Cara Budidaya Tanaman Cabe Sistem Hidroponik

Budidaya Cabe Sistem Hidroponik. Budidaya cabe dengan sistem Hidroponik bisa menjadi alternatif untuk anda yang tidak cukup memiliki lahan. Cara-caranya pun sangat sederhana mulai dari pembuatan media tanam, pemilihan bibit, penyemaian, pembesaran, perawatan hingga masa panen.

Hal yang paling penting dalam menanam tanaman dengan sistem Hidroponik adalah kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Dengan menyediakan nutrisi dan kebutuhan air yang cukup maka akan menghasilkan yang maksimal.

Persiapan Budidaya Cabe Sistem Hidroponik

Nah, sebelum kita bahas cara budidaya tanaman cabe dengan sistem hidroponik. Berikut ini adalah sedikit gambaran hal-hal yang juga harus anda perhatikan dan di persiapkan, diantaranya:

  1. Menyiapkan Instalasi (media tanama Hidroponik)
  2. Pemilihan dan penyemaian bibit
  3. Pemindahan bibit yang telah siap untuk ditanam
  4. Perawatan, mulai dari kebersihan, kebutuhan air yang cukup, nutrisi, pencegahan dan mengendalian hama dan lain sebagainya.
  5. Pembesaran
  6. Dan pemanenan

Cara Budidaya Tanaman Cabe Dengan Sistem Hidroponik

Langkah demi langkah diatas jika telah selesai anda penuhi, maka selanjutnya kita akan bahas secara tuntas urutan bagaimana cara penanaman cabe dengan sistem hidroponik. Berikut ulasan lengkapnya ;

Persiapan Instalasi Sistem Hidroponik

Pada umumnya sistem yang bagus untuk tanama hidroponik pada cabe adalah sistem sumbu atau sistem drip irigasi, untuk lebih jelasnya seperti berikut ini ;

Persiapan bahan media tanam bisa menggunakan arang sekam, atau pecahan genteng

Persiapan alat-alat media tanam seperti tandon air, silang, pipa air, rak dan lain sebagainya yang sekitaranya nanti diperlukan dalam Instalasinya.

Pemilihan Bibit

Setidaknya terdapat dua jenis bibit cabe yang bisa anda tanam yakni lokal dan hybrida. Diantara keduanya memiliki perbedaan, jika Bibit Cabe lokal maka lebih beradaptasi pada iklam yang ada di Indonesia selain itu untuk mendapatkannya juga sangat mudah. Sedangkan bibit cabe hybrida cara budidaya lebih sulit, namun kualitas yang dihasilkan lebih unggul. Silahkan anda tentukan mana yang terbaik dengan perbandingan tersebut.

Penyemaian

Jika pada umumnya penyemaian menggunakan media tanah secara langsung. Hal ini berbeda jika kita menanam tanaman dengan sistem Hidroponik biasanya menggunakan rockwoll, arang sekam dan hidroton. Akan tetapi, agar lebih muda sebaiknya menggunakan rockwoll, karena lebih mudah mengaplikasikannya. Caranya sebagai berikut :

  1. Siapkan tempat yang akan dijadikan sebagai media penyemaian seperti baki, nampan, polybag dan lainnya. 
  2. Untuk anda yang menggunakan rockwoll, potong-potong rockwoll hingga menjadi beberapa bagian ukuran 5X5 cm.
  3. Buatlah lubang kecil pada rockwoll kira-kira dalamnya 1 cm
  4. Tarulah bibit pada lubang rockwoll sebelumnya
  5. Jika semua lubang rockwoll sudah dipastikan terisi bibit, lalu tutup menggunakan plastik hitam dan simpan di tempat yang gelap. Fungsi dari penyimpanan ini agar perkecambahannya lebih cepa
  6. Setelah bibit berubah menjadi kecambah, pindahkan ketempat netpot yang memiliki pencahayaan cukup
  7. Kemudian siram bibit dua kali dalam sehari, waktunya pagi dan sore
  8. Terakhir lakukan pengecekan secara berkala, pastikan tetap lembab

Pemindahan Bibit ke Media Tanam

Pada umumnya bibit akan bertunas setelah berumur kurang lebih 2 minggu. Pada saat bibit sudah bertunas, maka bibit cabe sudah siap dipindahkan ke media tanam yang sesungguhnya, lakukan dengan telaten.

Pembesaran dan Perawatan

Agar kebutuhan unsur hara tanaman pada cabe ini terpenuhi, maka anda harus memberikan nutrisi tambahan. Untuk nutrisi anda bisa menggunakan AB Mix. Pada awal pemindahan bibit, sebaiknya berikan nilai nutrisi 500 ppm. Setelah cabe mulai memiliki daun yang cukup nutrisi bisa ditambahkan menjadi 1000 ppm, lakukan juga pengecekan ppm air menggunakan TDS meter.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Bawang Merah Sistem Hidroponik.

Itulah beberapa langkah-langkah cara budidaya tanaman cabe dengan sistem hidroponik yang bisa anda terapkan. Ikuti cara-cara tersebut dengan benar, agar anda berhasil untuk membudidayakan cabe dengan sistem Hidroponik.