Harga Porang Umbi Segar, Chip Dan Tepung

Informasi harga porang umbi segar, porang chip atau keripik dan yang sudah diolah menjadi tepung glukomannan. Porang menjadi salah satu komoditas ekspor yang saat ini sedang dikembangkan oleh petani secara mandiri dan dukungan dari pemerintah. Budidaya tanaman porang hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.

Harga Porang Berdasarkan Jenisnya

Porang memiliki tiga jenis tingkatan harga yaitu harga untuk porang yang masih berupa umbi segar, porang yang sudah diolah menjadi kripik atau disebut chip dan porang yang sudah diolah menjadi tepung Glukomannan dan siap untuk diekspor.

  • Umbi segar porang harganya adalah 3.000 – 3.500/ kg
  • Porang yang sudah diolah menjadi chip kering harganya 17.500 – 22.000/ kg.
  • Tepung porang yang sudah siap ekspor harganya 125.000 – 150.000/ kg.

Tanaman Porang dengan nama latin Amorphophallus oncophyllus merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan bahan baku Industri. Tanaman ini menjadi viral dan menjadi fenomena di kalangan petani beberapa tahun terakhir. Upaya budidaya porang sudah mulai dilakukan secara masif.

Silahkan Baca: Cara Budidaya Tanaman Porang.

Negara Tujuan Ekspor

Dikutip dari Litbang Pertanian negara tujuan ekspor porang ada sembilan negara. Jadi bukan hanya dengan china dan jepang saja.

“Terlebih peminatnya bukan hanya China tapi diminati juga oleh sembilan negara lainnya, antara lain Jepang Vietnam, Thailand, Hongkong, Malaysia, Korea Selatan, New Zealand, Italia dan Pakistan.”

Diperkirakan kebutuhan porang setiap tahunnya adalah sekitar 10.000 Ton. Sementara yang bisa terpenuhi untuk saat ini baru 4.000 ton per tahun. Artinya masih ada kekurangan sekitar 6.000 ton.

Menteri pertanian sendiri, Bapak Syahrul Yasin Limpo telah melepas ekspor porang sebanyak 60 Ton ke china dengan nilai sekitar 120 Milliar. Menurut Pak Syahrul tren permintaan di pasar dunia terus mengalami peningkatan. Tentu saja ini bisa dijadikan peluang bagi petani dan pengusaha mudah untuk memanfaatkan peluang ekspor porang.

Artinya bahwa peluang bisnis dari porang sangatlah besar. Apalagi jika dukungan pemerintah kepada petani terhadap penyediaan bibit, pelatihan budidaya dan pemanfaatan teknologi pengolahaan hasil panen terus ditingkatkan.

Demikian informasi tentang harga porang untuk berbagai jenis bentuknya. Semoga bermanfaat. Harga bisa saja mengalami perubahan dari waktu ke waktu, jadi pastikan untuk selalu mendapatkan update harga terbaru.