Cara Mengatasi Hama Kutu Putih Pada Daun Cabe

Salah satu jenis hama pada tanaman cabe adalah kutu putih yang menyerang bagian daun cabe. Serangan hama ini dapat menyebabkan daun menjadi keriting. Pada tingkat serangan parah juga bisa menyebabkan timbulnya cendewan jelaga yang membuat bagian daun bagian atas menjadi hitam.

Cara Membasmi Hama Kutu Putih Pada Daun Cabe Secara Alami

Hama kutu putih pada tanaman cabe menyimpan telurnya di bagian bawah daun. Selain menyimpan telur, hama ini juga mengisap nutrisi pada daun sehingga daun menjadi kering, keriting, lama kelamaan menjadi kuning. Kutu putih juga merupakan vektor bagi cendawan yang menyebabkan penyakit cendawan jelaga.

Untuk mengatasi serangan hama kutu putih pada daun cabe ini dapat dilakukan secara alami. Tujuan pengendalian secara alami adalah untuk menjaga ekosistem budidaya. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan Perangkap Kutu

Cara pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi serangan kutu putih pada tanaman cabe adalah menggunakan perangkap kutu. Perangkap ini banyak dijual di toko tani. Perangkap ini bentuknya seperti karton berwarna kuning. Kertas ini memiliki tekstur lengket sehingga bisa menjaring kutu dewasa yang berterbangan di sekitar daun.

Cara menggunakannya adalah dengan menggantungkan perangkap tersebut di sekitar daun tanaman cabe. Kelemahan dari penggunaan perangkap ini adalah, hanya bisa menjaring kutu dewasa. Sementara anak kutu putih yang masih menempel di daun masih tetap menghisap nutrisi daun cabe.

  • Menyemprot Dengan air

Untuk bisa membasmi kutu muda yang masih menempel pada daun bisa dengan menyemprotnya dengan air. Penyemprotan ini bisa dilakukan sekaligus dengan penyiraman tanaman atau pemupukan jika menggunakan pupuk organik cair herbafarm.

  • Membuang Daun Yang Terserang Kutu Putih

Jika serangan kutu putih ini semakin membesar maka solusinya adalah membuang daun yang sudah terserang. Bahkan pada tingkatan ekstrem bisa dengan melakukan pemangkasan sampai ranting. Membuang daun cabe yang sudah terserang bertujuan untuk menekan penyebaran kutu putih.

  • Memelihara Pemangsa Alami Kutu Putih

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membiarkan pemangsa alami kutu putih. Pada dasarnya setiap makhluk hidup dalam ekosistem memiliki predator masing-masing. Jika perkembangan kutu putih sangat pesat berarti predatornya kurang atau bahkan tidak ada. Salah satu jenis predator kutu putih adalah tawon parasit. Tawon parasit menggorogoti tubuh kutu putih dan merusak sistem reproduksinya sehingga tidak dapat berkembang biak.

Pemakaian insektisida sangat tidak disarankan. Apabila dosisnya tidak tepat dapat menyebabkan perkembangan kutu putih semakin meningkat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Nematoda Endoparasit Pada Tanaman Kopi.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi hama kutu putih pada daun cabe. Semoga bermanfaat.