Kategori Pupuk Tanaman

Cara Budidaya Mentimun Menggunakan Herbafarm

Mentimun yang juga dikenal dengan sebutan timun atau ketimun merupakan jenis tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Baik dimakan secara langsung, menjadi pelengkap sayur atau lalapan. Mentimun memiliki market tersendiri sehingga menarik untuk dijadikan budidaya oleh petani. Lalu seperti apa cara budidaya mentimun menggunakan Herbafarm?

Sebelum lanjut pada pembahasan tentang budidaya mentimun, terlebih dahulu dikenali beberapa hal tentang mentimun berikut ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Mentimun

Hal pertama yang harus dipahami adalah syarat tumbuh tanaman mentimun. Hal ini sangat perlu untuk memastikan atau memperkirakan apakah tanaman tersebut dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang baik di daerah anda. Adapun syarat tumbuhnya adalah sebagai berikut:

  1. Mentimun tumbuh dengan baik pada ketinggian 10 – 1.500 Mdpl.
  2. Suhu udara 18 – 32 derajat Celcius.
  3. Curah hujan 600 – 2.000 mm/ tahun.
  4. Tekstur tanah liat berpasir dan kaya akan bahan organik.
  5. pH tanah antara 5,5 – 6,5.

Jenis Mentimun

Mentimun memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan dari ukuran, warna kulit dan juga rasanya. Setiap mentimun biasanya digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda pula. Adapun jenis mentimun adalah sebagai berikut:

  1. Mentimun roman
  2. Mentimun Ebony
  3. Mentimun Jubilee
  4. Mentimun Monroe
  5. Mentimun Mawi
  6. Mentimun Expo

Manfaat Mentimun

Mentimun bukan hanya sekedar pelengkap makanan. Tetapi juga memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Adapun manfat mentimun adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi
  2. Meningkatkan kesehatan tulang
  3. Mendukung kesehatan jantung
  4. Melindungi otak dari penyakit neurologis
  5. Mendukung hidrasi tubuh
  6. Membantu menurunkan gula darah
  7. Melawan peradangan dalam tubuh
  8. Mengurangi risiko penyakit kanker
  9. Mengurangi iritasi serta pembengkakan kulit
  10. Membantu mempertahankan berat badan ideal
  11. Mengurangi bau mulut

Cara Budidaya Mentimun Menggunakan Pupuk Organik Herbafarm

Melihat manfaat dari mentimun di atas mungkin anda tertarik untuk budidaya mentimun. Baik itu untuk tujuan agrobisnis maupun untuk konsumsi sendiri. JIka anda tertarik silahkan ikuti panduan cara budidaya mentimun menggunakan pupuk organik herbafarm berikut ini.

Persiapan Benih Mentimun

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah persiapan bibit. Persiapan bibit dimulai dari pemilihan bibit berkualitas. Anda bisa membeli di toko tani atau dari petani mentimun di sekitar tempat tinggal anda. Selanjutnya adalah memberikan treatment terhadap bibit dengan menggunakan pupuk organik cair herbafarm.

  1. Larutkan 2 tutup botol (20 ML) Pupuk Bio Organik Herbafarm ke dalam 2 liter air, rendam benih selama 1 jam.
  2. Siapkan polybag kecil (Ukuran 5×7) diisi dengan media tanah subur dan kompos dengan perbandingan 1: 1. Siram media dengan air sampai jenuh, kemudian benih ditanam sedalam 0,5 CM.
  3. Semprot bibit dan media tanam dengan larutan pupuk bio organik herbafarm sebanyak 2 ML per liter air pada saat berusia 7 hari. Setelah 2 minggu atau bibit sudah memiliki 2 helai daun bibit siap dipindah ke lahan.

Proses Pengolahan Tanah

Tahap kedua adalah persiapan lahan. Persiapan lahan dilakukan dengan memperkirakan kesiapan bibit untuk ditanam pada lahan dengan waktu pengerjaan pengolahan lahan. Adapun langkah pengolahan lahan dengan menggunakan metode pemakaian pupuk herbafarm adalah sebagai berikut:

  1. Lahan dicangkul halus dan dibuat bedengan dengan lebar 1 meter, tinggi 30cm dan panjang mengikuti lahan. Jarak antar bedengan 50cm. Taburkan pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 3 ton dan dolomit dari dosis anjuran di atas bedengan, (kurang lebih 0,5 ton) atau disesuaikan dengan kondisi Ph tanah. Kemudian semprot dengan larutan Herbafarm dengan dosisi 5 tutup botol (50 Ml) per tangki ukuran 14 liter air.
  2. Tutup lahan dengan mulsa plastik, kemudian lahan diairi dan dibiarkan selama 2 hari, baru siap untuk ditanami.

Proses Perawatan Tanaman

Tapah terakhir dan sangat penting dalam aplikasi pupuk Herbafarm pada tanaman mentimun adalah tahapan perawatan tanaman. Proses perawatan tanaman sebaiknya dilakukan secara konsisten dan disiplin agar menghasilkan panen yang maksimal. Adapun teknik perawatan tanaman mentimun menggunakan dengan mengaplikasikan pupuk organik herbafarm adalah sebagai berikut:

  1. Larutkan 1-3 tutup botol (10-30 Ml) herbafarm cair dengan 14 liter air/ tangki.
  2. Semprot secara merata pada bagian bawah daun dan tanah sekitar tanaman.
  3. Aplikasi pada usia 10 setelah tanam, dan selanjutnya diaplikasikan setiap 10 hari sekali.
  4. Jika ingin menambahkan aplikasi pupuk kimia (An Organik), gunakan 50% dari dosis yang dianjurkan.

Baca Juga: Cara Budidaya Terong Menggunakan Pupuk Herbafarm

Demikian informasi tentang cara budidaya tanaman mentimun menggunakan pupuk organik Herbafarm, semoga bermanfaat.