Kategori Cara Menanam

Cara Aplikasi Herbafarm Pada Pohon Durian Agar Berbuah Lebat

Cara aplikasi Herbafarm Pada Pohon Durian. Mungkin anda adalah petani durian yang sudah memiliki pohon durian. Namun tanaman durian anda memiliki masalah yang membuat jumlah produksi menjadi berkurang atau bahkan gagal panen.

Beberapa masalah yang mungkin anda hadapi adalah sebagai berikut:

  1. Pohon durian kurus atau kurang subur
  2. Tanaman durian terserang hama
  3. Durian berbunga tetapi bunganya gugur sebelum menjadi buah
  4. Buah tetapi jatuh sebelum matang
  5. Pohon durian sudah terlalu tua sehingga produksinya mulai menurun.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut diatas? Sebelum lanjut pada solusinya terlebih dahulu cari tahu kemungkinan penyebabnya. Dari masalah diatas ada dua hal pasti yang terjadi yaitu pada ponit nomor dua tanaman terserang hama dan pada point nomor lima tanama durian sudah terlalu tua. Masalah lain kemungkinan penyebabnya adalah kondisi tanah yang sudah tidak stabil, unsur hara sudah berkurang, atau terpapar zat kimia akibat penggunaan pupuk kimia atau pestisida kimia. Selain itu faktor Iklim, ketersediaan air juga bisa berpengaruh, intinya bahwa banyak hal yang bisa berpengaruh sehingga pohon durian kurang subur.

Cara Mengatasi Pohon Durian Kurang Subur

Dari sekian banyak kemungkinan penyebabnya tentunya masalah iklim tidak dapat dirubah/ diatur. Namun tentunya kita dapat berusaha agar tanaman durian bisa bertahan pada suhu ekstrim. Jadi, solusi yang diberikan adalah dengan mengaplikasikan Pupuk Organik Herbafarm.

Pupuk organik herbafarm tersedia dalam dua jenis yaitu pupuk Herbafarm cair dan Pupuk Herbafarm granul. Kedua jenis pupuk ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama namun berbeda cara aplikasinya dan memiliki keunggulan masing-masing.

Baca selengkapnya tentang kedua jenis pupuk tersebut.

Pupuk Bio Organik Herbafarm

Bagaimana Cara Aplikasi Herbafarm Pada Pohon Durian

Pupuk Organik Herbafarm dapat diaplikasikan mulai dari masa pembibitan sampai pada usia produktif (berbuah). Berikut ini penjelasan lengkap tentang cara aplikasi herbafarm pada pohon durian.

Aplikasi Herbafarm Bibit Durian

Pupuk Herbafarm cair dapat diaplikasikan pada bibit durian sebelum ditanam pada lahan. Caranya adalah dengan cara menyemprotkan larutan herbafarm cair pada bibit tersebut. Dosis yang digunakan adalah 3 tutup botol dicampur air 14 liter. Disemprotkan secara merata dengan mengatur air yang keluar seperti uap. Penyemprotan cukup dilakukan sekali selama pembibitan.

Aplikasi Herbafarm Granul Pada Pengolahan Lahan

Pada pengolahan lahan atau persiapan media tanam dapat diaplikasikan pupuk herbafarm granul. Caranya adalah dengan memasukkan pupuk herbafarm granul ke dalam lubang tanam sebanyak 1 sendok makan kemudian ditutup dengan tanah. Aplikasi dilakukan 2 minggu sebelum penanam bibit. 1 Sendok Herbafarm granul dapat dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos secukupnya.

Aplikasi Herbafarm Cair Setelah Penanaman Bibit

Setelah menanam bibit durian pada lahan atau lubang yang sudah disiapkan. Aplikasikan pupuk herbafarm cair dengan cara meyemprotkan atau menyiramkan larutan herbafarm cair. Dosis yang digunakan adalah 6 tutup botol dicampur dengan 14 liter air. Aplikasi dilakukan secara berkala yaitu setiap 2 minggu sekali selama 3 bulan. Aplikasi setelah 3 bulan pertama dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Aplikasi Herbafarm Cair dan Granul Pada Durian Yang Sudah Produksi

Jika anda memiliki pohon durian yang sudah pernah berbuah tetapi buahnya kurang atau tanamannya kurang subur. Anda dapat mengaplikasikan pupuk herbafarm granul dan pupuk Herbafarm Cair.

  • Aplikasi Herbafarm Granul Pada Durian

Cara aplikasi herbafarm granul pada tanaman durian adalah dengan membenamkan ke dalam tanah. Jadi dibuatkan lubang dengan jarak 1 meter dari pohon. Lubang tidak perlu terlalu dalam yang penting bisa memuat 1 sendok makan herbafarm granul. Untuk 1 pohon bisa dibuatkan 6-8 lubang. Masing-masing diisi dengan 1 sendok makan herbafarm granul, kemudian ditutup dengan tanah. Aplikasi herbafarm granul diaplikasikan 2 kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan akhir musim hujan.

  • Aplikasi Herbafarm Cair Pada Durian

Selain herbafarm granul bisa juga aplikasikan herbafarm cair secara berkala. Cara aplikasinya bisa dengan cara menyiramkan dengan mencampur air atau tanpa dicampur air. Aplikasi dengan campur air menggunakan dosis 4 tutup botol ditambah 5 liter air untuk 1 pohon. Aplikasi tanpa air dengan dosis 4 tutup botol dituangkan langsung ke area pengakaran dengan jarak 1 meter dari pohon. Aplikasi dengan menggunakan air dilakukan pada musim kemarau sedangkan tanpa air pada musim hujan. Aplikasi bisa dilakukan secara berkala, setiap 1 bulan sekali, setiap 2 bulan sekali, atau setiap 3 bulan sekali.

Aplikasi Herbafarm Pada Tanaman Durian Yang sudah Tua (Batang pohon terlalu besar)

Untuk pohon durian yang sudah terlalu besar atau tanaman sudah terlalu tua, perkiraan 10 tahun ke atas. Aplikasi bisa dilakukan dengan cara injeksi (Suntik). Caranya adalah dengan mengebor batang pohon durian pada tiga 3 titik secara melingkar bertingkat ke atas. Pengeboran miring ke bawah agar herbafarm yang akan dimasukkan bisa bertahan atau tidak terbuang keluar. 1 lubang bor di isi dengan 3 spuit (3Ml).

Baca Juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Mangga.

Demikian cara aplikasi pupuk herbafarm pada pohon durian dari berbagai usia untuk meningkatkan proudksi buah, menyuburkan tanaman, dan menguatkan dari serangan hama dan cuaca ekstrim. Semoga informasi ini membantu, salam sukses Petani Organik Indonesia.