Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Kacang Panjang

Pupuk bio organik herbafarm merupakan salah satu pupuk organik terbaik untuk budidaya berbagai jenis tanaman. Penggunaan herbafarm bisa diaplikasikan pada tanaman buah, tanaman perkebunan dan tanaman pangan sayur seperti kacang panjang. Jika anda sedang membudidayakan tanaman kacang panjang silahkan lihat panduan lengkap cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman kacang panjang berikut ini.

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Kacang Panjang

Cara pemakaian pupuk organik herbafarm untuk tanaman kacang panjang berbeda dengan jenis tanaman lain terutama tanaman selain pangan dan sayur. Tanaman buah atau tanaman perkebunan atau jenis tanaman jangka panjang lainnya memiliki perbedaan pemakaian dari segi dosis, teknik dan durasi atau interval pemupukan.

Baiklah langsung saja simak petunjuk cara pemakain pupuk herbafarm untuk tanaman kacang panjang berikut ini:

Tahap Persiapan Bibit

Pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman kacang panjang yang pertama adalah pada masa persiapan bibit. Setelah anda mendapatkan bibit unggul yang akan dibudidayakan maka selanjutnya diberikan treatment khusus menggunakan pupuk bio organik cair herbafarm.

Bibit kacang panjang di rendam selama 30 menit menit dengan dosis 1 tutup botol (10Ml) untuk 5 Liter air. Setelah direndam bibit dikeringkan dengan cara diangin-anginkan tanpa terkena sinar matahari langsung. Setelah kering selanjutnya bisa langsung di tanama pada lahan tanam yang sudah disiapkan.

Tujuan perendaman dengan pupuk cair herbafarm adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tular bibit.

Proses Persiapan Lahan

Aplikasi pupuk herbafarm juga dilakukan pada saat persiapan lahan. Pupuk herbafarm yang digunakan pada saat persiapan lahan tanam kacang panjang adalah pupuk herbafarm granul. Pupuk ini dapat diaplikasikan bersamaan dengan pupuk organik lain seperti pupuk kandang atau pupuk kompos.

Untuk lahan 1 Hektar dibutuhkan pupuk Herbafarm granul sebanyak 15 Kg yang ditaburkan secara merata. Tanah selanjutnya bisa dibolak-balik agar menjadi lebih gembur.

Penggunaan pupuk herbafarm granul pada saat pengolahan tanah bertujuan untuk mencegah terjadinya penyakit tular tanah.

Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Kacang Panjang Pada Masa Perawatan

Pemupukan intensif perlu dilakukan pada masa perawatan tanaman. Tujuannya adalah agar nutrisi dalam tanah mencukupi untuk kebutuhan kacang panjang bertumbuh dan berbuah lebat.

Adapun dosis dan waktu pemupukannya adalah sebagai berikut:

  1. 7 Hari setelah tanaman dosis 3 tutup botol (30ml) untuk 1 tangki (14 liter air) diaplikasikan pada lahan seluas 500M.
  2. 14 Hari setelah tanaman dosis 3 tutup botol (30ml) untuk 1 tangki (14 liter air) diaplikasikan pada lahan seluas 500M.
  3. 21 Hari setelah tanaman dosis 3 tutup botol (30ml) untuk 1 tangki (14 liter air) diaplikasikan pada lahan seluas 500M.
  4. 28 Hari setelah tanaman dosis 3 tutup botol (30ml) untuk 1 tangki (14 liter air) diaplikasikan pada lahan seluas 500M.
  5. 42 Hari setelah tanaman dosis 4 tutup botol (40ml) untuk 1 tangki (14 liter air) diaplikasikan pada lahan seluas 500M.
  6. 56 Hari setelah tanaman dosis 4 tutup botol (40ml) untuk 1 tangki (14 liter air) diaplikasikan pada lahan seluas 500M.

Pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman kacang panjang pada masa perawatan ini perlu dilakukan secara intensif agar pertumbuhannya maksimal dan berbuah lebat.

Baca Juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Cengkeh.

Demikianlah pembahasan tentang cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman kacang panjang agar berbuah lebat. Semoga informasi ini bermanfaat!