Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm Cair dan Granul

Cara aplikasi pupuk Herbafarm – pupuk herbafarm terdiri dari dua jenis yaitu Herbafarm cair dan granul. Pupuk herbafarm cair terdiri dari dua kemasan yaitu kemasan 1 liter dan kemasan 5 liter.

Cara aplikasi atau penggunaan pupuk herbafarm cair dan granul pada tanaman untuk meningkatkan hasil produksi secara kualitas dan kuantitas adalah sebagai berikut.

Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm Cair

Cara menggunakan pupuk Herbafarm cair dapat dilakukan dengan dua cara yaitu Penyiraman dan penyemprotan.

1. Penyiraman

Penyiraman dapat dilakukan pada kondisi tanah basah (Musim hujan) dan kondisi tanah kering (Musim Kemarau).

  • Penyiraman pada tanah basah
  1. Tanaman produksi (Berbuah) aplikasikan pupuk herbafarm cair 4-6 tutup botol perpohon, mengililingi pohon dengan jarak antara 0,5-1 meter atau sejajar dengan bagian daun terluar tanaman. Pemupukan dilakukan setiap 3 bulan.
  2. Tanaman kecil (belum) produksi berikan pupuk herbafarm dengan dosis 2-4 tutup botol perpohon.
  • Penyiraman Pada Tanah Kering

Aplikasikan pupuk Herbafarm 4-6 tutup botol perpohon dengan mencampurkan 2-5 liter air untuk 1 pohon. Siramkan ke sekeliling pohon dengan jarak 0,5-1 meter atau sejajar dengan bagian daun terluar tanaman. Pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Catatan

1. Pemupukan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 09.00 atau pada sore hari mulai pukul 16.00.
2. Dosis 2 Tutup botol sama dengan 1 tutup jerigen. 1 Tutup botol sama dengan 10 Ml.
3. Pada saat pemupukan sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu area pemupukan dari rumput atau dedaunan.
4. Untuk tanaman kritis (Hampir mati) terserang hama/ penyakit sebaiknya aplikasikan herbafarm setiap 15 hari sekali selama 3 bulan sampai tanaman pulih. Selanjutnya pemupukan dilakukan setiap 3 bulan.
5. Kelebihan dosis pemupukan tidak memberikan efek samping pada tanaman.
6. Air berguna untuk mempercat kinerja mikroba tanah dan untuk mempercepat larutnya pupuk sehingga bisa diserap oleh akar tanaman.
7. Pemakaian Booster Herbafarm cukup dituangkan langsung ke dalam botol sebanyak 5 sachet booster biru dan 5 sachet booster hitam.

2. Penyemprotan

Untuk aplikasi dengan cara penyemprotan ditujukan pada tanaman kecil atau belum produksi. Namun tetap dapat dilakukan pada tanaman yang sudah berporduksi. Dosis penyemprotan yaitu 6 tutup botol untuk tangki 14 liter air.

Penyemprotan dilakukan dengan menyemprot bagian bawah daun (Semprot dari bawah ke atas). Penyemprotan sebaiknya dilakukan pada sore hari pada pukul 16.00 saat stomata daun terbuka.Penyemprotan dilakukan setiap bulan atau setiap 15 hari tergantung kondisi tanaman. Penyemprotan dilakukan pada bagian daun, batang, dan area pengakaran.

Catatan

1. Pastikan alat semprot yang digunakan sudah benar-benar bersih apabila pernah digunakan melakukan penyemprotan Pestisida, Fungisida dan bahan kimia lainnya.
2. Penyemprotan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 09.00 atau sore mulai pukul 16.00.

Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm Granul

Pupuk herbafarm granul dapat diaplikasikan pada tanaman yang sudah berproduksi atau belum berproduksi. Pupuk herbafarm granul sangat bagus digunakan untuk persiapan lahan.

Persiapan Lahan

Aplikasikan pupuk herbafarm granul 15 hari sebelum penanaman pada lubang tanam yang sudah disiapkan dengan dosis 6-8 sendok makan perlubang.

Pemupukan Tanaman Berproduksi

Untuk tanaman yang sudah produksi (berbuah) buat lubang disekitar pohon dengan jarak 1 meter dari pohon minimal 8 titik. Setiap lubang diisin dengan 1 sendok makan herbafarm granul.

Pemupukan Tanaman Belum Berproduksi

Untuk tanaman belum berproduksi atau belum pernah berbuah cara aplikasinya sama. Dosisnya cukup 4 sendok makan perlubang.

Catatan

1. Aplikasi Herbafarm granul dilakukan setiap 2 kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan pada akhir musim hujan.
2. Dosis pemakaian pupuk herbafarm granul dapat disesuaikan dengan kondisi tanaman mulai 2-10 sendok makan perpohon.
3. Herbafarm granul tidak dapat diaplikasikan pada musim kemarau atau kondisi tanah kering karena membutuhkan air untuk proses rilis butiran granul.
4. Aplikasi dilakukan sebelum pukul 09.00 pagi atau mulai pukul 16.00 sore

Aplikasi Kombinasi Pupuk Herbafarm Cair dan Granul

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pupuk Herbafarm bisa dengan mengkombinasikan penggunaan pupuk herbafarm cair dan granul. Pupuk Herbafarm Cair diaplikasi setiap 3 bulan sekali kemudian pupuk Herbafarm Granul diaplikasikan setiap 6 bulan (awal dan akhir musim hujan).

Sebagai Penutup

Cara aplikasi pupuk Herbafarm diatas dapat diterapkan pada tanaman cengkeh, kakao, durian, mangga, dan tanaman berbuah lainnya. Untuk aplikasi pada tanaman lain secara spesifik bisa dilihat pada Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm.

Informasi dan Pemesanan

Untuk tanya jawab dan pemesanan pupuk herbafarm anda dapat menghubungi Distributor Pupuk Herbafarm Makassar melalui WA: 085-213-474-824 atau klik Cara Pemesanan.