Penyakit Bercak Daun Apel Dan Cara Pengendalian

Penyakit bercak daun pada tanaman apel merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menyebabkan Deformasi daun.
Bercak daun. Daun prematur jatuh, pertumbuhan terhambat. Dampaknya berpengaruh juga terhadap produksi buah sehingga bisa menyebabkan kerugian.

Apa Itu Penyakit Bercak Daun Apel?

Penyakit ini disebabkan oleh virus dari kelompok Trichovirus, dan merupakan salah satu virus paling penting secara ekonomi yang mempengaruhi buah batu dan pome. Penyakit ini ditularkan melalui perbanyakan vegetatif, okulasi dan kerja pucuk.

Virus ini dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan produktivitas apel. Tidak adanya gejala yang terlihat pada sebagian besar pohon yang terinfeksi meningkatkan risiko penyebaran stok yang terinfeksi secara tidak sengaja. Virus ini dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan produktivitas apel hingga 30%.

Gejala Serangan

Penyakit tanaman ini dapat menimbulkan gejala yang beragam, tergantung pada strain virus dan spesies inang atau kultivar yang terinfeksi. Namun, pada kebanyakan kultivar, virus ini bersifat laten, yang berarti pohon yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala yang dapat diamati.

Gejala pada daun ditandai dengan bercak dan pola garis daun klorosis serta dapat menyebabkan daun rontok secara prematur. Pohon tampak kerdil dalam pertumbuhannya dan kulit bagian dalam serta tunas yang sakit berwarna hitam. Kematian terminal juga merupakan gejala nyata dari virus. Ini juga dapat menyebabkan bintik-bintik cekung hijau tua atau garis bergelombang pada daun apel.

Cara Pengendalian Penyakit Bercak Daun Apel

Sampai hari ini, kami tidak mengetahui metode pengendalian biologis dan kimiawi yang tersedia untuk melawan penyakit daun ini. Jika Anda mengetahui metode yang berhasil untuk mengurangi insiden atau beratnya gejala, silakan hubungi kami. Sebagai alternatif untuk mengatasi penyakit bercak daun pada tanaman apel silahkan lakukan langkah pencegahan.

  • Langkah Pencegahan
  1. Kembangkan hanya bahan dan varietas bersertikat yang tahan dan bebas virus.
  2. Menghindari infeksi adalah cara terbaik untuk mencegah masuknya virus ke kebun baru.

Baca Juga: Penyakit Antraknosa Pada Tanaman Apel Dan Cara Pengendaliannya.

Demikian pembahasan tentang penyakit bercak daun pada tanaman apel dan cara pengendaliannya, semoga bermanfaat!