Cara Menanam Wortel Dari Sisa Dapur

Jika anda ingin memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur. Kali ini Tips Herbafarm akan berbagai panduan cara menanam wortel dari sisa dapur. Wortel dikenal memiliki tingkat adaptasi tinggi sehingga bisa tumbuh dimana saja. Meskipun dalam skala budidaya besar membutuhkan syarat tumbuh agar hasil panen maksimal.

Persiapkan Lahan Penanaman

Untuk menanam wortel di pekarangan rumah ada dua pilihan yaitu menanam di tanah secara langsung atau menggunakan polybag. Tentunya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Baiklah, langsung saja lihat ulasannya.

  • Menanam Di Tanah Secara Langsung

Jika anda memilih untuk menanam ditanah secara langsung maka anda perlu melakukan pengolahan tanah terlebih dahulu. Gemburkan tanah dengan cara membolak-balik tanahnya. Anda bisa menggunakan cangkul atau alat sederhana yang anda miliki di rumah.

Setelah tanah dibolak balik, selanjutnya adalah membuat bedengan. Lebar bedengan adalah 100 cm dan tingginya 20cm. Buat lubang dengan jarak tanam 40cm.

Tambahkan pupuk organik pada bedengan yang sudah dibuat. Bisa menggunakan pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk herbafarm granul atau kombinasikan.

Setelah pemberian pupuk sirami tanah hingga basah dan lembab. Tunggu sampai 1 minggu dan lahan siap ditanami.

  • Menanam Di Polybag

Jika pekarangan anda tidak ada lahan yang bisa ditanami maka pilihannya adalah menggunakan polybag. Anda harus membeli polybag terlebih dahulu di toko pertanian. Alternatif lain yang bisa anda gunakan adalah pot, Plastik Ukuran Sedang, ember atau baskom bekas dengan ukuran sedang.

Isi polybag dengan tanah yang sudah dicampurkan dengan pupuk organik. Jika tidak mau repot anda bisa membeli media tanam di toko pertanian terdekat di tempat anda.

Setelah mengisi dengan media tanamn, siram dengan air sampai basah dan lembab. Tunggu sampai satu minggu baru ditanami dengan bibit.

Persiapkan Bibit Wortel

Cara menanam wortel sisa dapur berikutnya adalah mempersiapkan bibit. Anda bisa menyisakan potongan bagian ujung dari wortel dengan panjang sekitar 1/3 dari panjang wortel. Bersihkan sisa daun dengan menyisakan sekitar 5cm.

Redam bibit wortel dengan menggunakan pupuk organik cair herbafarm. Perendaman dilakukan selama 30 menit. Selanjutnya diamkan wortel pada area yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Setelah bibit wortel kering maka siap untuk segera ditanam.

Perendaman dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan penyakit tular bibit. Jika anda tidak memiliki pupuk organik herbafarm atau pupuk organik lain, silahkan lewatkan tahap perendaman ini.

Pastikan memilih bibit dengan kualitas yang baik. Tidak terdapat tanda busuk pada wortel tersebut.

Cara Menanam Wortel Dari Sisa Dapur Sendiri

Setelah media tanam dan bibit sudah disiapkan. Maka langkah selanjutnya adalah mulai proses penanaman. Untuk menanam wortel sangatlah mudah. Anda bisa langsung memasukkan bibit ke lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Selanjutnya timbun dengan tanah lalu siram sampai tanah terlihat basah dan lembab.

Apabila anda menggunakan polybag atau pot sebagai media tanam. Silahkan masukkan satu bibit untuk satu media tanam. Selanjutnya siram sampai tanah atau media tanamnya terlihat basah dan lembab. Anda tinggal menempatkan media tanam tersebut diarea yang terkena sinar matahari langsung.

Jika anda memiliki pupuk organik cair, lakukan penyemprotan setiap minggu sekali. Untuk pupuk organik herbafarm sendiri dosis yang digunakan cukup 1 tutup botol (10ML) untuk 5 liter air. Disemprotkan atau disiramkan ke are penanaman wortel.

Tanaman wortel akan mulai berbunga pada usia 1 bulan. Selanjutnya 2 minggu kemudian mulai akan mekar. Silahkan tunggu sampai bunga berwarna cokelat dan mulailah panen.

Perawatan Tanaman Wortel Di Pekarangan Rumah

Cara perawatan tanaman wortel yang di tanam di area pekarangan rumah sangat mudah. Tentunya tidak akan menguras tenaga seperti Budidaya Wortel Di Kebun untuk tujuan agribisnis. Anda hanya perlu menyiraminya setiap sore. Penyiraman dilakukan jika kondisi tanah kering. Jika musim penghujan anda perlu memastikan area tanaman anda tidak tergenang air.

Wortel membutuhkan sinar matahari secara langsung untuk proses fotosintesis. Jadi, pastikan tanaman wortel anda tidak terlindung.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Cabe Yang Benar

Bagaimana, sudah siap memanfaatkan wortel sisa dapur anda untuk ditanam? Silahkan manfaatkan apa saja yang ada di rumah anda untuk mulai berkebun sehat di rumah.