Hama Kacang Panjang Dan Pengendaliannya

Hama kacang panjang selama ini tidak sampai menyebabkan kegagalan panen namun tetap saja mempengaruhi tingkat produksi buah. Serangan hama tentu saja akan berpengaruh pada tingkat pertumbuhan dan juga pembuahan. Selain itu serangan hama juga berpengaruh pada kualitas buah yang dihasilkan.

Dalam skala agribisnis tentu saja hal ini sangat merugikan. Oleh karena itu perlu melakukan langkah pengendalian berupa pencegahan dan pembasmian jika sudah terlanjur terjadi serangan. Sebelumnya silahkan kenali terlebih dahulu jenis hamanya berikut ini!

Jenis Hama Tanaman Kacang Panjang

Hama kacang panjang menyerang bagian akar, daun, dan polongnya. Jenis hama berupa tungau dan nematoda yang tetap harus diwaspadai keberadannya. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan perawatan secara intensif agar pertumbuhan kacang panjang bisa maksimal.

Setidaknya ada empat jenis hama yang bisa menyerang tanaman kacang panjang yaitu sebagai berikut:

  1. Kutu kebul
  2. Ulat jengkal
  3. Tungau merah
  4. Lalat kacang

Berikut ini penjelasan dari keempat jenis hama tersebut!

Kutu Kebul

Hama Kutu Kebul

Kutu kebul merupakan salah satu organisme pengganggu tanaman (OPT) yang juga menyerang tanaman kacang panjang. Hama ini tidak hanya menyerang secara langsung tetapi juga menjadi vektor penyakit. Hama yang juga dikenal dengan nama lalat putih ini menyerang bagian daun tanaman.

Gejala serangan kutu kebul pada tanaman kacang adalah sebagai berikut:

  1. Bagian daun akan menguning secara perlahan dan hanya menyisakan warna hijau pada bagian tulang daun.
  2. Serangan hebat akan menyebabkan seluruh daun akan menguning dan mati.

Cara pengendalian dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Melakukan penggiliran tanaman dengan menanam tanaman yang bukan merupakan tanaman inang dari kutu kebul.
  2. Obat alami hama kacang panjang bisa memanfaatkan keberadaan musuh alami kutu kebul yaitu Scymnus sp. dan jenis laba-laba.
  3. Pengendalian secara kimia dilakukan apabila terjadi serangan hebat dengan menggunakan obat pembasmi hama kacang panjang berupa insektisida berbahan aktif monokrotofos.

Hama Ulat Jengkal Pada Kacang Panjang

Hama Ulat Jengkal

Ulat penggerek polong kacang panjang adalah ulat jengkal. Ulat jengkal pada kacang panjang juga menyerang bagian tanaman lain seperti daun, tunas muda dan bunga.

Gejala Serangan ulat jengkal adalah adalah terdapat bekas gigitan pada tepi daun dan akan terus ke bagian tengah sampai hanya menyisakan tulang daun. Ulat jengkal menjadi penyebab daun kacang panjang berlubang.

Cara pengendalian hama ulat jengkal bisa dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan musuh alaminya yaitu Apanteles sp dan Litomastix sp. Pengendalian secara kimiawi dapat dilakukan jika terjadi serangan hebat dengan menggunakan obat atau insektisida berbahan aktif fenvalerat.

Tungau Merah

Hama tanaman kacang panjang yang perlu diwasapai berikutnya adalah tungau merah. Hama ini menyerang bagian daun tanaman dan menyebabkan pertumbuhan menjadi melambat dan tentu saja produksi buah menjadi terhambat.

Gejala serangan dapat ditandai dengan adanya bercak kuning pada daun tua. Bercak ini akan terus meluas ke seluruh area dan daun dan akhirnya akan berubah warna menjadi merah karat. Tungau merah menjadi penyebab daun kacang panjang menjadi keriting.

Pengendalian hama tungau merah dapat dilakukan dengan melakukan langkah berikut ini:

  1. Menjaga kebersihan kebun tempat budidaya tanaman kacang panjang.
  2. Melakukan penanaman pada musim hujan
  3. Membuang daun yang sudah terserang hama
  4. Menangkap tungau dan memusnahkannya
  5. Memanfaatkan musuh alami tungau merah
  6. Menggunakan insektisida yang berbahan aktif oksikuinoks,  atau dikofol

Lalat Kacang

Hama Lalat Kacang

Lalat kacang merupakan jenis hama yang menyerang tanaman muda. Kacang panjang yang menjadi target serangannya adalah yang berusia antara 14 -30 hari setelah tanam. Hama ini mengisap cairan tanaman dan meletakkan telurnya pada bagin daun.

Gejala serangan lalat kacang adalah terdapat bintik putih pada bagian daun. Bintik putih tersebut akan berubah menjadi kuning dan terdapat titik cokelat pada bagian tengahnya.

Cara pengendalian hama lalat kacang dapat dilakukan dengan langkah berikut ini:

  1. Penggiliran tanaman
  2. Penanaman secara serempak
  3. Penanaman menggunakan mulsa
  4. Mencabut dan memusnahkan tanaman yang sudah terserang
  5. Pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan insektisida berbahab aktif tiodikarb.
  6. Pemberantasan hama dilakukan jika serangan sangat hebat dengan menggunakan insektisida berbahan aktif monokrotofos.

Untuk langkah pencegahan dan pengendalian hama pada tanaman kacang panjang selalu upayakan untuk pengendalian secara alami. Penggunaan bahan kimia sintesis dilakukan apabila dalam keadaan terpaksa.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Tanaman Cabe.

Demikian pembahasan tentang jenis hama pada tanaman kacang panjang dan cara pengendaliannya. Semoga informasi pertanian ini bermanfaat!