Cara Membasmi Semut Pada Tanaman Secara Alami

Semut sering ditemukan pada berbagai jenis tanaman. Pada beberapa tanaman semut tidak menyerang tanaman secara langsung tetapi menjadi vektor bagi hama lain. Semut menjadi pembawa hama yang menyebarkannya ke seluruh bagian tanaman. Cara membasmi semut pada tanaman bisa dilakukan secara alami agar ekosistem budidaya tetap terjaga.

Langkah Membasmi Semut Pada Tanaman Menggunakan Kulit Jeruk

Keberadaan semut pada tanaman bisa menjadi pertanda adanya hama lain yang menyerang tanaman. Biasanya jenis hama yang menyerang tanaman jika banyak semut adalah kutu putih. Kutu mengeluarkan cairan manis yang sangat disukai semut. Koloni semut sering dijumpai pada tanaman cabe, mangga, cengkeh, kopi dan jambu.

Meski tidak menyerang tanaman secara langsung, namun semut membuat sarang pada tanaman yang pada akhirnya juga sangat mengganggu tanaman. Jika kondisi ini dibiarkan maka akan berdampak parah karena serangan hama lain akan semakin massif.

Langkah untuk mengatasi masalah semut pada tanaman adalah sebagai berikut.

Menggunakan Air Kulit Jeruk

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengendalikan semut pada tanaman adalah menggunakan air kulit jeruk. Semut sangat tidak menyukai sari yang terdapat pada kulit jeruk. Semua jenis jerik bisa anda gunakan seperti jeruk nipis, jeruk purut, atau lemon.

Untuk membuat pengusir semu dengan menggunakan air kulit jeruk caranya sangat sederhana. Pertama rebus kulit jeruk sekitar 15 menit. Air rebusan tersebut digunakan untuk menyemprotkan kebagian tanaman.

Bisa juga dengan menghaluskan kulit jeruk tersebut. Bisa menggunakan blender atau alat lain, setelah halus. Bubuk kulit jeruk tersebut ditaburkan ke sekitar tanaman.

Menggunakan Tanaman Yang Dibenci Semut

Ada beberapa jenis tanaman hias yang dibenci semut seperti Lavender, Mint, dan rosemary. Tanaman ini mengeluarkan aroma minyak aromatik yang tidak disukai oleh semut. Ingat bahwa untuk menentukan rute semut mengandalkan indra penciumannya. Keberadaan tanaman yang memiliki minyak aromatik akan mengacaukan komunikasi mereka sehingga menghindarinya.

Menggunakan Rempah-rempah

Beberapa jenis rempah yang bisa didapatkan dengan mudah di dapur juga ternyata bisa dijadikan bahan untuk mengusir semut. Rempah-rempat tersebut adalah kayu manis, bubuk cabe, dan bawang putih.

Anda bisa menebarkan bubuk dari rempah-rempat tersebut di sekitar tanaman. Untuk jumlah yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau luas lahan.

Menjaga Kebersihan Dan Kelembaban Tanaman

Area sekitar tanaman sebaiknya dibersihkan secara berkala. Paling penting adalah kelembaban tanaman. Jika kondisi tanaman terlalu lembab maka serangan hama bisa terjadi. Ketika hama yang mengeluarkan cairan manis menyerang tanaman maka semut pun akan berdatangan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hama Tikus Menggunakan Pepaya Tua.

Demikianlah pembahasan tentang cara membasmi semut pada tanaman secara alami. Silahkan dipraktekkan, semoga berhasil.