Kategori Pupuk Tanaman

Cara Budidaya Kentang Menggunakan Herbafarm

Kentang merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki umbi batang. Umbi kentang merupakan salah satu jenis makanan pokok di Eropa meski pada awalnya tanaman ini didatangkan dari Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri kentang diolah menjadi makanan pendamping atau cemilan, seringkali digunakan sebagai pelengkap bumbu dalam pengolahan kari ayam dan makanan lainnya. Lalu seperti apa cara budidaya tanaman kentang?

Jika anda tertarik untuk budidaya tanaman kentang, terlebih anda mungkin perlu tahu bagaimana syarat tumbuh dan manfaat kentang.

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang

Sebagai tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, kentang membutuhkan suhu yang relatif dingin. Sehingga pada iklim tropis kentang hanya bisa tumbuh dengan baik di daerah pegunungan. Syarat tumbuh tanaman kentang adalah pada ketinggian 1000 -2000 Mdpl dengan jenis tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi dengan struktur remah akan lebih baik.

Manfaat Kentang

Salah satu alasan kenapa kentang menjadi pilihan untuk agrobisnis adalah karena tingkat permintaannya yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kentang. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

  1. Mencegah Radikal Bebas Dalam Tubuh
  2. Mengendalikan Gula Darah
  3. Memperbaiki Sistem Pencernaan
  4. Bebas Gluten
  5. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal
  6. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf
  7. Menjaga Fungsi Otak
  8. Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Budidaya Tanaman Kentang Menggunakan Pupuk Organik Herbafarm

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman kentang. Silahkan ikuti petunjuk teknik budidaya tanaman kentang menggunakan pupuk organik herbafarm berikut ini.

Pemilihan Bibit Kentang

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memilih bibit kentang yang baik. Anda bisa membelinya pada toko pertanian di daerah anda atau memesan secara online melalui marketplace. Selain itu anda juga bisa membeli langsung dari petani kentang yang sudah lebih dahulu tanam kentang.

Pengolahan Lahan

Selanjutnya jika anda sudah memiliki bibit kentang dengan kualitas yang baik maka langkah selanjutnya adalah pengolahan lahan. Pastikan lahan anda sudah sesuai dengan syarat tumbuh tanaman kentang. Teknik pengolahan lahan dengan menggunakan pupuk organik herbafarm adalah sebagai berikut.

  • Lahan diolah dan diplikasikan pupuk Herbafarm Granul dengan dosis 30 kg per hektar ditambah pupuk kompos 100 kg (penggunaan kompos disesuaikan kebiasaan petani). Proses pengolahan tanah dilanjutkan dengan pembuatan lubang tanam dan bedengan.
  • 3 hari kemudian aplikasikan Herbafarm Cair dengan dosis 10 tutup botol Herbafarm ditambah 14 liter air untuk lahan 500 m2.

Masa Tanam

Setelah pengolahan lahan selesai, 3 hari kemudian lahan siap ditanami. Silahkan masukkan bibit kentang ke dalam lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya lalu tutup kembali dengan tanah.

Masa Perawatan

Masa perawatan tanaman kentang dengan menggunakan pupuk herbafarm adalah sebagai berikut.

  1. 7 hari setalah tanam, aplikasi Herbafarm dosis 2 tutup botol Herbafarm ditambah 14 liter air untuk lahan seluas 500 m2.
  2. 14 hari setelah tanam, aplikasi Herbafarm dosis 2 tutup botol Herbafarm ditambah 14 liter air untuk lahan seluas 500 m2.
  3. 21 hari setelah tanam, aplikasi Herbafarm dosis 3 tutup botol Herbafarm ditambah 14 liter air untuk lahan seluas 500 m2.
  4. 28 hari setelah tanam, aplikasi Herbafarm dosis 3 tutup botol Herbafarm ditambah 14 liter air untuk lahan seluas 500 m2.
  5. 42 hari setelah tanam, aplikasikan Herbafarm dengan dosis 5 tutup botol Herbafarm ditambah 14 liter air untuk 500 m2.
  6. 56 hari setelah tanam, aplikasikan Herbafarm dengan dosis 5 tutup botol Herbafarm ditambah 14 liter air untuk 500 m2.

Pemupukan dilakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil panen maksimal secara kualitas dan kuantitas.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Terong Menggunakan Pupuk Herbafarm

Demikianlah informasi tentang cara budidaya tanaman kentang menggunakan pupuk herbafarm, semoga bermanfaat.