Alpukat Wina Karakteristik Pohon Dan Buah

Alpukat wina merupakan salah satu jenis alpukat yang cepat berbuah. Tanaman buah yang berasal dari Bandungan ini juga memiliki buah yang termasuk ukuran jumbo. Varietas ini juga sangat cocok dibudidayakan untuk lahan luas karena memiliki tingkat produktifitas yang sangat tinggi.

Karakteristik Alpukat Wina

Alpukat Wina sangat mudah dikenali karena bentuk buahnya yang memiliki karakter tersendiri jika dibandingkan dengan varietas lainnya. Selain itu pohon tanaman buah ini juga memiliki perbedaan dengan jenis alpukat pada umumnya.

Karakteristik Buah

Jenis alpukat yang satu ini masuk dalam kategori alpukat jumbo karena memiliki ukuran buah dengan berat mulai dari 800 Gram sampai 1,8 Kilogram per buah. Bahkan berat maksimalnya bisa mencapai 2 Kilogram. Bentuk buahnya agak membulat sehingga hampir tidak ada leher buah. Bentuk buahnya inilah yang membuatnya terlihat unik dan sangat berbeda dengan alpukat lain pada umumnya.

Kulit buahnya sangat tebal sehingga tahan untuk disimpan dalam jangka waktu lama. Setelah dipetik buahnya akan matang setelah 15 hari. Dari sekian banyak varietas, alpukat inilah yang paling tahan. Warna kulitnya hijau mengkilap dan terlihat sangat bersih.

Dari segirasa tidak perlu diragukan lagi dagingnya memiliki citarasa yang gurih lembut dan ada tambahan rasa manis. Daging buahnya juga sangat tebal, pulen dan tanpa serat.

Baca Juga: Karakteristik Alpukat Pluwang.

Karakteristik Pohon

Dengan melihat karakteristik buahnya tentunya sudah tertarik untuk menikmatinya bukan? Bagaimana dengan membudidayakannya sendiri. Jadi anda tidak perlu membeli setiap kali ini menikmati buah yang lezat ini.

Pohon alpukat wina dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis di Indonesia. Sangat cocok dibudidayakan baik di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk kondisi pertumbuhan ideal varietas alpukat unggul yang satu ini sangat cocok untuk ketinggian 200 – 1.000 MdPL.

Alpukat ini juga termasuk yang bersifat genjah atau mudah berbuah. Merupakan salah satu jenis alpukat yang cepat berbuah karena sudah bisa produksi sejak usia 2-3 tahun setelah tanam. Selain sifat genjah tanaman ini juga memiliki produktifitas yang tinggi. Dari satu pohon bisa menghasilkan 100 Kg buah dalam satu kali panen.

Masa berbuah alpukat ini juga tidak mengenal musim, artinya bisa berbuah sepanjang tahun. Tentu saja ini bisa menjadi alasan untuk budidaya tanaman alpukat ini dalam skala besar.

Harga Alpukat Wina

Baik untuk kebutuhan konsumsi atau kebutuhan budidaya tentunya anda penasaran dengan harganya. Kira-kira berapa harga alpukat wina dengan sejumlah keunggulannya di atas?

Berdasarkan sumber dari gdmagri.com harga buah alpukat wina adalah Rp. 15.000 – Rp. 30.000/ Kilo. Harganya sangat terjangkau ternyata. Harga ini bisa berbeda-beda berdasarkan tempat pembeliannya.

Bibitnya sendiri bisa dibeli secara online dan offline bagi yang berada di Pulau Jawa dengan harga berkisar Rp. 15.000 – Rp. 35.000 per pohon. Jadi, dengan modal minim anda bisa bisa menanam alpukat ini untuk kebutuhan konsumsi di rumah.

Untuk membudidayakan alpukat Wina sama saja dengan jeis alpukat lainnya. Anda hanya perlu memilih bibit unggul dari penjual bibit terpercaya. Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah cara perawatannya. Perawatan dilakukan dengan penyiangan gulma, penyiraman (jika dibutuhkan), pemupukan dan pengendalian hama.

Untuk cara pemupukan menggunakan pupuk organik herbafarm anda bisa membacanya disini Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Alpukat.

Demikianlah ulasan tentang alpukat wina. Semoga informasi ini bermanfaat!