Cara Menanam Vanili 100% Organik

Pilihan budidaya tanaman vanili ada tiga yaitu full organik, semi organik atau full kimia. Pertanian full organik adalah budidaya tanaman vanili 100% menggunakan bahan-bahan organik. Semi organik adalah mengkombinasikan antara bahan organik dan bahan kimia sintesis. Full kimia adalah menggunakan 100% bahan kimia sintesis. Jika anda cara menanam vanili dengan sistem 100% organik silahkan ikuti pembahasannya di bawah ini.

Cara Menanam Vanili Organik

Menanam vanili secara organik pada dasarnya sama saja dengan budidaya vanili pada umumnya. Hanya saja perbedaan terletak pada penggunaan pupuk atau pestisida. Dalam budidaya secara organik bahan yang digunakan untuk pemupukan adalah bahan-bahan organik.

Bahan organik bisa didapatkan secara langsung di alam, diproses melalui fermentasi secara mandiri di rumah atau menggunakan produk buatan pabrik.

Baiklah langsung saja apa saja yang harus dilakukan untuk budidaya tanaman vanili secara organik.

Persiapan Bibit

Bibit vanili yang akan ditanam terlebih dahulu ditreatment menggunakan pupuk organik cair. Dalam hal ini menggunakan pupuk organik cair Herbafarm. Bibit vanili direndam selama 30 menit menggunakan larutan pupuk cair herbafarm.

Dosis yang digunakan adalah 10 tutup botol (10ml) untuk 5 liter air. Jadi, nanti bisa disesuaikan berapa banyak yang dibutuhkan untuk melakukan perendaman bibit.

Setelah melakukan perendaman bibit kemudian diangkat lalu diletakkan pada tempat teduh untuk dikeringkan. Setelah kering bibit siap ditanam pada lahan tanam.

Persiapan Lubang Tanam

Cara menanam vanili secara organik berikutnya yang perlu diperhatikan adalah lubang tanam. Lubang tanam harus dipersiapkan sebaik mungkin agar sesuai dengan syarat tumbuh tanaman vanili. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan.

  • Jarak Tanam Vanili

Jarak tanam atau jarak antar lubang juga perlu diperhatikan karena hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan vanili ke depannya. Pengaruh jarak tanam juga bisa dirasakan pada tingkat kelembaban yang ada pada lahan pertanian. Kelembaban akan sangat berhubungan dengan serangan hama dan penyakit.

Jarak tanam vanili yang ideal adalah 1.5 x 1.5 meter. Dengan jarak tanam seperti ini anda bisa bebas membuat drainase diantara lubang tanam.

  • Ukuran Lubang Tanam Vanili

Setelah mengatur jarak tanam maka selanjutnya adalah mempersiapkan lubang tanamnya. Lubang tanam yang dibuat berukuran 25cm x 20 x 12 cm. Jadi, dalam lubangnya adalah 25cm sementara panjangnya 20cm dan lebarnya 12 cm.

  • Pemupukan Dasar

Setelah menggali lubang tanam maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemupukan dasar. Pemupukan dasar bisa menggunakan pupuk organik padat apa saja baik itu pupuk kandang, pupuk kompos, maupun pupuk kandang buatan pabrik seperti pupuk granul Herbafarm. Bisa juga mengkombinasikan dua atau semua pupuk tersebut.

Pupuk organik diletakkan pada dasar lubang. Selanjutnya didiamkan selama 1 minggu kemudian baru dilakukan penanaman bibit.

Penanaman Pohon Rambatan

Vanili merupakan jenis tanaman merambat sehingga membutuhkan pohon atau tumbuhan lain untuk merambat. Oleh karena perlu dilakukan penanaman pohon rambatan. Jenis pohon yang digunakan adalah tumbuhan yang mudah tumbuh seperti pohon gamal.

Pohon rambatan ini juga berfungsi sebagai pelindung tanaman vanili yang baru tanam. Sementara daunnya bisa dijadikan sebagai pupuk hijau.

Proses Penanaman Vanili

Penanaman vanili dilakukan dengan memasukkan bagian batang bawah vanili ke dalam lubang. Selanjutnya lubang ditutup dengan menggunakan tanah sampai penuh. Jika proses penanaman dilakukan pada musim kemarau segera siram bibit yang baru ditanam tersebut sampai tanah terlihat basah dan lembab.

Waktu penanam Vanili sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 09.00 atau sore mulai pukul 16.00. Hal ini dilakukan agar bibit yang baru ditanam tidak terpapar sinar matahari yang terlalu terik secara langsung.

Cara Perawatan Tanaman Vanili

Bagian terpenting dari budidaya tanaman vanili secara organik adalah teknik perawatannya. Berhubung cara budidaya ini tidak menggunakan bahan kimia sintesis baik itu pengendalian gulma, hama maupun penyakit. Oleh karena itu perlu perawatan intensif untuk memastikan tanaman tumbuh subur dan sehat.

  • Pemberian Pupuk Lanjutan

Pemupukan lanjutan perlu dilakukan untuk memastikan kebutuhan nutrisi tanaman tercukupi. Pemupukan lanjutan dapat menggunakan pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk alami, pupuk serasah, pupuk organik cair buatan sendiri maupun buatan pabrik. Anda juga dapat menggunakan pupuk hayati karena sangat cocok untuk perbaikan kondisi tanah dan pertumbuhan tanaman.

Jika anda menggunakan pupuk Herbafarm silahkan baca Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Vanili.

  • Perawatan Drainase

Drainase yang sudah dibuat perlu diperhatikan dengan baik jangan sampai malah menjadi tempat bersarang hama dan vektor penyakit. Kondisi lahan pertanian yang bersih tentunya akan sangat baik juga untuk pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu perlu untuk melakukan pengecekan pada drainase terutama pada musim hujan.

  • Pemangkasan

Sebelum musim berbunga sebaiknya segera lakukan pemangkasan pertama. Hal ini dilakukan agar kondisi tanaman tidak terlalu rimbun sehingga tingkat kelembabannya lebih terjaga. Selain pemangkasan pada tanaman vanili pemangkasan pohon pelindung atau rambatannya juga perlu dipangkas secara berkala.

Keuntungan Menanam Vanili Secara Organik

Memilih budidaya tanaman vanili secara organik bukan tanpa alasan. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan yaitu sebagai berikut:

  1. Ekosistem lahan pertanian menjadi lebih terjaga
  2. Pertanian organik adalah pertanian yang ramah lingkungan sehingga aman untuk manusia dan hewan ternak.
  3. Kondisi tanah menjadi lebih subur karena tidak tercemar logam berat dari bahan kimia sintesis.
  4. Tanah menjadi lebih kaya bahan organik yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman vanili.
  5. Hasil produksi buah Vanili lebih berkualitas karena tidak terpapar zat kimia sintesis sehingga baik untuk kesehatan saat dikonsumsi.
  6. Tanaman vanili lebih terjaga dari serangan hama dan penyakit karena keberadaan organisme yang berperan sebagai musuh alami hama.

Baca Juga: Cara Budidaya Merica Secara Organik

Demikian pembahasan tentang cara menanam Vanili secara organik. Semoga informasi pertanian ini bermanfaat!