Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Jamur Tiram

Penyakit Jamur Tiram. Salah satu tantangan dalam budidaya tanaman adalah adanya kemungkinan serangan hama dan penyakit. Jenis hama dan penyakit setiap tanaman berbeda-beda. Tentu saja cara pengendaliannya pun berbeda-beda pula.

Jenis Hama Dan Penyakit Jamur Tiram

Untuk bisa sukses membudidayakan jamur tiram maka salah satu hal yang perlu diketahui adalah jenis hama yang mungkin bisa menyerang. Sehingga apabila terjadi serangan hama atau penyakit bisa dilakukan penanggulangan. Atau akan lebih baik jika dilakukan pencegahan dari awal.

Hama Jamur Tiram

Hama yang bisa menyerang budidaya jamur tiram tergolong sangat banyak. Bahkan untuk mengidentifikasinya pun akan sangat sulit. Karena hama yang menyerangnya memang sangat kecil dari segi ukuran. Berikut ini hama pada tanaman jamur tiram.

  • Ulat

Salah satu hama yang menyerang jamur tiram adalah ulat. Hama ulat dapat muncul karena tempat terlalu lembab, kotor dan kondisi kumbung yang kurang terawat. Hama ulat ini bisa dicegah dengan cara berikut ini:

  1. Selalu membersihkan kumbung dan rak jamur. Angkat sisa bonggol jamur dan jamur yang tidak bisa dipanen.
  2. Bersihkan juga jamur-jamur kecil yang disebut dengan jamur hama.
  3. Membangun ventilasi udara di kumbung. Bukalah lubang ventilasi udara saat musim hujan dan hentikan penyiraman. Hama ulat sering muncul ketika memasuki musim hujan. Saat itu kelembapan udara sangat tinggi sehingga tempat menjadi basah.
  • Kepik

Hama lainnya yang biasa menyerang jamur tiram adalah kepik. Hama kepik ini muncul karena adanya pangkal jamur yang masih tertanam di baglog.

Kepik merupakan cikal bakal datangnya hama ulat juga. Untuk mencegah hama kepik, bersihkanlah kumbung dan semprot dengan formalin. Selain itu, jangan meletakkan kumbung terlalu dekat dengan kandang ternak.

Jenis Hama lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Megaselia: larvanya akan memakan jamur
  2. Lycoriella: problem yang paling sering terjadi. Larva benar-benar merusak. Genus ini mudah diidentifikasi dari kepalanya yang hitam pada larva dan sayap. Umumnya muncul dari udara atau tanaman sekitar. Jamur liar merupakan makanan alami mereka.
  3. Mycophila: larva berwarna oranye.
  4. Heteropeza: serangga sangat kecil.
  5. Nematoda: cacing berukuran sangat kecil dapat memakan jamur.
  6. Tungau: memakan jamur secara langsung dan menyebabkankerusakan jamur
  7. Hama lain yang perlu diperhatikan adalah siput, cacing, tikus.

Penyakit Pada Jamur Tiram

Sementara jenis penyakit yang bisa menyerang jamur tiram adalah sebagai berikut:

  1. Tra.Trichoderma: Jamur berwarna hijau ini umum menyerang jamur tiram. Umumnya berasal dari udara atau dari pekerja.
  2. Verticillium: Gelembung-gelembung kering menyebabkan distorsi dan bercak.
  3. Pseudomonas tolaasii
  4. Virus: menyebabkan perubahan warna jamur
  5. Jamur lendir: menjadikan penampakan jamur tidak menarik

Untuk mencegah munculnya hama dan penyakit pada budidaya jamur tiram, maka perawatan baglog jamur tiram harus diperhatikan. Hama dan penyakit bisa menyerang jamur tiram kapan saja sehingga pencegahan adalah hal penting yang harus Anda dilakukan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Anggur

Faktor Lingkungan

Lingkungan merupakan faktor utama yang dapat menyebabkan tumbuhnya hama dan penyakit. Kelainan karena kondisi lingkungan yaitu Batang memanjang. Merupakan penyakit fisiologi yang disebabkan oleh kelebihan karbon dioksida, ventilasi yang kurang, dapat juga disebabkan kurangnya cahaya biru.

Perhatikan pula jangan sampai kelebihan air karena akan mengganggu udara mencapai substrat. Miselium tidak dapat menggunakan substrat yang terlalu basah.

Untuk mencegahnya, lakukan penyemprotan formalin di daerah sekitar kumbung secara berkala.

Serangan hama dan penyakit pada tanaman jamur tiram bisa diminimalisir sejak awal. Salah satunya dengan menggunakkan Pupuk Organik Cair Herbafarm saat persiapan media tanam baglog maupun saat penanaman sampai perawatan bibit jamur tiram.

Pupuk Organik Cair Herbafarm memiliki bakteri premium yang dapat menunjang kekebalan terhadap penyakit pada tanaman. Sekaligus kualitas organik pada tanaman jamur tiram lebih terjamin.

Pastikan untuk hasil panen jamur tiram yang berkualitas dan hasilnya memuaskan, untuk mengkombinasikan dengan Pupuk Organik Cair Herbafarm.