Cara Merawat Pohon Mangga Agar Cepat Berbuah

Cara merawat pohon mangga pada umumnya hampir sama dengan merawat tanaman jangka panjang lainnya. Hanya saja perhatian khusus perlu diberikan dalam upaya pengendalian penyakit dan juga pemberian pupuk agar cepat berbuah. Jika anda saat ini sedang atau berencana untuk budidaya tanaman mangga sebagai komoditas pertanian di bidang perkebunan buah, silahkan ikuti petunjuk cara perawatannya berikut ini.

Tahapan Cara Merawat Pohon Mangga

Cara merawat pohon yang baru di tanamn dengan sudah mulai berbunga tentunya memiliki perlakuan yang berbeda. Oleh karena itu ada beberapa tahapan perawatan yang perlu diperhatikan agar hasilnya bisa maksimal. Tujuan perawatan tentu saja adalah agar tanaman mangga bisa tumbuh subur, cepat berbuah dan berbuah lebat.

Baiklah langsung saja simak tahapan perawatan pada budidaya tanaman mangga berikut ini!

Perawatan Bibit Mangga

Jika anda melakukan pembibitan sendiri maka perlu diperhatikan cara perawatan bibit mangga agar bisa tumbuh dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah media pembibitan, intensitas penyiraman, pemberian pupuk, pengendalian hama dan penyakit, serta pengendalian gulma.

Semua hal tersebut perlu diperhatikan dengan baik untuk memastikan kebutuhan nutrisi dan air terpenuhi. Jika kebutuhan nutrisi bibit mangga terpenuhi dengan baik maka akan menghasilkan bibit yang berkualitas. Sehingga apabila dipindahkan ke lahan tanam mampu bertahan hidup dan tumbuh subur.

Perawatan Mangga Yang Baru Ditanam

Tahapan perawatan pohon mangga berikutnya adalah pada saat setelah pemindahan ke lahan tanam. Sebelumnya perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa lahan tanam benar-benar sudah sesuai dengan syarat tumbuh tanaman mangga. Selanjutnya adalah lubang tanam yang disiapkan sudah memiliki kandungan nutrisi yang cukup yaitu dengan memberikan pupuk dasar berupa Pupuk Organik.

Selain ketersedian unsur hara dan unsur organik dalam tanah pohon mangga yang baru ditanam juga membutuhkan ketersediaan air yang cukup. Oleh karena itu perlu dilakukan penyiraman secara intensif. Akan lebih baik jika proses penanaman dilakukan pada musim hujan sehingga tidak perlu dilakukan penyiraman.

Pengendalian gulma juga sebaiknya dilakukan agar tidak menjadi kompetitor tanaman mangga dalam menyerap nutrisi dalam tanah. Pengendalian gulma sebaiknya dilakukan secara berkala dengan cara manual agar tidak membahayakan bibit baru ditanam.

Pemberian pupuk lanjutan diberikan secara teratur dengan membuat jadwal tertentu. Jika anda ingin menggunakan pupuk organik herbafarm sebaiknya ikuti panduan Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm Pada Tanaman Mangga.

Cara Merawat Pohon Mangga Yang Sedang Berbunga

Perhatian khusus sebaiknya diberikan pada saat pohon mangga mulai berbunga. Pada tahapan ini hal yang harus diperhatikan adalah kemungkinan adanya serangan penyakit. Oleh karena itu perlu diketahui jenis hama dan penyakit serta cara pengendaliannya.

Silahkan Baca: Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga.

Pada saat tanaman mangga mulai berbunga sebaiknya hindari pemberian pupuk. Apabila salah dalam memberikan dosis dan jenis pupuk maka akan berakibat pada bunga mangga yang bisa saja gugur sehingga menyebabkan kegagalan produksi.

Perawatan Mangga Pasca Panen

Setelah masa panen pohon mangga membutuhkan nutrisi yang banyak untuk persiapan berbuah musim berikutnya. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan pemupukan dengan dosis yang tepat.

Pemangkasan ranting juga perlu dilakukan untuk menjaga kelembaban. Tindakan ini merupakan bagian dari cara untuk menghindari serangan hama dan penyakit pada tanaman mangga.

Kesimpulan

Agar pohon mangga cepat berbuah maka perawatan intensif perlu dilakukan. Perawatan dilakukan mulai dari proses pembibitan sampai pasca panen. Cara perawatan yang dilakukan adalah dengan penyiraman untuk pemenuhan kebutuhan air, pemberian pupuk untuk menjamin kecukupan nutrisi agar bisa berbuah dengan cepat, pengendalian hama dan penyakit agar tumbuh sumbur.

Demikianlah langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah. Semoga informasi ini bermanfaat!