Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun Kering

Salah satu cara membuat pupuk kompos adalah menggunakan daun kering sebagai bahan dasarnya. Daun kering merupakan salah satu jenis bahan organik yang banyak dan mudah di temukan di sekitar rumah. Mengubah daun kering menjadi pupuk kompos adalah cara yang sangat efektif untuk menghasilkan pupuk organik berkualitas dengan biaya yang murah.

Langkah Membuat Pupuk Kompos Dari Daun Kering

Pupuk kompos yang dibuat dari daun kering tentunya lebih hemat biaya dan bahannya sangat mudah didapatkan. Maka yang perlu diperhatikan adalah langkah-langkah pembuatannya. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah bahan dan alat yang akan digunakan.

Bahan dan alat pembuatan kompos

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat pupuk kompos dari daun kering adalah sebagai berikut:

  • Daun kering sebagai bahan dasar

Daun kering bisa berasal dari pohon atau tumbuhan di sekitar rumah. Daun ini biasanya menjadi sampah dan sering dibakar. Padahal daun-daunan yang sudah kering bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos.

  • Tanah

Bahan kedua yang dibutuhkan adalah tanah. Tanah ini bisa diambil di sekitar rumah. Tentu saja untuk mendapatkan bahan ini sangatlah mudah.

  • Air

Pembuatan pupuk kompos juga membutuhkan air. Air digunakan untuk menyiram semua bahan yang sudah dimasukkan dalam satu wadah untuk mempercepat proses penguraian dari bakteri.

  • Dekomposer

Dekomposer atau pengurai merupakan mikroba yang berperan untuk menguraikan bahan-bahan organik menjadi pupuk kompos. Dekomposer bisa didapatkan dengan mudah dari toko-toko pertanian atau melalui agen penyalur.

  • Media Pengomposan

Media yang digunakan untuk membuat pupuk kompos bisa berupa ember, baskom, kotak kayu, atau langsung melalui tanah yang digali.

Cara Membuat Pupuk Kompos

Jika semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah tersedia maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatannya. Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masukkan Tanah Ke Dalam Media Pengomposan

Langkah pertama adalah dengan memasukkan tanah ke dalam media pengomposan. Banyaknya tanah yang digunakan disesuaikan dengan besarnya media dan banyaknya bahan organik yang akan dijadikan kompos. Pastikan bagian dasar media tertutup sempurna dengan tanah.

  • Masukkan Daun Kering

Setelah menutup bagian dasar media pembuatan kompos dengan tanah selanjutnya adalah memasukkan daun kering. Isi media dengan daun kering sampai penuh. Pastikan daun yang digunakan sudah benar-benar kering dan berukuran kecil.

  • Masukkan Dekomposer

Selanjutnya adalah memasukkan dekomposer. Takaran dekomposer yang digunakan disesuaikan dengan jumlah bahan organik yang digunakan. Sebaiknya perhatian anjuran pemakaian dari jenis dekomposer yang anda gunakan.

  • Tutup dengan tanah

Langkah selanjutnya adalah menutupnya dengan tanah. Letakkan tanah dibagian atas sampai tidak terlihat daun kering lagi. Pastikan menutupinya secara merata.

  • Siram Dengan Air

Bagian terakhir dari proses pembuatan pupuk kompos menggunakan daun kering ini adalah menyiramnya dengan air. Sirami air secara merata sampai tanah penutup terlihat basah dan lembab.

Setelah semua langkah di atas dilakukan dengan benar maka tutup rapat media tersebut. Jika menggunakan ember yang memiliki penutup bawaan akan lebih baik. Setelah ditutup rapat simpan pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

  • Waktu Pengomposan

Perubahan dari daun kering menjadi pupuk kompos membutuhkan waktu tertentu. Hal ini sangat bergantung pada dekomposer yang digunakan. Selain itu banyaknya bahan juga akan berpengaruh pada prosesnya.

Kisaran waktu pembuatan pupuk kompos adalah antara 14 – 90 hari. Anda bisa mencoba untuk melihat kompos buatan anda pada hari ke 30. Jika sudah berubah menjadi pupuk kompos maka silahkan aplikasikan pada tanaman anda.

Sudah tahu ciri-ciri kompos yang sudah matang dan siap digunakan? Jika belum silahkan baca penjelasan tentang Ciri-ciri Pupuk Kompos Yang Baik.

Apabila kompos yang anda buat belum benar-benar matang, sebaiknya untuk melanjutkan prosesnya terlebih dahulu. Perhatikan media pembuatan kompos anda dengan baik jangan sampai ada celah udara yang menyebabkan prosesnya menjadi lebih lama.

Pupuk organik jenis pupuk kompos ini memang merupakan salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan petani. Baik itu untuk pertanian dalam skala bisnis di lahan luas maupun untuk budidaya tanaman di pekarangan rumah.

Baca Juga: Pupuk Hayati Solusi Pertanian Modern.

Demikian pembahasan tentang cara membaut pupuk kompos dari daun kering. Semoga informasi ini bermanfaat! mari mulai bertani dengan bahan organik agar ekosistem pertanian menjadi lebih sehat.