Kategori Pupuk Tanaman

Cara Budidaya Jagung Manis Sistem Hidroponik

Budidaya Jagung Manis Sistem Hidroponik. Jagung adalah salah satu tanaman yang banyak diusahakan oleh para petani khususnya daerah Jawa Timur, masyarakat lebih memilih menanam jagung karena jagung memiliki karakteristik yang lebih mudah beradaptasi mulai daratan rengah, menengah hingga daratan tinggi.

Meskipun para petani banyak yang menanam jagung, akan tetapi pada kenyataanya jagung di Indonesia masih mengalami kekurangan. Hal ini terbukti pada setiap tahunnya Indonesia masih mengimpor jagung dalam jumlah besar.

Dengan keterbatasan jagung tersebut di Indonesia, tentu ini akan memberikan peluang besar bagi para petani untuk terus meningkatkan produksinya. Sebab, kebutuhan jagung nasional terus mengalami peningkatan sehingga berapapun jumlah jagung yang dihasilkan oleh petani dapat ditampung seluruhnya.

Untuk meningkatkan produksi jagung ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh para petani seperti menambah areal lahan, penggunaan varietas unggul hingga menggunakan teknologi canggih. Selain itu, petani juga bisa meningkatkan jagung dengan sistem Hidroponik.

Cara Budidaya Tanaman Jagung Manis Menggunakan Sistem Hidroponik

Jagung adalah palajiwa yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, selain bergizi jagung juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, jagung juga bisa ditanam dengan sistem Hidroponik yang tuntunya hasil tanam dengan metode ini lebih maksimal dan berkulitas.

Dalam artikel ini kami akan memberikan contoh tanam jagung Hidroponik metode kultur porrus. Jika pada umumya jagung Hidroponik ditanam pada lahan maka dengan menggunakan metode ini anda bisa menanamnya meskipun tidak memiliki lahan dalam artian dapat ditanam disekataran rumah.

Media Tanam Yang Bisa Digunakan

Bisa menggunakan pasir, krikil, bedak kayu bahkan pecahan genteng. Namun, kami merekomendasikan menggunakan pasir. Sebab, pasir dapat membunuh hama secara alami dan ini tentunya sangat bermanfaat karena tanaman terbebsar dari hama.

Dengan melepaskan tanaman Hidroponik dari hama, maka anda tidak akan dikhawatirkan lagi dengan pestisida. Jadi, tanaman lebih sehat tanpa adanya bahan kimia saat proses pertumbuhannya.

Cara Menanam Jagung Manis

Untuk cara menanamnya seperti menanam jagung Hidroponik pada umumnya. Langkah pertama adalah melakukan penyemaian sampai menjadi benih jagung, usahakan pilih bibit berkualitas tinggi sebab sangat di sayangkan jika prosesnya sudah maksimala namun hasilnya tidak memuaskan.

Atau jika anda ingin menanam jagung secara langsung pada media tanam dapat anda lakukan, media menanaman tersebut yang paling penting adalah terbuat dari bahan yang kuat dimana harus mendukung tanaman jagung hingga besar dan tinggi.

Nutrisi Untuk Tanaman Jagung Manis

Selain itu, penting juga memberikan nutrisi tanpa diberikan nutrisi tidak menutup kemungkinan tanaman anda akan rusak dikemudian hari atau bahkan mati. Dan juga lupa selalu cek kebutuhan airnya, berikan kebutuhan air setiap pagi dan sore.

Baca Juga: Cara Budidaya Cabe Sistem Hidroponik

Cara menanam jagung Hidroponik sebenarnya susah-susah gampang, mudahnya tidak memerlkan lahan yang luas untuk menanam jagung. Tetapi, tanaman juga harus memerlukan kesabaran untuk menyiraminya serta memberikan nutrisi. Demikianlah ulasan cara budidaya tanaman jagung manis dengan sistem hidroponik. Bagaimana tertarik untuk memulainya? Jangan lupa untuk selalu cek juga cara menanam tanaman hidroponik pada artikel sebelumnya ya agar dapat nemambah wawasan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.