Cara Menanam Cabe Di Polybag Agar Berbuah Lebat

Sudah pernah menanam cabe di Polybag tetapi pertumbuhannya kurang subur, Atau bisa jadi buahnya kurang. Artinya ada yang salah dalam prosesnya. Meskipun cabe memiliki tingkat adaptasi tinggi sehingga dapat tumbuh dimana saja. Menanam cabe di Polybag memiliki cara tersendiri agar bisa berbuah lebat.

Tahapan Cara Menanam Cabe Di Polybag

Menaman cabe di Polybag tentunya memiliki perbedaan mendasar dengan budidaya cabe di lahan luas dengan tujuan agrisbisnis. Meski sama-sama membutuhkan perawatan intensif menanam cabe di Polybag membutuhkan perlakuan khusus. Berikut ini tahapan lengkapnya.

Persiapan Media Semai

Tahap pertama yang harus dilakukan jika ingin menanam cabe menggunakan polybag adalah mempersiapkan media penyemaian. Meskipun ditanam pada polybag sebaiknya bibit cabe disemaikan terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar memilih jenis bibit yang mempunyai tingkat pertumbuhan paling baik.

Untuk memperseiapkan media penyemaian, bahan yang dibutuhkan adalah wadah dengan ketinggian sekitar 20-30cm. Bisa menggunakan baskom bekas atau alat lainnya. Media tanam atau tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang/ kompos. Akan lebih baik jika ditambahkan pupuk herbafarm granul.

Isi wadah dengan media tanam sampai penuh. Selanjutnya siram menggunakan sprayer hingga tanah terlehat lembab. Selanjutnya diamkan selama 1 minggu dan bibit siap ditebarkan.

Persiapan Bibit

Setelah mempersiapkan medai penyemain maka langkah selanjutnya adalah persiapan bibit. Bibit bisa dibeli di toko tani terdekat. Selain itu anda juga bisa menyiapkan bibit sendiri yang diambil dari dapur.

Pilih cabe yang terlihat matang sempurna dan tidak tampak bekas luka atau serangan hama. Belah buah cabe dan keluarkan bijinya. Bersihkan biji cabe tersebut dengan air. Lalu keringkan tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

Jika anda punya pupuk organik cair, misalnya Herbafarm. Anda bisa merendam biji cabe tersebut dengan pupuk organik. Untuk dosisnya anda bisa sesuaikan dengan jumlah bibit. Perkiraan untuk 2-3 buah cabe cukup menggunakan 5-10 ML pupuk organik dengan dicampurkan air secukupnya.

Rendam biji cabe selama 30 Menit. Selanjutnya keringkan cabe pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Untuk mengeringkannya anda bisa menyimpannya pada kain bersih di dalam rumah. Setelah kering, biji cabe siap disemai.

Proses Penyemaian

Pada tahapan penyemaian ini bibit cabe juga membutuhkan perawatan sederhana. Anda perlu melakukan penyiraman secara teratur disesuaikan dengan kondisi media penyemaian. Anda bisa menyiram setiap pagi atau sore hari sampai tanah terlihat basah. Gunakan sprayer untuk melakukan penyiraman.

Jika anda memiliki pupuk organik cair silahkan lakukan pemupukan setiap minggu. Khusus pupuk herbafarm anda bisa menggunakan dosis 5ML untuk sprayer dari bekas pengharum pakaian.

Setelah berusia 3-4 minggu atau telah memiliki 3-4 helai daun bibit cabe siap dipindahkan ke Polybag.

Persiapan Polybag

Pada minggu kedua proses penyemaian anda bisa mempersiapkan polybag dan media tanam. Isi polybag dengan tanah atau media tanam yang dibeli dari toko tani. Pastikan mengisinya sampai penuh. Selanjutnya siram sampai terlihat basah. Anda tinggal menunggu bibit yang disemaikan siap untuk dipindahkan.

Cara Penanaman

Jika bibit dan polybag sudah siap, maka selanjutnya proses penanaman. Buat lubang tanam pada polybag kira-kira sedalam 5-7cm. Selanjutnya cabut bibit pada media penyemaian. Jika memungkinkan angkat dengan tanahnya agar akarnya tidak terputus.

Jika pada saat pencabutan bibit ada akar yang terputus, ganti dengan bibit lain. Selanjutnya, masukkan bibit secara perlahan dan timbun dengan tanah. Setelah selesai siram dengan air sampai basah. Penyiraman menggunakan sprayer.

Perawatan

Proses perawatan tanaman cabe yang ditanam pada polybag cukup mudah, tidak serumit pada lahan luas. Anda hanya perlu memperhatikan apakah ada rumput yang tumbuh pada polybag tersebut dan segera mencabutnya. Melakukan penyiraman setiap hari.

Pemangkasan pertama bisa anda lakukan pada saat cabe mulai berbunga. Untuk ini anda harus bisa ikhlas membuang bunganya. Tujuan pemangkasan ini adalah agar tanaman cabe tidak tumbuh terlalu tinggi. Tanaman cabe di Polybag tidak perlu tinggi karena batangnya tidak akan kuat.

Cabe yang sudah dipangkas akan tumbuh dengan baik dan bunga berikutnya akan lebih banyak. Itulah salah satu kunci kenapa cabe bisa berbuah lebat.

Pemupukan perlu dilakukan secara teratur agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman cabe terpenuhi dengan baik. Sebaiknya gunakan pupuk organik cair.

Catatan Tambahan:

  1. Penggunaan pupuk organik pada media penyemaian dan media tanam bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit tular tanah.
  2. Perendaman bibit dengan pupuk organik mencegah terjadinya penyakit tular bibit.

Baca Juga: Cara Menanam Tomat Di Polybag

Demikianlah petunjuk cara menanam cabe di Polybabg agar berbuah lebat. Silahkan dipraktekkan dan pastikan menyesuaikan dengan jumlah bibit cabe, ketersediaan pupuk dan media tanamnya.