Penyakit Embun Tepung Dan Cara Pengendalian

Penyakit embun tepung merupakan salah satu jenis penyakit daun yang menyerang berbagai jenis tanaman. Tepung menutupi daun yang bisa dibersihkan. Namun serangan penyakit ini tentunya sangat merugikan petani apalagi jika tujuan budidaya untuk kebutuhan agribisnis.

Apa Itu Penyakit Embun Tepung?

Penyakit tanaman ini disebabkan oleh Spora jamur melewati musim dingin di dalam kuncup dan sisa-sisa tanaman lain. Angin, air dan serangga memindahkan spora ke tanaman terdekat. Walaupun ini adalah jamur, embun tepung dapat berkembang cukup normal dalam kondisi kering.

Jamur ini bertahan pada suhu antara 10 – 12°C, namun kondisi optimal terjadi pada suhu 30°C. Berlawanan dengan embun bulu, penyebaran embun tepung dipercepat oleh sedikit curah hujan dan embun pagi yang teratur.

Gejala Serangan

Pada awalnya, bintik-bintik kuning muncul di sisi atas daun. Pada tahap penyakit selanjutnya, lapisan tepung berwarna keputihan, setelah itu keabu-abuan, menutupi dan menyebar pada daun, batang dan buah.

Jamur ini mengambil nutrisi dari tanaman dan lapisan yang terlihat seperti debu pada daun ini menghambat fotosintesis, sehingga pertumbuhan tanaman terhambat. Ketika penyakit berkembang, bagian yang terinfeksi mengerut, daun rontok dan tanaman mungkin mati. Berlawanan dengan Embun Bulu, Embun Tepung dapat dikendalikan sampai batas tertentu.

Tanaman Yang Diserang

Penyakit daun yang disebabkan oleh jamur ini dapat menyerang berbagai jenis tanaman budidaya. Beberapa tanaman yang diserang oleh penyakit embun tepung adalah sebagai berikut:

  1. Apel
  2. Buncis
  3. Pare
  4. Kubis
  5. Kanola
  6. Ceri
  7. Kacang Arab
  8. Jeruk
  9. Kopi
  10. Kapas
  11. Mentimun
  12. Terong
  13. Lentil Hitam dan kacang hijau
  14. Lentil
  15. Jagung
  16. Singkong
  17. Melon
  18. Okra
  19. Bawang
  20. Tanaman hias
  21. Kacang ercis
  22. Persik
  23. Kacang Tanah
  24. Pir
  25. Kacang gude dan lentil merah
  26. Labu
  27. Kentang
  28. Sorgum
  29. Tebu
  30. Tomat
  31. Mentimun Jepang

Cara Pengendalian Penyakit Embun Tepung

Cara pengendalian penyakit embun tepung dapat dilakukan dengan pengendalian hayati dan pengendalian kimiawi. Namun tentunya akan lebih baik jika melakukan langkah pencegahan terlebih dahulu.

  • Langkah Pencegahan
  1. Gunakan varietas yang tahan atau toleran terhadap penyakit ini.
  2. Tanam tanaman dengan jarak yang cukup untuk menjaga peredaran udara yang baik.
  3. Amati lahan secara teratur untuk menilai munculnya penyakit atau hama.
  4. Buang daun yang terinfeksi ketika bintik-bintik pertama muncul.
  5. Jangan menyentuh tanaman yang sehat setelah menyentuh tanaman yang terinfeksi.
  6. Lapisan mulsa tebal dapat mencegah penyebaran spora dari tanah ke daun.
  7. Dalam beberapa kasus, rotasi dengan tanaman yang tidak rentan dapat berhasil.
  8. Pupuk dengan pasokan unsur hara yang seimbang.
  9. Hindari perubahan suhu yang ekstrim.
  10. Bajak tanah dengan baik setelah panen untuk menggali sisa tanaman jauh ke dalam tanah.
  11. Buang sisa-sisa tanaman setelah panen.
  • Pengendalian Hayati

Untuk kebun, larutan air susu tampaknya bekerja sebagai fungisida alami. Aplikasikan larutan ini pada daun setiap hari kedua. Perawatan rumahan ini bekerja dengan baik khususnya pada keluarga Cucurbitaceae (mentimun, timun Jepang, labu) dan beri. Jenis embun tepung berbeda tergantung
pada inangnya, dan larutan ini mungkin tidak efektif untuk semua jenis. Jika tidak ada kemajuan terlihat, cobalah larutan bawang putih atau sodium bikarbonat. Perlakuan hayati komersial juga tersedia.

  • Pengendalian Kimiawi

Selalu pertimbangkan pendekatan terpadu berupa tindakan pencegahan bersama dengan perlakuan hayati jika tersedia. Mengingat jumlah tanaman yang rentan terhadap embun tepung, sulit untuk menyarankan perlakuan kimiawi tertentu. Fungisida berbasis sulfur yang dapat dibasahi (3g/l), heksakonazol, triumizol, miklobutanil (seluruhnya 2 ml/l) nampaknya dapat mengendalikan penyebaran jamur ini pada beberapa tanaman.

Baca Juga: Jenis Penyakit Pada Tanaman Apel.

Demikian pembahasan tentang penyakit embun tepung pada daun tanaman, semoga bermanfaat!