Harga Cabai Rawit Tembus 150 Ribu/ Kg

Harga cabai rawit terus mengalami kenaiakan selama beberapa bulan terakhir. Harga bumbu dapur dengan rasa pedas ini bervariasi di beberapa daerah di Indonesia. Rentang harga mulai dari Rp 100.000 – Rp. 150.000.

Harga Cabai Rawit Berbagai Daerah Di Indonesia

Berikut ini update harga cabai rawit di berbagai daerah di Indonesia yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

  • Makassar

Harga cabe di Kota Makassar mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat. Dikutip dari makassar.sindonews.com “Harga komoditas cabe rawit di Kota Makassar mengalami kenaikan. Di pasar tradisional terong misalnya, harga cabai rawit mencapai Rp 60 ribu per kilogram dari harga normal Rp 20 ribu. Naik hingga tiga kali lipat.”

  • Balikpapan

Harga cabe rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Balikpapan sejak satu minggu belakangan ini telah mengalami kenaikan harga secara signifikan. Di pasar tradisional pandansari misalnya, harga cabe rawit mencapai Rp 65 ribu perkilogram dari harga sebelumnya dijual hanya Rp 30 ribu per kilogram. Sementara itu di pasar klandasan harga cabe rawit naik lebih tinggi, dari yang sebelumnya dijual Rp 40 rb per kilogram kini menjadi Rp 80 rb. (Sumber: inibalikpapan.com)

  • Sorong

Harga cabe termahal saat ini berada di Kota Sorong yaitu 150 ribu per kilo. Dikutip dari bisnis.tempo.co “Pedagang di pasar sentral remu Kota Sorong, Sabtu, 9 Januari 2021, menawarkan satu kilogram cabai rawit seharga Rp 150 ribu atau naik Rp 60 ribu per kilogram.

  • Bekasi

Harga cabai rawit di bekasi juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. dikutip dari ekbis.sindonews.com “Salah satu pedagang di pasar Jatiasih Bekasi, Dewi menyebut harga cabai rawit merah terus melonjak sejak sebelum hari raya natal tahun 2020. Sait ini cabai rawit merah yang ia jual menyentuh angka 140 rb per kilogram.”

Kenaikan harga itu dari harga sebelumnya hanya berkisar 30 ribu – 40 ribu per kilonya.

  • Medan

Di Kota medan harga cabe berada di harga 105 ribu per kilonya. Dikutip dari sumut.inews.id ” harga cabai rawit di pasar simpang limun, jalan sisingamangaraja, kota medan melonjak hingga tembus Rp 105.00 per kilogram, (Selasa/01/2021) pagi. Sebelumnya harga komoditi ini rata-rata hanya berkisar Rp. 40.000 per kilogram.

Harga Cabai Rawit semakin pedas di berbagai wilayah di Indonesia ini diduga karena jumlah hasil produksi petani yang terbatas. Penyebabnya adalah banyak petani yang beralih ke komoditas lain. Sementara penyebab lainnya adalah adanya serangan hama seperti Patek yang menyebabkan jumlah produksi menurun.

Baca Juga: Harga Porang Umbi Segar, Chip dan Tepung.

Dampak dari kenaikan harga cabai rawit ini membuat daya beli konsumen menjadi menurun dan mencoba alternatif lain. Akibatnya bisa berpotensi mendatangkan kerugian pada pedagang. Cabe yang tidak terjual dalam waktu lama akan menjadi busuk dan tentunya tidak bisa dijual lagi.