7 Jenis Hama Padi Dan Cara Pengendaliannya

Hama padi adalah organisme pengganggu tanaman (OPT) yang menyerang tanaman padi mulai dari masa persemaian sampai matang . Serangan hama ini dapat menyebabkan kerugian mulai dari berkurangnya produksi sampai gagal panen. Besarnya serangan tergantung jenis hama dan intesitas serangannya.

Jenis Hama Tanaman Padi

Jenis hama pada tanaman padi sangat beragam mulai dari kelompok Mamalia, Apes, dan serangga. Serangan hama pun ada yang secara langsung maupun menjadi vektor penyakit. Berikut ini beberapa spesies OPT yang menyerang tanaman padi.

Hama Tikus

Hama padi yang pertama adalah tikus. Jenis hama ini bersarang atau tinggal disekitar lahan budidaya. Serangan biasanya berlangsung pada malam hari. Binatang pengerat ini menyerang tanaman padi dari semua fase pertumbuhan bahkan sampai pada tahap penyimpanan setelah panen.

Serangan paling parah bisa terjadi pada masa generatif karena apabila terjadi serangan pada masa ini tanaman padi tidak dapat lagi membentuk anakan baru.

Silahkan baca Cara Mengatasi Hama Tikus Menggunakan Pepaya.

Hama Wereng

Wereng adalah sebutan yang berlaku secara umum pada hama jenis serangga yang menyerang tanaman dengan cara menghisap cairan tanaman. Serangan hama ini dapat menyebabkan kegagalan panen. Oleh karena itu wereng menjadi salah satu jenis organisme pengganggu tanaman (OPT) yang penting terutama pada tanaman padi.

Ada empat jenis hama wereng yaitu Wereng cokelat, wereng punggung, putih, wereng hijau dan wereng zigzag. Dari keempat jenis wereng tersebut wereng cokelat merupakan spesies yang paling sering ditemukan dalam populasi yang sangat besar sehingga sangat meresahkan petani padi.

Silahkan Baca: 4 Jenis Hama Wereng Dan Cara Pengendaliannya.

Kepik Hijau

Kepik hijau pada dasarnya merupakan hama utama pada tanaman kedelai. Namun kepik hijau ini merupakan jenis hama Folifag yaitu hama yang menyerang beberapa jenis tanaman. Tanaman inang dari hama ini adalah kedelai, padi, kacang hijau, kacang panjang, kapas dan lainnya.

Kepik hijau menyerang tanaman padi yang sudah berbuah dengan menghisap bulirnya. Serangan hama ini dapat menyebabkan berkurangnya jumlah produksi.

Silahkan Baca: Hama Kepik Hijau Dan Cara Pengendaliannya.

Walang Sangit

Walang sangit menyerang tanaman padi pada tahap matang susu. Hama ini mengisap cairan pada bulit padi sehingga merusak kualitas padi. Akibat serangan walang sangit dapat menyebabkan penurunan jumlah produksi sampai 40%.

Walang sangit juga merupakan jenis hama Folifag yang menyerang beberapa jenis tanaman seperti jagung, cabai, nilam dan lainnya.

Silahkan Baca: Cara Pengendalian Hama Walang Sangit.

Burung Pipit

Selain walang sangit, hama yang juga menyerang bulir padi adalah burung pipit. Hama yang termasuk kategori aves ini dapat menyebabkan kerusakan sampai 50%. Jenis hama ini sangat meresahkan petani karena pengendaliannya sangat sulit. Oleh karena itu petani terkadang harus berjaga di kebun untuk mengatasi serangannya.

Burung pipit menyerang pada siang hari dan memakan langsung biji padi. Maka tidak heran ketika burung ini menjadi musuh bagi petani padi.

Baca: Cara Pengendalian Burung Pipit Pada Tanaman Padi.

Hama Penggerek Batang Padi

Penggerek batang padi menyerang tanaman padi pada semua stadium pertumbuhan mulai dari masa penyemaian sampai matang. Hama ini memiliki empat stadium perkembangan mulai dari telur, larva, puva dan imago. Dari setiap fase perkembangan tersebut sudah mulai merusak tanaman padi.

Telur ngengat diletakkan secara berkolompok pada daun, pangkal dan ujung. Telur ini akan berubah menjadi larva yang mulai menggorogoti tanaman. Selanjutnya larva menjadi puva dan tingkat serangannya semakin besar. Setelah menjadi Imago ngengat dewasa akan kembali bertelur dan siklus ini akan terus berulang jika tidak dilakukan penangan dengan segera.

Silahkan Baca: 6 Jenis Hama Penggerek Batang Padi Dan Cara Pengendaliannya.

Belalang

Belalang merupakan jenis serangga yang memakan daun-daunan. Hama ini menyerang hampir semua jenis tanaman. Serangan hama ini menyebabkan melambatnya pertumbuhan karena kerusakan pada daun tanaman.

Serangan pada tingkatan paling parah dapat menyeabkan gagal panen. Oleh sebab itu belalang menjadi salah satu musuh bagi banyak petani karena semua jenis tanaman budidaya pertanian menjadi makannya.

Baca Juga: Jenis Hama Belalang Dan Karakteristiknya.

Demikian pembahasan tentang hama tanaman padi. Semoga informasi pertanian ini bermanfaat!