Kategori Pupuk Tanaman

Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Karet Manfaat dan Cara Penggunaan

Pupuk Herbafarm Untuk Karet. Tanaman karet merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki potensi bisnis yang sangat besar. Maka tidak heran ketika budidaya karet sangat digemari petani. Baik dalam skala perkebunan pribadi maupun tingkat korporasi.

Karet juga merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis di Indonesia. Tetapi meskipun secara iklim dan tingkat kesuburan tanah di Indonesia yang sangat mendukung pertumbuhan tanaman karet. Tetap saja dibutuhkan perawatan dan pemupukan untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dari segi kualitas dan kuantitas.

Pupuk Herbafarm Untuk Karet

Pupuk herbafarm merupakan pupuk organik yang dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman, salah satunya adalah tanaman karet. Jadi, pada dasarnya tidak ada pupuk Herbafarm yang dibuat khusus untuk tanaman karet. Silahkan lihat produk Herbafarm.

Artinya bahwa kedua jenis pupuk herbafarm yaitu herbafarm cair dan granul bisa diaplikasikan untuk tanaman karet. Meskipun dalam prakteknya petani lebih cenderung menggunakan pupuk herbafarm cair.

Manfaat Herbafarm Untuk Karet

Herbafarm memiliki manfaat sangat penting untuk karet yaitu untuk menjaga kondisi tanah, mempercepat pertumbuhan, dan meningkatkan produksi. Bahkan dalam beberapa kasus yang pernah ditemukan petani karet, tanaman karet yang sudah ditebang sekalipun ketika diberikan pupuk herbafarm masih bisa disadap dan mengeluarkan getah.

Cara Aplikasi Herbafarm Pada Tanaman Karet

Bagaimana cara penggunaan pupuk herbafarm pada karet? Mungkin anda sama dengan sebagian besar petani karet. Memiliki pertanyaan tersebut dan berusaha mencari tahu jawabannya. Baiklah kami akan jelaskan cara aplikasinya langkah demi langkah.

Berikut kami jelaskan bukan hanya cara aplikasi herbafarm tetapi juga cara budidaya tanaman karet mulai dari pembibitan sampai penyadapan.

Masa Pembibitan

  • Persiapan Bibit sebaiknya dilakukan 1.5 tahun sebelum penanaman.
  • Untuk mendapatkan bibit hasil okulasi yang baik sebaiknya dipilih entres dari kebun entres murni agar nantinya dapat menghasilkan tanaman yang seragam dan keberhasilan okulasinya tinggi.
  • Setelah proses okulasi akan diperoleh bahan tanam karet unggul berupa stum mata tidur, stum mini, bibit dalam polybag, atau stum tinggi. Untuk tanaman karet, mata entres ini merupakan bagian atas dari tanaman dan dicirikan oleh klon yang digunakan sebagai batang atasnya.
  • Siapkan larutan herbafarm dengan dosis 1 tutup botol (10ml) ditambah 5 liter air disemprotkan untuk 20 Polybag.
  • Penanaman bibit tanaman karet harus tepat waktu.
  • Bibit karet yang baik diantaranya memiliki ciri sudah berpayung dua, mata okulasi benar-benar baik dan mulai bertunas, akar tunggang tumbuh baik dan mempunyai akar lateral dan bebas dari penyakit.
  • Dengan jarak tanaman 7m x 3m (Untuk tanah landai), diperlukan bibit tanaman karet untuk penanaman sebanyak 476 bibit, dan cadangan untuk penyulaman 47 bibit (10%) sehingga untuk setiap hektar kebun diperlukan sebanyak 523 batang bibit karet.

Penyiapan Lahan

  • Lahan diolah sebaik mungkin, dibersihkan dari semak-semak dan rumput-rumput liar.
  • Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50x50cm, 1 bulan sebelum tanam dengan jarak 7x3m membentuk barisan lurus.
  • Pada waktu membuat lubang, tanah bagian atas diletakkan disebelah kiri dan tanah bagian bawah diletakkan disebelah kanan.
  • Masukkan pupuk herbafarm granul 120 Gram ditambah kompos 3 Kg untuk setiap lubang.
  • Penanaman kacangan penutup tanah sebelum bibit karet mulai ditanam dengan untuk menghindari kemungkinan erosi, memperbaiki struktur fisik dan kimia tanah, mengurangi penguapan air, serta untuk membatasi pertumbuhan gulma.
  • Masukkan larutan herbafarm dengan dosis 10 tutup botol (100ml) ditambah 25 liter air untuk 25 lubang tanam.
  • Lubang tanam ditutup kembali dengan sebagian tanah bagian bawah.

Penanaman

  • Masukkan bibit ke dalam lubang dengan hati-hati dan buka kantong plastik.
  • Lubang ditimbun dengan tanah bagian bawah dahulu kemudian tanah bagian atas.
  • Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan.
  • Estimasi jumlah tanaman karet perhektar kurang lebih 500 pohon.

Pemeliharaan Tanaman

  • Lakukan penyulaman untuk mengganti tanaman yang mati dengan tanaman baru yang seumur dengan tanaman yang mati.
  • Cadangan bibit untuk penyulaman terus dipelihara sampai dengan umur 3 tahun.
  • Penyiangan gulma dilakukan setiap 1 bulan sekali.
  • Lakukan perawatan dan perbaikan parit, drainase.
  • Siramkan larutan herbafarm dengan dosis dan jangka waktu sesuai dengan usia tanaman sebagai berikut.
  1. Usia tanaman Kurang dari 1 tahun, siramkan larutan herbafarm pada bagian bawah tanaman dengan dosis 3 tutup botol (30ml) ditambah 1 liter air setiap pohon. Penyiraman dilakukan pada bulan 1,2,3,6, dan selanjutnya setiap 3 bulan sekali.
  2. Usia tanaman 1-3 tahun, siramkan larutan herbafarm pada bagian bawah tanaman dengan dosis 5 tutup botol (50ml) ditambah 1 liter air setiap pohon. Penyiraman dilakukan setiap 3 bulan sekali.
  3. Usia tanaman 3-5 tahun, siramkan larutan herbafarm dengan dosis 5-7 tutup botol ditambah 1 liter air setiap pohon. Penyiraman dilakukan setiap 3 bulan sekali.
  4. Usia tanaman diatas 5 tahun, siramkan larutan herbafarm dengan dosis 7 tutup botol ditambah dengan 1 liter air setiap pohon. Penyiraman dilakukan setiap 6 bulan sekali dan penyiraman diberikan kira-kira 1 meter dari pangkal pohon.
  • Penggunaan pupuk kompos sebaiknya diulang setiap tahun dengan cara membuat lubang melingkar di tanah dengan jarak sebagai berikut:
  1. Usia tanaman kurang dari 3 tahun, jarak lubang 0.5 meter dari pangkal pohon dengan lebar 20cm membutuhkan 5kg pupuk kompos.
  2. Usia tanaman 3-5 tahun, jarak lubang 1 meter dengan lebar 25cm membutuhkan 10kg pupuk kompos.
  3. Usia tanaman lebih dari 5 tahun, jarak lubang 1.5 meter dengan lebar 30cm membutuhkan 15Kg pupuk kompos.

Penyadapan

  • Untuk mengetahui matang sadap atau belum yang perlu kita perhatikan adalah umur dan ukuran lilit batang. Jika umur tanaman karet telah mencapai 5 tahun dengan pemeliharaan yang sempurna maka lilit batang akan tercapai kurang lebih 45cm dan kebun dianggap siap untuk disadap apabila 55% dari jumlah total pertanam telah tercapai lilit batang tersebut.
  • Persiapan penyadapan
  1. Siapkan mal sadap
  2. Pisau sadap
  3. Talang lateks
  4. Mangkuk
  • Penggambaran Bidang Sadap
  1. Penggambaran awal 130cm dari permukaan tanah.
  2. kemiringan 35-45 derajat.
  3. Arah sadapan dari kiri atas ke kanan bawah.
  4. Penggambaran bidang sadap dapat satu penuh lilit batang.
  • Penyadapan
  1. Tebalnya irisan sadap 2mm.
  2. Penyadapan dilakukan 2 hari sekali (Pemakaian kulit hanya 2.5cm perbulan).
  3. Biasanya pembuluh lateks terletak pada ketebalan 7mm.
  4. Penyadapan jangan sampai terkena lapisan kambiun.
  5. Waktu penyadapan terbaik antara pukul 05.00-07-.00 pagi.

Untuk tanaman lain anda bisa baca cara aplikasnya pada Halaman Cara Aplikasi Herbafarm.

Harga Pupuk Herbafarm dan Cara Pemesanan

Jual produk herbafarm wilayah sulawesi selatan berupa herbafarm cair dan herbafarm granul

Untuk harga pupuk herbafarm setiap daerah tentunya berbeda-beda karena perbedaan biaya operasional. Jadi masalah harga herbafarm bisa langsung ditanyakan ke seller terdekat.

Pemesanan pupuk herbafarm bisa dilakukan secara langsung melalui seller yang ada di daerah atau melalui marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Khusus untuk anda yang berdomisili di wilayah Sulawesi khususnya sulawesi selatan. Anda dapat menghubungi agen herbafarm makassar melalui WA: 085-213-474-824.

Semoga informasi ini bermanfaat, salam sukses Petani Organik Indonesia.