Cara Mengatasi Hama Tikus Menggunakan Pepaya

Tikus merupakan salah satu jenis hama yang sangat merugikan petani. Hama ini dapat menyerang berbagai jenis tanaman seperti padi, jagung, kelapa sawit, tebu dan lainnya. Hampir semua bagian tanaman bisa diserang oleh tikus mulai dari batang sampai buah. Berbagai cara telah dilakukan oleh petani untuk mengatasi hama tikus. Namun serangannya terus terjadi dengan siklus berulang. Penyebabnya adalah tikus bersarang disekitar area pertanian dan perkembangbiakannya sangat pesat.

Cara Mengatasi Hama Tikus Dengan Buah Pepaya Tua

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan secara hama tikus adalah dengan menggunakan buah pepaya tua. Pepaya tua dapat menyebabkan kematian tikus. Pemilihan pepaya sebagai pestisida nabati atau lebih tepatnya redontisida.

Pepaya memiliki kandungan papain yang berperan sebagai redontisida. Jika dimakan oleh tikus dapat menjadi enzim albuminose atau kaloid carpine yang dapat mengendalikan tikus dalam jumlah besar.

Cara Pembuatan Pestisida Nabati Dari Pepaya

Agar proses pembuatan pestisida nabati sebagai anti hama tikus ini berhasil, maka langkah pembuatannya harus benar. Silahkan ikuti tahapannya berikut ini.

  1. Gunakan kaos tangan karet agar tidak menyentuh buah pepaya secara langsung.
  2. Pilih buah pepaya tua yang belum matang.
  3. Kupas kulit buah pepaya sampai bersih.
  4. Pisahkan bijinya.
  5. Potong daging buah pepaya berbentuk dadu.
  6. Sebarkan potongan buah pepaya di sekitar area pertanian/ budidaya tanaman seperti kebun dan sawah.

Penggunaan kaos tangan mulai dari pengambilan buah pepaya, pengupasan sampai penebaran sangat penting. Hal ini disebabkan karena tikus sangat sensitif terhadap bau manusia. Tikus tidak akan memakan potongan buah pepaya jika terdapat aroma tangan manusia.

Pengendalian hama tikus menggunakan buah pepaya ini merupakan cara yang aman bagi ekosistem pertanian. Buah pepaya tua tidak akan menjadi racun bagi tanaman dan juga organisme lain yang mendukung pertumbuhan tanaman.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Cabe.

Demikian informasi tentang cara mengatasi hama tikus menggunakan buah pepaya. Silahkan dipraktekkan dengan benar. Semoga berhasil mengendalikan serangan hama tikus pada tanaman budidaya anda.