Daun Perak Penyakit Tanaman Dan Cara Pengendalian

Penyakit daun perak pada tanaman dapat ditandai dengan adanya warna Pudar, kemilau keperakan pada dedaunan. Batang dan ranting menjadi coklat tua dan mati. Jamur berbentuk braket dengan permukaan atas berbulu putih dan permukaan bawah. berwarna ungu-coklat pada kulit kayu. Serangan penyakit ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi buah sehingga sangat merugikan petani.

Apa Itu Penyakit Daun Perak?

Penyakit daun perak atau Silver Leaf disebabkan oleh jamur Chondrostereum purpureum, yang membangun tubuh buah yang mencolok di batang dan cabang mati. Struktur ini menghasilkan spora yang kemudian dilepaskan dan diangkut oleh angin ke pohon dan semak yang sehat.

Jamur memasuki jaringan melalui luka, terutama disebabkan oleh pemangkasan. Saat mereka tumbuh menjadi kayu, mereka perlahanlahan membunuhnya, menghasilkan noda gelap yang khas pada jaringan internal. Mereka juga mengeluarkan racun yang dibawa ke daun melalui aliran getah.

Racun ini merusak jaringan dan menyebabkannya terpisah, memberi mereka aspek keperakan. Jadi, meski jamur sebenarnya tidak ada di daun, tapi bisa mematikan daun dan cabangnya. Tubuh buah baru kemudian muncul di kayu mati dan siklusnya dimulai lagi.

Gejala Serangan

Penyakit tanaman ini dapat ditandai dengan Daun yang terkena jamur akan berwarna keperakan. Ini umumnya terbatas pada satu cabang pada awalnya, tetapi dapat menyebar ke bagian lain dari pohon seiring waktu. Pada tahap penyakit selanjutnya, daun membelah dan dapat berubah menjadi coklat di sekitar tepi dan bagian tengah tulang rusuk.

Jaringan internal batang yang terkena berubah menjadi coklat tua di bawah kulit kayu dan akhirnya mati kembali. Dari akhir musim panas dan seterusnya, jamur datar atau berbentuk braket berkembang pada kulit cabang yang mati.

Mereka memiliki permukaan atas berbulu keputih-putihan dan permukaan bawah berwarna ungu-coklat. Kedua sisi memiliki tubuh pembentuk spora dan lembut serta licin saat basah, rapuh dan layu saat kering.

Tanaman Yang Diserang

Penyakit daun yang disebabkan oleh jamur ini menyerang beberapa tanaman sebagai berikut:

  1. Apel
  2. Ceri
  3. Persik
  4. Pir

Cara Pengendalian Penyakit Daun Perak

Untuk mengatasi penyakit daun perak dapat dilakukan dengan pengendalian hayati dan pengendalian kimiawi. Selain itu sangat disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan.

  • Pengendalian Hayati

Dalam banyak kasus, pohon akan pulih secara alami dari serangan daun perak, jadi disarankan untuk menunggu beberapa saat
sebelum mengambil tindakan.

  • Pengendalian Kimiawi

Selalu pertimbangkan pendekatan terintegrasi dengan tindakan pencegahan dan perawatan biologis jika tersedia. Pada pohon yang
rentan di daerah di mana daun perak merupakan masalah yang berulang, perawatan pemangkasan dengan cat direkomendasikan
sebagai praktik standar. Namun, beberapa spesialis menyatakan bahwa hal terbaik adalah membiarkan luka ini sembuh secara alami.

  • Langkah Pencegahan
  1. Hanya bekerja dengan alat yang bersih dan didesinfeksi.
  2. Lindungi pohon dari cedera yang tidak perlu.
  3. Pantau kebun secara teratur.
  4. Pemangkasan rutin di akhir musim semi atau musim panas menghindari fase infeksi utama.
  5. Hindari pemangkasan selama kondisi cuaca basah, yang mendukung infeksi.
  6. Tutupi luka dengan pembalut luka untuk menghindari perkecambahan spora.
  7. Buang segera bahan yang telah dipangkas (dibakar atau dikubur), saat tubuh buah terbentuk terus menerus.
  8. Pastikan untuk mengecualikan tanaman inang alternatif seperti pohon willow dan pohon poplar dari dan di sekitar kebun.

Baca Juga: Penyakit Embun Tepung Dan Cara Pengendaliannya.

Demikian pembahasan tentang penyakit daun perak pada tanaman dan cara pengendaliannya, semoga bermanfaat!