ukuran buahnya bahkan bisa mencapai tiga kali ukuran buah alpukat pada umumnya. Berat 1 buah rata-rata adalah 1-1,2 Kilogram. Beratnya maksimalnya bisa mencapai 2 kilogram/ buah.

Selain berukuran jumbo buah alpukat ini juga memiliki bentuk yang unik. Sekilas tampak seperti gitar spanyol dengan bagian bawah buah berukuran besar dan membuat sementara bagian leher ke atas agak lonjong dan mulai mengecil sampai ke pangkal.

Warna kulit luar jenis pluwang ini berwarna hijau tua mengkilap. Ciri khas dari kulitnya adalah adanya bintik-bintik putih. Itulah bukanlah tanda penyakit tetapi memang sudah menjadi cirinya tersendiri.

Daging alpukat pluwang ini sangat tebal karena bijinya relatif kecil. Sementara warnanya kuning seperti mentega. Dari segi tekstur dagingnya juga padat, lembut dan pulen. Daging buahnya lebih kering karena memiliki kadar minyak yang rendah.

Dengan melihat bentuk dagingnya tentunya sudah terbayang citarasa dari alpukat ini. Yah benar sekali, sebagai salah satu varian Alpukat Mentega rasanya memang sangat nikmat dan gurih. Rasa manis dan gurih dari alpukat inilah yang membuatnya banyak diburu oleh pecinta buah dengan nama latin Persea Americana ini.

Ada satu hal yang menarik juga dari alpukat ini adalah kulitnya yang sangat mudah terlepas. Anda bisa mengupasnya seperti mengupas kulit pisang. Anda tidak perlu khawatir jika takut akan banyak dagingnya yang ikut dengan kulit karena ukuran dagingnya sangat tebal.

Pematangan buah alpukat jenis pluwang ini juga terbilang sangat cepat. Jika sudah dipetik/ panen, hanya membutuhkan waktu 3-5 hari untuk siap dikonsumsi. Merupakan salah satu yang tercepat dari semua jenis alpukat.

Karakteristik Pohon

Sekarang kita lanjut mengenali seperti apa pohon alpukat pluwang. Jenis alpukat ini merupakan salah satu jenis alpukat yang cocok untuk budidaya tanaman buah dalam pot. Untuk anda yang ingin menambah jumlah koleksi buah ditanaman pekarangan anda sangat cocok untuk menjadikan tanaman ini sebagai koleksi berikutnya. Pastikan anda menggunakan pot dengan ukuran 60 x 40 cm atau lebih besar.

Untuk skala budidaya di lahan luas atau tujuan agrobisnis juga tentunya sangat cocok. Alpukat ini merupakan Jenis Alpukat Cepat Berbuah. Dengan menggunakan teknik pembibitan dengan okulasi alpukat ini dapat berbuah pada usia 2-3 tahun saja.

Selain memiliki sifat genjah jenis alpukat ini juga memiliki produktifitas yang sangat tinggi. Dalam satu tahun bisa panen minimal dua kali. Produktifitasnya juga akan terus bertambah seiring dengan usianya.

Alpukat ini juga memiliki tingkat adaptasi yang sangat baik sehingga bisa ditanam pada daerah dataran rendah dan dataran tinggi. Jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin membudidayakan jenis alpukat yang satu ini. Untuk lokasi tumbuh yang ideal berada di ketinggain 500 – 1000 MdPL.

Meski terbilang sangat mudah dibudidayakan tentunya ketika berbicaya budidaya tanaman tentunya membutuhkan perlakuan khusus. Perawatan intensif budidaya alpukat perlu melakukan penyiraman, penyiangan gulma, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit.

Harga Alpukat Pluwang

Setelah melihat berbagai macam keunggulan di atas kira-kira berapa harga dari buah alpukat tersebut? Dikutip dari superapp.id harga alpukat pluwang adalah Rp 15 ribu/ buah. Tentunya harga yang sangat terjangkau dengan ukuran dan rasanya yang nikmat. Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan alpukat miki dan alpukat wina. Harga ini berlaku untuk aplikasi superapp.id tentunya harga di supermarket atau pasar tradisional bisa berbeda.

Bibit alpukat pluwang dijual dengan kisaran harga 20.000 – 60.000 rupiah perpohon. Tentunya harga ini akan bergantung pada ukuran pohon dan usianya. Selain itu juga akan sangat ditentukan oleh siapa penjual dan daerahnya.

Baca Juga: Karakteristik Alpukat Kendil.

Demikianlah pembahasan tentang Jenis Alpukat Pluwang. Semoga informasi ini bermanfaat.