Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Porang

Penyakit Porang. Sebagaimana diketahui bahwa sebelum porang dibudidayakan oleh petani, tumbuhan tersebut tumbuh liar di hutan. Artinya bahwa tanaman porang dapat tumbuh tanpa perawatan. Tapi apakah tumbuh dengan subur dan bebas penyakit?

Faktanya adalah tanaman porang juga terserang penyakit yang disebabkan oleh jamur. Sementara hama untuk tanaman ini berupa ulat, belalang dan nematoda yang bisa merusak tanaman. Selain itu ada hama besar yang juga merupakan hama semua tanaman yaitu babi hutan, landak dan tikus.

Cara Mengatasi Hama Tanaman Porang

Agar tanaman porang bisa tumbuh optimal maka perlu dilakukan pengendalian yang tepat terhadap serangan hama. Cara pengendalian bisa dilakukan berdasarkan jenis hama yang menyerang.

  • Ulat Makasar Orketti: Jenis ulat ini adalah hama yang menyerang daun porang. Daun porang akan dimakan hingga berlubang dan menyebabkan terganggunya proses fotosintesis. Akibatnya tentu saja pertumbuhan porang akan terganggu. Cara mengatasinya adalah menggunakan pestisida dengan dosis yang tepat.
  • Ulat Umbi Araechenes. Hama yang satu ini secara langsung akan menyerang umbi porang. Apabila terjadi serangan hama ini maka kualitas umbi porang akan menurun. Masalahnya adalah sangat sulit mendeteksi serangannya karena umbi porang berada di dalam tanah sehingga hanya perlu dilakukan pencegahan. Caranya adalah dengan melakukan teknik budidaya porang yang tepat.
  • Nematoda. Hama yang satu ini merupakan jenis cacing namun berukuran lebih kecil dari cacing pada umumnya. Nematoda menyerang akan dan umbi porang yang dapat menyebabkan kebusukan umbi. Sama halnya dengan ulat umbi mendeteksi hama ini juga susah. Maka silahkan lakukan pencegahan dengan perawatan yang baik.
  • Belalang. Belalang menjadi salah satu yang menjadi musuh semua petani. Meski ada jenis belalang merupakan musuh alami hama lain yaitu belalang sembah. Belalang akan memakan daun porang dan menyebabkan daun berlubang. Akibatnya adalah proses fotosintesis menjadi kurang maksimal dan pertumbuhan menjadi lebih lambat.
  • Hama Babi, Landak dan Tikus. Jenis hama ini pada dasarnya akan mengincar umbi porang. Namun sebelumnya tentu akan merusak tanaman porang secara umum. Meski pada dasarnya umbi porang memiliki kandungan Kalsium Oksalat yang dapat menyebabkan gatal pada lidah dan kerongkongan sehingga membuat apapun yang memakannya bisa muntah-muntah. Oleh karena itu untuk hama ini perlu pencegahan agar tidak memasuki lahan budidaya saja.

Cara Mengatasi Penyakit Porang

Selain hama tantangan budidaya porang adalah kemungkinan serangan penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri dapat membuat pertumbuhan porang menjadi terhambat.

  • Penyakit Busuk Batang Semu. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Gejala penyakit ini bisa diidentifikasi dengan cepat karena cenderung berlendir dan berbau busuk.
  • Penyakit Layu Daun. Penyakit ini disebabkan oleh jamur seperti Sclerotium sp., Rhyzoctonia sp. dan Cercospora sp. Penyakit ini tidak berlendir tetapi terdapat miselium yang berkembangbiak pada tanaman tersebut.

Untuk mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur ini dapat menggunakan fungisida dan benlate.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah.

Cara Pencegahan

Meskipun ditemukan cara mengatasi masalah hama dan penyakit pada tanaman porang. Pada dasarnya akan lebih baik melakukan pencegahan agar tidak terjadi serangan hama dan penyakit. Caranya adalah dengan melakukan perawatan yang optimal.

  1. Persiapan bibit yang baik.
  2. Pengolahan tanah untuk lahan tanam yang tepat.
  3. Perawatan maksimal seperti penyiangan gulma secara teratur.
  4. Pemupukan yang efektif.

Penggunaan pupuk organik herbafarm dapat menjadi solusi pencegahan serangan hama. Dengan menggunakan pupuk herbafarm tanaman porang lebih kebal terhadap serangan hama dan penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Penggunaan pupuk herbafarm yang tepat mulai dari proses pembibitan, persiapan lahan, sampai pasca tanam akan sangat bagus hasilnya.

Silahkan Baca: Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Porang.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi hama dan penyakit pada budidaya porang. Semoga informasi ini bermanfaat.