Penyebab Penyakit Busuk Buah Kakao, Gejala dan Cara Mengatasinya

Penyakit busuk buah pada tanaman kakao merupakan jenis penyakit yang sangat meresahkan para petani kakao. Busuk buah ini tidak hanya menyerang buah kakao kecil tetapi juga buah kakao yang sudah besar. Dampaknya sudah bisa dipastikan bahwa akan terjadi gagal panen.

Untuk mencari tahu obat busuk buah pada kakao tentunya harus dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Hal ini sangat penting agar tidak menyalahkan obat kakao busuk yang dianggap tidak berhasil. Artinya bahwa jika penyebabnya sudah diketahui maka pendendaliannya juga bisa tetap.

Penyebab Penyakit Busuk Buah Pada Tanaman Kakao

Secara umum penyebab penyakit busuk buah kakao yaitu karena jamur dan faktor lingkungan. Berikut ini penjelasannya secara lengkap.

JamurPhytophthora Palmivora

Phytophthora Palmivora merupakan salah satu patogen tumbuhan yang menyerang berbagai tumbuhan budidaya. Anggota Oomycetes ini memiliki spektrum target yang luas, baik tumbuhan monokotil maupun dikotil. Tanaman budidaya yang biasa diserangnya adalah berbagai palma seperti kelapa dan enau, kakao, serta beberapa tanaman buah-buahan. (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Phytophthora_palmivora)

Jamur Phytophthora Palmivora membentuk struktur sporangium yang berbentuk seperti buah peer. Sporangium dapat berkecambah secara langsung atau membentuk spora kembara yang dapat berenang. Jamur
Phytophthora Palmivora dapat membentuk struktur tahan klamidospora dan spora seksual oospora.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan pada dasarnya akan tetap berhubungan dengan jamur
Phytophthora Palmivora. Artinya bahwa faktor lingkungan memiliki pengaruh sangat penting dalam perkembangan jamur tersebut. Adapun faktor lingkungan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Kelembaban Udara: Kelembaban udara lebih dari 95% sangat memudahkan spora jamur Phytophthora Palmivora sangat mudah berkecambah dan menginfeksi buah kakao.
  2. Temperatur: Suhu rendah 15 derajat celcius sangat memicu tingginya serangan penyakit.
  3. Curah Hujan: Curah hujan tinggi memudahkan penyebaran spora dari sumber penyakit ke bagian tanaman yang masih sehat.
  4. Pohon Pelindung: Pohon pelindung yang terlalu lebat dan menaungi tanaman kakao juga memicu serangan penyakit karena tingkat kelembaban yang sangat tinggi.
  5. Binatang: Binatang menjadi salah satu hama yang dapat merusak tanaman kakao, selain itu binatang tersebut juga bisa menjadi agen penyebaran penyakit dari bagian tanaman ke tempat lainnya.

Gejala Serangan Busuk Buah Kakao

Untuk memudahkan petani dalam melakukan identifikasi terhadap serangan penyakit buah pada tanaman kakao. Maka bisa dikenali dengan ciri-ciri gejalanya. Adapun gejala penyakit busuk buah kakao adalah sebagai berikut:

  1. Adanya bercak pada permukaan buah.
  2. Umumnya bercak mulai muncul pada ujung atau pangkal buah yang sifatnya lembab.
  3. Bercak akan terus menyebar dan membesar kemudian berubah warna menjadi hitam.
  4. Pada permukaan buah tampak miselium dan spora jamur.

Cara Mengatasi Penyakit Busuk Buah Pada Tanaman Kakao

Untuk mengatasi penyakit busuk buah pada tanaman kakao bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

  1. Pemilihan bibit unggul yang tahan terhadap serangan jamur Phytophthora Palmivora.
  2. Mengurangi tingkat kelembaban kebun dengan pembuatan drainase.
  3. Pemangkasan pohon pelindung untuk mengurangi tingkat kelembaban udara.
  4. Pengaturan jarak tanam baik antar tanaman kakao maupun kakao dengan pohon pelindung.
  5. Penyemprotan agen hayati seperti Trichoderma yang diarahkan pada buah yang sehat.
  6. Pemetikan buah yang terdampak penyakit setiap 2 hari sekali lalu dibenamkan/ ditanam ke dalam tanah agar tidak menularkan penyakit pada buah yang sehat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Pada Tanaman Vanili.

Demikian informasi tentang penyakit busuk buah pada tanaman kakao. Semoga bisa membantu untuk mengatasi masalah busuk buah tanaman kakao. Selanjutnya silahkan cari fungisida untuk busuk buah coklat atau kakao atau obat semprot hama coklat, atau pupuk buah kakao.