Kategori Pupuk Tanaman

Cara Budidaya Kedelai Menggunakan Herbafarm

Cara Budidaya Kedelai. Tanaman kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan. Kedelai menjadi bahan baku pembuatan tempe, tahu, Susu Kedelai, Tepung Kedelai dan kecap. Permintaan akan kedelai sangat tinggi maka tidak heran ketika tanaman ini menjadi salah satu pavorit petani di Indonesia.

Jenis Kacang Kedelai

Kacang kedelai terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kedelai kuning, kedelai hitam, dan Edamame.

  • Kedelai Kuning. Kedelai kuning sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan tempe. Ciri-cirinya adalah kulitnya berwarna kuning, hijau atau putih. Apabila dipotong secara melintang maka terlihat warna kuning pada irisan bijinya.
  • Kedelai Hitam. Kedelai ini mungkin sangat familiar di telinga karena adanya iklan Kecap yang menamakan kedelainya dengan sebutan ‘Malika’. Kedelai hitam memiliki kandungan antisianin yang berperan dalam pencegahan proses oksidasi secara dini yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif.
  • Edamame. Jenis ini merupakan jenis kacang kedelai yang saat ini menarik perhatian banyak petani. Kedelai Enamame terbukti memiliki kandungan Isoflavon paling tinggi dibandingkan jenis kedelai lainnya. Selain itu Edamame juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari jenis kedelai lain.

Manfaat Kedelai

Secara umum manfaat kacang kedelai adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai antioksidan
  2. Mengurangi risiko penyakit jantung
  3. Sebagai antikanker
  4. Mencegah rasa sakit menstruasi
  5. Mencegah penyakit osteoporosis
  6. Mengatasi gejala menopause
  7. Mengendalikan penyakit diabetes dan ginjal
  8. Menjaga keseimbangan berat badan

Cara Budidaya Tanaman Kedelai Menggunakan Pupuk Herbafarm

Secara umum cara budidaya tanaman kedelai sama saja. Namun jika menggunakan pupuk berbeda tentunya perlakuannya pun akan berbeda. Berikut ini akan kami jelaskan tentang cara membudidayakannya mulai dari masa perendaman benih sampai panen.

Pengolahan Lahan

Dalam budidaya tanaman apapun, bagian pertama yang selalu harus dipersiapkan dengan baik adalah lahan. Lahan yang akan ditanami dipersiapkan agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, membunuh atau mengurangi gulma dan hama pada lahan.

Lahan diolah kemudian diberikan pupuk kompos dosis 2,5 ton per hektar (Jika ada). Pada saat pengolahan lahan Herbafarm diaplikasikan dengan dosis 10 tutup botol Herbafarm (100Ml) ditambah 14 liter air diaplikasikan untuk lahan seluas 500 m . Buatlah bedengan dan dilubangi untuk biji kacang kedelai. Tunggu 3 hari kemudian, baru biji kacang kedelai bisa ditanam dilubang tanam tersebut.

Masa Perendaman Benih

Tahap selanjutnya dari cara menanam kedelai adalah perendaman benih. Pastikan sudah menyiapkan benih dengan kualitas terbaik. Bisa dengan membeli pada toko pertanian ataupun dari petani lain yang sudah membudidayakan kedelai sebelumnya.

Biji kacang kedelai direndam dengan 2 tutup botol Herbafarm (20 Ml) ditambah 5 liter air selama 1 jam.

MasaTanam

Tahapan selanjutnya adalah masa tanam. Masa tanam akan dilanjutkan dengan masa perawatan tanaman. Tahapan ini sangat penting untuk memastikan tanaman tetap tumbuh subur dengan nutrisi yang cukup dan terhindar dari serangan hama.

Biji kacang kedelai yang telah direndam selama 1 jam menggunakan Herbafarm, langsung dimasukkan ke lubang bedengan dan ditutup dengan tanah. Penggunakan Herbafarm dengan cara disemprot menggunakan pupuk Herbafarm ukuran 3 – 5 tutup botol Herbafarm + 14 liter air pada usia tanam:

  1. Seminggu setelah tanam (30ml)
  2. 2 minggu setelah tanam (30ml)
  3. 3 minggu setelah tanam (40ml)
  4. 4 minggu setelah tanam (40ml)
  5. 6 minggu setelah tanam (50ml)

Pemupukan secara berkala dilakukan agar kebutuhan nutrisi tanaman kedelai terpenuhi dengan baik. Selain itu Herbafarm Cair memiliki kandungan Biopretectant, anti hama yang akan menguatkan tanaman dari serangan hama.

Perhitungan kebutuhan pupuk Organik Cair Herbafarm untuk lahan seluas 1Ha. Silahkan lihat pada tabel berikut

JADWALLUAS LAHANKEBUTUHAN
Masa Perendaman1 Ha20 Ml
Masa Pengelohan Tanah1 Ha2 x 100 Ml = 200Ml
Minggu 11 Ha2 x 30 Ml = 60Ml
Minggu 21 Ha2 x 30 Ml = 60Ml
Minggu 31 Ha2 x 40 Ml = 80Ml
Minggu 41 Ha2 x 40 Ml = 80Ml
Minggu 51 Ha2 x 50 Ml = 100Ml
Total Kebutuhan=600 Ml
Estimasi Penggunaan Pupuk Herbafarm

Catatan

1 Botol pupuk Herbafarm berisi (Volume) 1 liter atau 1000Ml. Jadi untuk menanam kedelai pada lahan 1 hektar dengan 7 kali aplikasi pupuk Organik Cair herbafarm hanya membutuhkan 1 botol saja.

Dengan budidaya tanaman menggunakan pupuk Herbafarm, anda bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya operasional. Selain itu anda bisa mendapatkan hasil panen yang lebih baik dari segi kualitas dan kuantitas.

Untuk tahu kandungan lengkap pupuk Organik Cair Herbafarm Silahkan baca Produk Herbafarm Cair Kemasan 1 Liter.

Setelah aplikasi kelima (Minggu keenam) maka tinggal tunggu masa panennya. Semoga informasi ini bermanfaat!