Jenis Alpukat Jumbo Kualitas Unggul

Jenis alpukat jumbo sering menjadi pilihan petani dalam budidaya. Alasannya tentu saja karena target marketnya lebih luas. Sebagaimana diketahui bahwa kebanyakan pecinta buah alpukat memilih alpukat dengan ukuran besar dengan harga murah.

Sama halnya dengan kebanyakan buah lainnya alpukat pun dijual berdasarkan beratnya. Baik itu dijual di supermarket, toko online maupun lapak pinggir jalan. Jadi, semakin berat buah alpukat tentunya akan semakin mahal pula harga per buahnya. Untuk harga alpukat sendiri berbeda-beda setiap jenisnya. Selain itu wilayah dan tempat penjualan juga mempengaruhi harganya.

4 Jenis Alpukat Jumbo Cocok Untuk Tanaman Agrbisnis

Jenis alpukat yang akan dibudidayakan dengan tujuan agribisnis tentunya tidak boleh sembarangan. Harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Beberapa pertimbangannya tentu saja berhubungan dengan kondisi lahan, biaya operasional dan paling penting adalah target market pemasaran hasil panen. Salah satu jenis alpukat yang sangat cocok untuk tujuan agribisnis adalah alpukat jumbo.

Alpukat jumbo yang ada di Indonesia memiliki banyak varian. Setiap varietas tentunya memiliki kelebihan masing-masing dibandingkan dengan alpukat lainnya. Meskipun sama-sama berukuran jumbo namun ada saja perbedaan dari segi lain misalnya ketebalan daging, kualitas rasa, tingkat produktifitas atau harga jualnya.

Baiklah langsung saja kita lihat apa saja alpukat jumbo yang memiliki kualitas unggul.

Alpukat Kendil

Jenis alpukat jumbo yang pertama adalah alpukat kendil. Pecinta buah dengan nama latin Persea Americana tentunya tidak asing lagi dengan varietas yang satu ini. Keunikan bentuk buahnya terlihat pada bagian bawah yang menggelembung seperti kendil.

Alpukat jumbo ini bisa menghasilkan buah dengan berat kisaran 1,3 – 1,7 Kilogram per buah. Pada kondisi maksimal buahnya bisa mencapai berat 2 Kilogram.

Dari segi bisnis ukuran buah yang besar tentunya bisa mendatangkan keuntungan yang besar pula. Mengingat alpukat biasanya dijual berdasarkan beratnya bukan jumlah buahnya.

Silahkan Baca Penjelasan Lengkap Karakteristik Alpukat Kendil.

Alpukat Aligator

Dari namanya terdengar cukup mengerikan dan ternyata tampilan buah alpukat ini memang sangat. Alpukat jumbo berbentuk lonjong ini diberikan nama Aligator. Jika diperhatikan sebenarnya bentuk alpukat ini mirip gitar spanyol, pada bagian bawah menggelembung dan semakin ke atas dibagian leher semakin kecil.

Varietas unggul ini dapat menghasilkan buah dengan berat kisaran 700 Gram sampai 1,2 Kilogram per buah. Ukuran buah ini ditunjang dengan daging tebal karena ukuran bijinya yang relatif lebih kecil.

Budidaya tanaman alpukat jenis aligator ini sangat menguntungkan karena memiliki tingkat produktifitas yang sangat tinggi. Untuk satu pohon alpukat aligator dapat menghasilkan buah sampai 100 Kilogram.

Lihat reviwe lengkap Karakteristik Alpukat Aligator.

Alpukat Wina

Alpukat dengan bentuk hampir bulat sempurna ini pun masuk kategori jumbo. Berat buah alpukat wina mulai dari 800 Gram sampai 1,8 Kilogram. Bahkan pada kondisi tertentu berat buahnya bisa mencapai 2 Kilogram.

Dengan tampilan bulat yang unik disertai daging buah yang tebal tak heran ketika banyak pecinta buah yang menjadikannya pavorit. Keunikan lainnya adalah daya tahan penyimpanannya yang sangat lama. Sejak di petik dari pohonnya buah alpukat ini bisa disimpan selama 15 hari.

Jika anda ingin menjadikan varietas ini sebagai komoditas bisnis tentunya akan sangat menguntungkan. Anda bisa mengirim hasil panen ke berbagai daerah tanpa takut rusak atau busuk.

Baca Ulasan lengkap tentang Karakteristik Alpukat Wina.

Alpukat Markus

Alpukat markus merupakan jenis alpukat yang berasal dari Hawai. Varietas ini merupakan unggulan dan juga masuk kategori jumbo. Berat buahnya berkisar 1-2 Kilogram. Pada kondisi dan perlakuan tertentu bisa lebih dari ukuran tersebut.

Bentuk buahnya tidak terlalu bulat, tetapi juga tidak memiliki leher buah yang terlalu jelas. Dengan ukuran buah yang besar ini tentunya juga memiliki daging yang tebal. Citarasa dagingnya pun tidak kalah dengan alpukat unggul lainnya.

Alpukat markus layak dimasukkan dalam daftar rencana budidaya alpukat secara komersil. Alpukat ini dapat tumbuh pada lahan yang berada di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Simak pembahasan lengkap Karakteristik Alpukat Markus.

Cara Budidaya Alpukat

Selain memilih bibit unggul budidaya alpukat juga membutuhkan faktor lain untuk dapat tumbuh subur dan berbuah lebat. Oleh karena itu jika berniat membudidayakan tanaman alpukat untuk tujuan bisnis sebaiknya memahami teknik budidaya dan faktor penunjangnya terlebih dahulu.

Meskipun pada dasarnya alpukat memiliki tingkat adaptasi yang sangat tinggi namun tetap harus diciptakan kondisi ideal untuk mendapatkan hasil maksimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menanam alpukat adalah sebagai berikut.

  1. Syarat tumbuh tanaman alpukat. Untuk dapat tumbuh optimal tanaman alpukat juga membutuhkan iklim, ketinggian dan jenis tanah yang ideal.
  2. Pemilihan bibit unggul. Pastikan anda membeli bibit unggul pada penjual terpercaya sehingga mendapatkan kualitas yang baik.
  3. Perawatan tanaman. Hal penting dalam budidaya adalah perawatan dan bisa dikatakan sebagai kunci sukses dari proses budidaya tanaman. Perawatan tanaman secara umum adalah penyiraman, pemberantasan gulma, pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit.

Jika anda belum memiliki gambaran teknik budidaya tanaman alpukat yang benar. Silahkan baca pembahasan Cara Menanam Alpukat Agar Berbuah Lebat.

Pertimbangan Memilih Varietas Unggul Untuk Budidaya

Bagaimana? sudah membaca ulasan masing-masing jenis alpukat jumbo di atas? Anda tertarik menanam salah satu atau beberapa jenis tersebut? Sebelum menentukan pilihan anda masih bisa membuat pertimbangan lain. Karena pada dasarnya memilih varietas alpukat tertentu untuk dibudidayakan tidak hanya melihat dari ukurannya saja.

Pertimbangan lain yang bisa anda lakukan adalah masalah harga, waktu berbuah, serta media penanaman yang digunakan. Silahkan lihat review berikut ini.

Sekarang anda sudah bisa memilih varietas unggulan mana yang memang sesuai untuk anda. Mana yang kemungkinan bisa memberikan keuntungan yang besar.

Demikian pembahasan tentang Jenis Alpukat Jumbo. Silahkan tentukan varietas mana yang akan anda budidayakan. Semoga informasi ini bermanfaat.