Hama Tanaman Kopi Dan Cara Pengendaliannya

Hama Tanaman Kopi. Budidaya tanaman kopi mungkin terlihat mudah. Tinggal tanamn dan tunggu berbuah. Namun ternyata pada prosesnya ada perawatan khusus yang perlu dilakukan untuk mengendalikan hama dan penyakit. Pengendalian hama sendiri dilakukan jika sudah mengetahui jenis hama yang menyerang berdasarkan gejala yang muncul.

Jenis Hama Pada Tanaman Kopi

Sebelum masuk pada upaya pengendalian hama pada tanaman kopi terlebih dahulu harus dikenali jenis hama dan bagian yang diserang. Tentunya ini sangat penting agar bisa melakukan langkah penanggulangan yang tepat. Setiap bagian pada tanaman kopi memiliki jenis hama tertentu yang bisa menyerangnya.

  • Hama Akar Kopi

Hama yang menyerang akar kopi adalah Nematoda Endroparasit.

  • Hama Daun Kopi

Pada bagian daun kopi, terdapat tiga jenis hama yang bisa menyerang yaitu, Kutu Hijau, Kutu Cokelat, Kutu Dompalan.

  • Hama Batang Kopi

Batang kopi pun tidak terlepas dari serangan hama. Jenis hama yang menyerangnya adalah penggerek batang merah dan Penggerak Cabang dan Ranting.

  • Hama Buah Kopi

Bagian kopi yang paling banyak hamanya adalah buah kopi. Jenis hama yang menyerang buah kopi adalah Kutu Dompolan Putih, Kutu Dompolan Hijau, Hama bubuk buah kopi, dan Hama Penggerek Buah Kopi.

Cara Mengatasi Hama Pada Tanaman Kopi

Setelah mengetahui jenis hama yang menyerang tanaman kopi selanjutnya adalah mengenali gejala dan cara mengatasinya. Pembahasan ini akan menjelaskan tentang cara mengatasi hama kopi berdasarkan jenis hama yang menyerangnya.

Hama Nematoda Endoparasit

Nematoda endoparasit menyerang dengan cara masuk ke dalam akar dan di dalam akar ada yang berpindah dan ada yang menetap. Serangan nematoda menyebabkan kerusakan pada akar tanaman. Kerusakan yang timbul dapat berupa nekrotik yaitu noktah coklat kehitaman (berukuran kecil atau agak besar) akibat jaringan akar mati.

Jika serangga ini menyerang tanaman kopi, gejala yang muncul berupa kopi terlihat kerdil, daun menguning dan gugu, bunga prematur dan banyak yang kosong, serta bagian akar membusuk.

Baca Selengkanya: Cara Pengendalian Hama Nematoda Endoparasit Pada Tanaman Kopi.

Kutu Hijau

Kutu hijau merupakan jenis hama pada tanaman kopi yang sangat penting untuk diperhatikan. Serangan hama ini pada tanaman muda akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan dan tanaman menjadi kerdil. Sementara pada tanaman kopi yang sudah produksi akan menyebabkan menurunnya jumlah produksi.

Kutu hijau menyerang bagian mudah pada tanaman kopi seperti daun, tunas, tangkai bunga, dan ujung dahan. Hama tersebut akan menghisap cairan pada bagian tersebut hingga kering. Bagian yang terserang akan berubah warna dari hijau menjadi kuning. Akibatnya daun akan menjadi kering dan pada serangan berat akan gugur.

Baca Pembahasan lengkap tentang Cara Pengendalian Kutu Hijau Pada Tanaman Kopi.

Kutu Cokelat

Hama kutu cokelat pada tanaman kopi menyerang hampir semua bagian tanaman mulai dari daun, bunga, cabang bahkan batang kopi yang masih muda. Sama dengan kutu hijau kutu cokelat juga menghisap cairan pada bagian tanaman yang masih berwarna hijau.

Hama ini dibawah oleh semut yang secara sepintas tidak membahayakan pohon kopi. Namun semut inilah yang menyebarkan kutu cokelat seluruh bagian tanaman.

Efek yang ditimbulkan adalah tanaman menjadi kerdil dan terhambat pertumbuhannya. Selain itu dapat menurunkan tingkat produksi pada tanaman kopi yang sudah berbuah.

Lihat Panduan lengkap Cara Mengatasi Serangan Kutu Cokelat Pada Tanaman Kopi.

Kutu Dompolan

Satu lagi jenis kutu yang perlu diwaspadai oleh petani kopi adalah kutu Dompolan. Tanaman ini menyerang bagian kopi yang masih muda seperti daun, tunas, dan bunga. Akibat dari serangan hama ini dapat menyebabkan pertumbuhan terhenti karena daun menguning dan gugur, produksi gagal karena calon bunga gagal dan buah muda tiba-tiba rontok.

Kotoran kutu dompolan sangat disukai oleh semut karena mengandung gula. Oleh karena itu semut membawa kutu ini ke tempat-temapat baru untuk menghisap cairan pada bagian tanaman yang masih muda. Selain itu kutu dompolan juga menjadi vektor munculnya penyakit cendawan pada tanaman kopi.

Baca Cara Pengendalian Kutu Dompolan Pada Tanaman Kopi.

Penggerek Batang Merah

Sesuai dengan namanya hama ini menyerang pada bagian batang kopi, selain itu juga menyerang bagian ranting. Penggerek batang merah membuat lubang pada batang yang menyebabkan distribusi nutrisi dan air ke seluruh bagian tanaman menjadi terganggu.

Akibat dari serangan hama ini menyebabkan pertumbuhan tanaman kopi menjadi terhambat. Batang dan ranting yang terserang menjadi rapuh dan mudah patah.

Silahkan lanjutkan membaca Cara Pengendalian Penggerek Batang Merah Pada Tanaman Kopi.

Hama Penggerek Ranting

Selain penggerek batang ada juga hama yang secara khusus menggerek ranting kopi. Maka hama ini dinamakan hama penggerek ranting. Hama ini menyerang ranting kopi dengan membuat lubang berdiameter 1-2 mm. Hama yang menggerek ranting kopi adalah hama betina, tujuannya adalah untuk meletakkan telurnya.

Bagian terserang hama penggerek ranting akan layu, menguning, kering hingga mati. Pada tanaman kopi yang sudah berbuah produksinya akan menurun. Hal ini disebabkan karena terganggunya proses distribusi unsur hara dan air dari dalam tanah ke daun, bunga, serta buah.

Baca Pembahasan lengkap tentang Cara Mengatasi Hama Penggerek Ranting Kopi.

Hama Bubuk Buah Kopi

Hama bubuk buah kopi menyerang buah kopi yang mulai mengeras. Hama ini menggerek buah kopi hingga berlubang. Selanjutnya serangga betina akan meletakkan telurnya dalam biji kopi tersebut. Hama ini juga bisa menyerang buah kopi yang masih muda dan menyebabkan buah kopi gugur.

Akibat dari serangan hama ini membuat mutu buah kopi menjadi berkurang atau berkualitas rendah. Bahkan pada tingkatan yang parah dapat menyebabkan gagal panen.

Silahkan Dibaca Langkah Pengandian Hama Bubuk Buah Kopi.

Hama Penggerek Buah Kopi

Selain penggerek batang hama tanaman kopi juga adalah penggerek buah kopi. Hama ini adalah sejenis kumbang yang membuat lubang disekitar diskus dan masuk ke dalam buah kopi. Pada buah kopi yang masih lunak hama ini hanya menggerek untuk mengambil makanan kemudian ditinggalkan.

Buah yang sudah terserang hama ini mempunyai kualitas buruk. Untuk buah yang masih muda akan segera gugur sebelum siap panen. Artinya bahwa serangan hama penggerek buah kopi ini menyebabkan kerugian secara kualitas dan kuantitas.

Silahkan Baca Panduan Cara Mengatasi Hama Penggerek Buah Kopi.

Demikianlah pembahasan tentang hama pada tanaman kopi. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan untuk membaca setiap langkah pengendalian dari masing-masing hama tersebut.