Kategori Pupuk Tanaman

Cara Budidaya Sawi Menggunakan Pupuk Herbafarm

Sawi merupakan tanaman Holtikultura yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Sawi menjadi salah satu jenis sayuran yang banyak digemari masyarakat. Oleh karena budidaya tanaman sawi menjadi salah satu pilihan petani. Sebelum lanjut tentang cara budidaya sawi menggunakan pupuk Organik Herbafarm. Terlebih dahulu kita kenali tanaman sawi itu sendiri.

Apa Tanaman Sawi?

Menurut Wikipedia “Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan, baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain. Di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau.”

Jenis Sawi

Selain sawi hijau yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, masih banyak jenis sawi lainnya.

  1. Sawi Hijau (Pakchoy)
  2. Sawi Putih
  3. Caisim
  4. Sawi Keriting
  5. Sawi Huma

Manfaat Sawi Untuk Kesehatan

Sawi memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutukan oleh tubuh. Selain itu sawi juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Adapun manfaat sawi secara lengkap adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menjaga kesehatan jantung
  2. Menstabilkan tekanan darah
  3. Menguatkan tulang
  4. mencegah peradangan
  5. Mencegah penyakit kanker
  6. Menjaga kesegaran kulit
  7. Menstabilkan kadar kolesterol
  8. Menjaga kesehatan mata
  9. Mencegah anemia
  10. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  11. Menjaga kesehatan pencernaan
  12. Menjaga stamina tubuh

Cara Budidaya Tanaman Sawi

Untuk anda yang membudidayakan tanaman sawi baik untuk kebutuhan konsumsi keluarga maupun untuk agrobisnis. Anda bisa menerapkan teknik budidaya dengan menggunakan pupuk organik Herbafarm. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pengecambahan Biji

Biji atau bibit sawi direndam selama ± 3 jam menggunakan larutan Herbafarm dengan dosis 2 tutup botol (20 ml) Herbafarm ditambah dengan 5 liter air. Selanjutnya Biji dikeringkan selama 3 jam dalam ruangan yang teduh.

Biji dimasukkan dalam kantong plastik (± 38 x 39 cm) kemudian ditutup rapat. Setelah biji mulai berkecambah, dipindahkan ke lahan persemaian. Setelah ± 3 hari kecambah dipindahkan ke polybag. Siapkan larutan Herbafarm dengan dosis 1 tutup botol (10 ml) Herbafarm ditambah 5 liter air, disemprotkan untuk 20 polybag.

Catatan

Pastikan anda membeli bibit Sawi dengan kualitas baik dari toko pertanian atau anda bisa meminta rekomendasi bibit dari petani sawi yang sudah berpengalaman.

Persiapan Lahan Tanam

Lahan diolah sebaik mungkin, digaru, diratakan. Kecambah dipindahkan ke lahan tanam. Semprotkan larutan Herbafarm dengan dosis 10 tutup botol (100 ml) Herbafarm ditambah 14 liter air untuk lahan seluas 500 m .

Pemeliharaan Tanaman

Semprotkan larutan Herbafarm dengan dosis 3 tutup botol (30 ml) Herbafarm ditambah 14 liter air untuk lahan seluas 500 m.

  1. Semprotkan larutan Herbafarm pada bagian bawah tanaman dengan dosis 4 tutup botol (40 ml) Herbafarm ditambah 14 liter air untuk lahan seluas 500 m.
  2. Penyemprotan dilakukan setiap 1 minggu sekali pada bulan pertama, dan 2 minggu sekali pada bulan kedua.

Catatan

Untuk budidaya sawi dipekarangan rumah atau lahan sempit silahkan sesuaikan dosisnya dengan jumlah tanaman atau luas lahan.

Baca Juga: Cara Budidaya Kedelai Menggunakan Pupuk Herbafarm

Semoga informasi ini bermanfaat, jika ada pertanyaan seputar pupuk Herbafarm silahakn hubungi kami melalui Halaman Kontak.