Pohon Alpukat Tanpa Biji Harga Dan Cara Budidaya

Buah alpukat selama ini dikenal memiliki biji tunggal yang dibungkus oleh daging. Namun ternyata ada varietas pohon alpukat tanpa biji. Varietas ini mulai banyak dibudidayakan di Indonesia karena peminatnya di pasaran sudah mulai ramai. Lalu seperti apa ciri-ciri dan cara menanamnya.

Asal Usul Pohon Alpukat Tanpa Biji

Sumber: npr.org

Sebelum lanjut pada pembahasan cara menanamnya terlebih dahulu kita bahas tentang asal usul varietas alpukat yang satu ini.

Alpukat tanpa biji atau dikenal dengan nama Cocktail Avocado dengan nama latin persea americana berasal dari Spanyol. Jenis alpukat ini merupakan hasil rekayasa genetik dari pembentukan bunga yang belum dieleminasi. Alpukat koktail pertama kali dirilis pada tahun 2017 oleh marks and spencer yang merupakan peritel multinational asal Inggris.

  • Ciri-ciri Alpukat Tanpa Biji

Salah satu keunikan dari alpukat tanpa biji ini adalah bentuknya yang mirip mentimun dan cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan alpukat pada umumnya. Di dalam buah tidak terdapat biji atau semuanya berisi daging.

Tekstur dagingnya padat dan pulen. Selain itu rasanya nikmat dan gurih serta memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

Harga Alpukat Tanpa Biji

Alpukat tanpa biji sudah banyak beredar di pasaran. Bisa dibeli melalui toko offline dan online. Kisaran harga buah alpukat tanpa biji mulai dari dari 25.000/ kg sampai 45.000/ kg.

Untuk anda yang ingin membudidayakan pohon alpukat tanpa biji bisa membeli bibitnya secara online. Bibitnya sudah banyak dijual di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan toko online khusus pertanian lainnya. Untuk harganya sangat beragam mulai dari 15.000/ pohon sampai 35.000/ pohon.

Cara Menanam

Pada dasarnya cara menanam alpukat tanpa biji sama saja dengan budidaya tanaman alpukat pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak dari cara mendapatkan bibitnya. Cara pembibitan tanaman alpukat tanpa biji bisa dilakukan dengan okulasi (Sambung Mata) dan sambung pucuk (Enten).

Baca: Cara Menanam Alpukat Di Kebun Agar Berbuah Lebat.

Alpukat tanpa biji cenderung lebih cepat berbuah yaitu hanya sekitar 1-4 tahun jika dibandingkan varietas alpukat lain pada umumnya yang membutuhkan waktu 6-8 tahun. Tanaman ini juga memiliki tingkat adaptasi yang tinggi yaitu bisa ditanaman pada dataran rendah dan dataran tinggi. Tentunya sangat cocok ditanam di pekarangan rumah.

Baca Juga: Pohon Alpukat Mentega Dan Ciri Buahnya.

Demikian pembahasan tentang pohon alpukat tanpa biji. Semoga informasi ini bermanfaat.