6 Jenis Hama Tomat Dan Cara Mengatasinya

Hama tomat adalah organisme pengganggu tanaman (OPT) yang mempengaruhi pertumbuhan dan produksi buah. Tingkat kerusakan yang ditimbulkan tergantung jenis hama dan bagian tanaman yang diserang. Selain itu jumlah populasi hama dan langkah pengendalian juga akan sangat berpengaruh.

Jenis Hama Pada Tanaman Tomat

Hama tanaman tomat ada beberapa jenis yang juga menyerang berbagai bagian tanaman mulai bagian akar, batang, daun dan buah. Petani tomat yang sedang atau berencana membudidayakan tomat untuk kebutuhan agribisnis atau konsumsi sendiri wajib tahu hama apa saja yang berpotensi menyerang tanamannya. Berikut ini pembahasan tentang jenis hama pada tanaman tomat dan langkah pengendaliannya.

Lalat Buah

Lalat buah adalah jenis hama yang menyerang bagian buah. Hama ini memiliki ukuran tubuh sekitar 8 mm. Tubuhnya berwarna hijau kehitaman dan memiliki sayap yang transparan.

Gejala serangan ditandai dengan membusuknya buah tomat dan terdapat belatung di dalam daging tomat.

Cara pengendalian pada serangan yang parah dapat menggunakan insektisida. Sementara untuk langkah pencegahan dapat dilakukan dengan pola budidaya tanaman yang benar.

Silahkan baca: Cara Menanam Tomat Agar Berbuah Lebat.

Ulat Grayak

Hama tanaman yang meyerang tomat berikutnya adalah ulat grayak. Ulat grayak merupakan jenis hama yang menyerang bagian daun. Hama ini tidak hanya menyerang tanaman tomat tetapi beberapa jenis tanaman pangan lainnya seperti jagung dan pagi.

Ulat grayak ini merupakan salah satu hama utama tanaman tomat. Spesies yang menyerang tanaman tomat adalah Spodoftera Litura F. Gejala serangan bisa ditandai dengan daun yang terlihat sobek, terpotong-potong dan berlubang.

Untuk langkah pengendaliannya silahkan baca: Hama Ulat Grayak Dan Cara Pengendaliannya.

Hama Ulat Buah Tomat

Selain jenis lalat hama yang menyerang bagian buah adalah ulat buah. Ulat buah tidak hanya menyerang buah tomat tetapi juga bagian daun dan bunga. Serangan hama ini dapat menurunkan angka produksi tanaman.

Gejala serangan terlihat dengan adanya lubang-lubang pada buah tomat. Selanjutnya buah tersebut akan terus terinfeksi sampai menjadi busuk.

Upaya pengendalian dapat dilakukan dengan membersihkan tanaman dari gulma, mencari dan membunuh telur dan ulatnya. Pengendalian secara kimiawi dilakukan jika terjadi serangan hebat yang berpotensi menyebabkan gagal panen.

Kutu Daun

Kutu daun yang menyerang tanaman tomat ada dua jenis yaitu Thrips dan Aphis hijau. Kedua jenis kutu ini menyebabkan proses fotosintesis menjadi terganggu yang mengakibatkan perlambatan pertumbuhan dan proses produksi. Pada serangan yang parah dapat menyebabkan kematian tanaman.

Kutu daun Thrips menyerang tomat dengan cara menghisap cairan pada daun tanaman. Bagian daun yang terserang akan berubah warna menjadi putih. Selanjutnya akan menjadi kering dan mati.

Kutu daun aphis hijau menyerang bagian bawah daun dan menyebabkan daun tomat menjadi keriting. Daun yang keriting tersebut menjadi rapuh dan mudah rontok. Selain menyerang tanaman secara langsung hama ini juga menjadi vektor atau pembawa virus penyebab penyakit bagi tanaman.

Upaya pengendalian hama ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lahan pertanian dan juga tingkat kelembabannya. Serangan parah bisa diatasi dengan penggunaan insektisida.

Pembahasan lengkapnya silahkan baca: Cara Mengatasi Hama Kutu Daun.

Ulat Tanah

Ulat tanah merupakan jenis organisme pengganggu pada tanaman tomat yang sulit dideteksi keberadannya. Hama ini bisa ditandai dengan adanya serangan pada bagian batang pada tanaman. Batang tanaman akan terpotong pada bagian pangkal sehingga menyebabkan kematian.

Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan sanitasi area lahan pertanian. Selain itu juga penggunaan insektisida bisa menjadi alternatif pilihan jika serangannya mulai massif dan sulit dikendalikan secara alami.

Baca Juga: 10 Jenis Ulat Daun Yang Menyerang Tanaman.

Demikian informasi tentang Jenis Hama Pada Tanaman tomat. Semoga informasi pertanian ini bermanfaat!