Cara Menggunakan Pupuk Herbafarm Untuk Cengkeh

Herbafarm Untuk Cengkeh. Pupuk Organik Herbafarm pada dasarnya bisa diaplikasikan untuk semua jenis tanaman. Yang membedakan adalah cara aplikasi dan dosis yang digunakan. Khsusus untuk tanaman cengkeh pupuk herbafarm bisa diaplikasikan mulai pada saat persiapan penanaman sampai pemeliharaan tanaman yang sudah berbuah.

Cara Menggunakan Herbafarm Untuk Cengkeh

Aplikasi pupuk organik Herbafarm bisa dilakukan pada beberapa tahap. Tahap persiapan penanaman, perawatan tanaman belum berbuah, dan perawatan tanaman yang sudah berbuah. Semua tahapan tersebut apabila dilakukan secara maksimal maka akan menghasilkan cengkeh yang baik secara kualitas dan kuantitas.

Aplikasi Pupuk Herbafarm Granul Persiapan Penanaman

Jika anda saat ini baru berencana untuk budidaya tanaman cengkeh, maka ada baiknya menggunakan Herbafarm granul terlebih dahulu. Herbafarm granul diaplikasikan untuk memberikan kecukupan nutrisi tanaman pada saat awal pertumbuhan.

Cara aplikasikanya adalah dengan memasukkan ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan. Selanjutnya ditutup dengan tanah selama 15 hari. Setelah 15 hari baru dilakukan penanaman bibit cengkeh.

Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Perawatan

Untuk perawatan bisa menggunakan pupuk herbafarm cair. Cara aplikasinya bisa dibedakan berdasarkan usia tanaman atau kondisi produksinya.

  • Tanaman Cengkeh Belum Produksi

Untuk tanaman cengkeh yang belum produksi. Mulai usia 15 hari sampai 4 atau 5 tahun. Aplikasi herbafarm cair bisa dilakukan dengan cara penyemprotan pada bagian daun sampai area pengakaran.

Penyemprotan dilakukan setiap 2 minggu sekali. Dosis yang digunakan adalah 6 tutup botol pertangki ukuran 14 liter air.

Catatan:

Durasi penyemprotan setiap 2 minggu dilakukan selama 3 bulan. Selanjutnya penyemprotan (pemupukan) cukup dilakukan setiap 1 bulan sekali atau setiap 2 bulan sekali.
  • Tanaman Cengkeh Sudah Produksi

Untuk tanaman cengkeh yang sudah produksi atau berusia 5 tahun ke atas. Aplikasi dilakukan dengan teknik kocor atau tuang langsung ke area pengakaran. Dosis yang digunakan adalah 2-4 tutup botol perpohon, tergantung kondisi tanaman.

Jika kondisi tanah sangat kering bisa dicampurkan dengan air. Untuk dosis 2-4 tutup botol bisa dicampurkan air 1-3 liter air. Menyesuaikan kondisi tanah.

Pemakaian Pupuk Herbafarm Granul Untuk Perawatan Cengkeh

Selain untuk pengolahan tanah, Herbafarm granul juga bisa digunakan untuk perawatan tanaman. Cara aplikasinya adalah membenamkan ke dalam tanah disekitar area pengakaran.

Dosis yang digunakan 4-8 sendok makan per pohon. Dosis tergantung kondisi besar kecilnya tanaman. Semakin besar tentunya semakin banyak dosis yang diberikan.

Penggunaan pupuk herbafarm granul sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan dan akhir musim hujan. Herbafarm granul tidak dianjurkan digunakan pada saat musim kemarau.

Baca Juga: Cara Aplikasi Herbafarm Pada Pohon Durian.

Waktu Pemupukan Cengkeh

Waktu pemupukan menggunakan pupuk herbafarm cair dan granul dilakukan pagi atau sore hari. Pada pagi hari maksimal pemupukan sampai pukul 09.00. Sementara pada sore hari pemupukan bisa dimulai pada pukul 16.00.

Catatan:

Untuk hasil terbaik adalah dengan mengkombinasikan pemupukan Herbafarm Cair dan Granul. Aplikasi Herbafarm cair dilakukan secara berkala setiap bulan atau setiap 2 bulan. Aplikasi herbafarm granul dilakukan 2 kali setahun yaitu awal musim hujan dan akhir musim hujan.

Baca Juga: Hama dan Penyakit Pada Tanaman Cengkeh.

Semoga informasi tentang cara menggunakan pupuk organik herbafarm untuk tanaman cengkeh ini membantu. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Agen Herbafarm Makassar WA: 085-213-474-824.

Silahkan dibagikan tulisan ini kepada teman-teman petani cengkeh yang lain. Semoga bisa membantu untuk meningkatkan kualitas produksi cengkehnya.