Penyakit Bacterial Canker Dan Cara Pengendalian

Penyakit bacterial canker merupakan salah satu jenis penyakit tanaman yang menyerang bagian daun. Secara singkat serangan penyakit ini dapat ditandai dengan adanya Bintik-bintik basah pada daun. Bintik-bintik menjadi kering dan jatuh – “lubang tembak”. Bercak datar berwarna coklat tua pada buah-buahan. Bisa juga mempengaruhi kulit cabang.

Apa Itu Penyakit Bacterial Canker?

Kanker bakteri adalah penyakit yang disebabkan oleh dua bakteri berkerabat dekat yang menginfeksi daun dan batang plum, ceri, dan spesies Prunus terkait. Bakteri ini biasanya berdiam di permukaan daun.

Selama cuaca basah di musim semi atau awal musim panas, dapat masuk melalui pori-pori alami daun, menyebabkan infeksi berkembang pada daun muda. Saat daun matang, infeksi ini terungkap sebagai bercak kecil dari jaringan yang sakit yang secara bertahap menjadi nekrotik. Perluasan daun yang sedang berlangsung menyebabkan robek dan jatuhnya tambalan yang mati ini.

Kanker berkembang pada pucuk ketika bakteri masuk ke jaringan melalui luka atau bekas daun pada saat daun rontok. Kanker tetap tidak aktif selama musim panas, ketika jaringan tahan, dan selama musim gugur dan musim dingin ketika suhu rendah.

Gejala Serangan

Penyakit tanaman yang menyerang bagian daun ini dapat menyerang tanaman Saat daun dewasa, bintik-bintik menjadi coklat, kering, dan rapuh. Akhirnya, area yang terinfeksi rontok dan daun memiliki penampilan ‘lubang tembak’ atau compang-camping. Bintik-bintik datar, dangkal, dan coklat tua berkembang pada buah yang terinfeksi. Jaringan di bawahnya berwarna coklat tua sampai hitam dan terkadang seperti spons. Bunga yang terinfeksi tampak basah kuyup, berubah warna menjadi coklat, layu, dan tetap tergantung di ranting.

Kanker khas berkembang di dasar taji yang terinfeksi, sering disertai cairan bergetah. Area yang terinfeksi agak cekung dan berwarna coklat tua. Kanker pertama kali terlihat pada akhir musim dingin atau awal musim semi. Di musim semi, kanker menghasilkan permen karet yang menembus kulit kayu. Kanker musim dingin serupa, tetapi biasanya lebih lembut, lembab, cekung, dan berbau asam.

Tanaman Yang Diserang

Penyakit daun ini menyerang beberapa jenis tanaman seperti:

  1. Apel
  2. Ceri
  3. Persik
  4. Pir

Cara Pengendalian Penyakit Bacterial Canker

Cara pengendalian penyakit Bacterial canker dapat dilakukan dengan cara pengendalian hayati dan pengendalian kimiawi. Namun paling penting adalah melakukan langkah pencegahan dengan cara budidaya yang tepat.

  • Pengendalian Hayati

Bakterisida organik yang mengandung senyawa tembaga atau campuran Bordeaux memberikan pengendalian fase kanker yang esien dari penyakit di musim gugur dan musim semi. Kontrol nematoda cincin.

  • Pengendalian Kimiawi

Selalu pertimbangkan pendekatan terintegrasi dengan tindakan pencegahan bersama dengan perawatan biologis jika tersedia. Bakterisida tembaga direkomendasikan untuk mengobati kanker bakteri secara efektif.

Menambahkan besi klorida atau mancozeb ke cupric hydroxide memberikan kontrol yang baik terhadap strain yang mengembangkan resistensi selama bertahun-tahun.

  • Langkah Pencegahan
  1. Gunakan hanya benih atau tunas dari pembibitan bersertikat.
  2. Tanam varietas yang tahan banting, jika tersedia di area tersebut.
  3. Pilih lokasi yang terkena angin untuk mengurangi kelembapan.
  4. Pantau kebun untuk gejala penyakit secara teratur.
  5. Hindari pupuk kaya nitrogen tetapi tetap berikan pupuk yang sesuai.
  6. Potong semua area yang terkena kanker hingga ke kayu yang sehat.
  7. Pangkas segera setelah panen agar luka bisa sembuh lebih baik.
  8. Dalam kedua kasus tersebut, tutupi luka pemangkasan dengan cat yang sesuai.
  9. Hancurkan bahan pohon yang terkena dengan membakar atau membuangnya ke tempat pembuangan sampah.

Baca Juga: Jenis Penyakit Pada Tanaman Apel.

Demikian pembahasan tentang penyakit Bacterial Canker pada tanaman serta cara pengendaliannya, semoga bermanfaat!