Jenis Buah Naga Berdasarkan Pohon Dan Buahnya

Pohon buah naga menjadi salah satu komoditas pertanian yang banyak dibudidayakan oleh petani karena permintaan pasar yang cukup tinggi. Jenis buah naga pun sangat beragam dan memiliki keunggulan tersendiri. Setiap jenis memiliki karakteristik kandungan tersendiri sehingga menjadi salah satu buah primadona para pecinta buah.

Jenis Buah Naga Berdasarkan Buahnya

Jenis buah naga dibedakan berdasarkan karakteristik warna kulit dan daging buahnya. Selain itu kandungan dari masing-masing jenis juga berbeda-beda. Tentu saja manfaat yang didapatkan untuk perawatan kesehatan tubuh berbeda-beda pula. Berikut ini penjelasan masing-masing dari varietas buah naga tersebut.

Buah Naga Putih

Buah naga putih merupakan jenis buah naga yang memiliki daging berwarna putih. Sementara warna kulitnya sama dengan warna buah naga pada umumnya yaitu berwana merah. Jenis buah naga ini dikenal dengan nama ilmiah Hylocereus Undatus.

Ukuran buah naga putih cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan buah naga merah. Berat buah naga ini hanya berkisar 450-600 gram perbuah. Dari segi rasa pun tidak terlalu manis karena hanya memiliki kandungan gula berkisar antara 10-13% saja.

Buah Naga Merah

Jenis buah naga yang kedua adalah buah naga merah. Varietas ini paling banyak ditemukan di pasaran pada masa awal buah naga dikenal sebagai buah-buahan yang dapat dikonsumsi. Dari segi kulit warna buah naga merah lebih pekat dibandingkan buah naga putih. Daging buahnya juga berwarna merah.

Buah naga merah dikenal dengan nama latin Hylocereus Polyrhizus. Dengan kadar gula berkisar antara 13-15 Briks buah naga merah memiliki rasa yang lebih manis dari buah naga putih. Selain itu kadar airnya juga cenderung lebih tinggi. Buah naga ini sangat cocok dijadikan olahan jus yang segar.

Buah Naga Kuning

Jenis buah naga yang ketiga adalah buah naga kuning. Karakteristik buah ini sangat menonjol karena warna kulit buahnya yang berwarna kuning. Sementara daging buahnya berwarna putih.

Nama latin dari buah naga kuning adalah Selenicereus Megalanthus. Buah nagayang satu ini memiliki ukuran buah yang lebih kecil dibandingkan dengan buah naga lainnya karena hanya berukuran sekitar 80-100 gram saja. Meskipun ukurannya kecil tetapi merusakan buah naga dengan rasa yang paling manis. Kandungan gulanya berkisar antara 15-17 Briks. Sampai saat ini masih jarang yang membudidayakan varietas ini sehingga sangat langka dan harga buah naga ini cenderung lebih mahal.

Buah Naga Hitam

Jenis buah naga yang satu ini juga cenderung memiliki keunikan jika dilihat dari daging buahnya yang berwarna hitam. Dari warna kulitnya hampir sama saja dengan buah naga merah. Karakteristik lain bisa ditemukan pada bentuk sisiknya yang cenderun lebih besar.

Buah naga hitam ini merupakan jenis buah naga yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Buah ini dihasilkan dari persilangan buah naga super merah dengan treatment pemberian pupuk hitam. Warna daging yang kehitaman sendiri sebenarnya adalah warna merah yang sangat pekat.

Buah Naga Orange

Buah naga orange ini merupakan jenis buah naga yang paling langka, baik itu di Indonesia maupun di luar negeri. Bahkan untuk mendapatkan bibitnya pun masih sangat susah karena dikembangkan melalui biji bukan stek.

Pada dasarnya jenis ini masih serumpun dengan buahn anga kuning. Hanya saja warna kulit buah yang cenderung berwarna orange dan daging buahnya berwarna merah.

Buah Naga Super merah

Buah naga super merah merupakan pavorit para petani karena merupakan jenis yang paling laku dipasaran. Secara sepintas varietas ini sama saja dengan buah naga merah. Namun jika dilihat lebih teliti lagi daging buah lebih merah pekat.

Tingkat rasa manisnya pun lumayan tinggi yaitu berkisar antara 12-18 Briks. Nama latin dari buah naga super merah adalah Hylocereus Costaricensis.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga menjadi pavorit bukan karena rasanya yang manis saja. Jenis buah ini juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makan dan minuman yang enak. Selain itu kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah naga juga sangat baik untuk perawatan kesehatan.

Adapun kandungan nutrisi dalam buah naga adalah sebagai berikut:

  1. Vitamin C
  2. Vitamin B2
  3. Vitamin B3
  4. Magnesium
  5. Zat Besi
  6. Kalsium
  7. Antioksidan

Untuk pembahasan lengkapnya silahkan baca manfaat buah naga.

Karakteristik Pohon Buah Naga

Buah naga merupakan terjemahan langsung dari bahasa inggris yaitu Dragon Fruit. Penamaan dragon friut ini sudah dikenal sejak tahun 1963 dengan melihat karakteristik buahnya yang bersisik seperti naga. Tanaman ini juga sering disebut sebagai bunga bulan atau ratu malam karena memiliki bunga yang mekar pada malam hari dan hanya bertahan 24 jam saja.

Buah naga termasuk tumbuhan merambat sehingga dalam proses budidayanya dibutuhkan tempat untuk berupa tiang untuk tempat merambatnya. Secara sepintas pohon buah naga mirip tanaman kaktus.

Untuk anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman buah yang satu ini silahkan baca pembahasan Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah.

Demikian pembahasan tentang Jenis buah naga. Semoga informasi pertanian ini bermanfaat!