Pupuk Cair Organik Jenis Dan Manfaatnya

Pupuk cair organik merupakan salah satu jenis pupuk yang banyak digemari petani karena kemudahan dalam mengaplikasikannya. Jenis pupuk ini bisa didapatkan dengan cara membuat sendiri menggunakan bahan organik yang ada di sekitar atau membeli produk buatan pabrik. Pilihannya tentunya tergantung pada masing-masing petani tentunya.

Jenis Pupuk Cair Organik

Pupuk cair organik dapat dibedakan menjadi dua jika dilihat dari sumber atau bahan pembuatannya. Jenis yang pertama adalah dari bahan yang sudah berbentuk cairan yaitu dari urin hewan ternak. Sumber kedua berasal dari bahan organik berbentuk padat yang melewati proses ekstraksi terlebih dahulu.

Jika dilihat dari cara produksinya pupuk organik cair dapat dibedakan menjadi tiga yaitu pupuk yang diproduksi atau terjadi secara alamiah, melalui proses produksi secara mandiri oleh petani, dan proses produksi dari pabrik atau industri pembuatan pupuk organik.

  • Proses Alamiah

Pupuk organik yang diproses secara alamiah oleh hewan ternak cenderung lebih mudah mendapatkannya. Misalnya jika menggunakan urin kelinci, cukup menaruh wadah dibagian bawah kandang untuk setiap tetes urinnya. Pilihan urin kelinci pun bukan tanpa alasan. Sebagai hewan ternak yang jarang mengkonsumsi air ini dan cenderung memakan sayuran hijau dan sayuran dengan kadar air tinggi ini memiliki urin dengan kandungan N, P, K yang tinggi.

  • Proses Pembuatan Secara Mandiri

Pupuk organik cair juga dapat diperoleh dengan membuatnya dari bahan organik berbentuk padat dengan melakukan ekstraksi terlebih dahulu. Prosesnya bisa dilakukan secara mandiri oleh petani di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar baik berupa limbah sisa dapur atau limbah pertanian.

Memproduksi pupuk secara mandiri tentunya akan menghemat biaya. Hanya saja dibutuhkan waktu dan pengetahuan tentang takaran dan proses pembuatannya.

  • Pupuk Buatan Pabrik

Pilihan ini tentunya sangat mudah karena cukup membeli melalui toko pertanian atau agen penyalur. Hanya saja menggunakan pupuk cair dari pabrik tentunya membutuhkan tambahan biaya yang cukup besar karena harganya yang lumayan mahal dibandingkan pupuk anorganik.

Pupuk buatan pabrik memiliki panduan teknis penggunaan sehingga takaran dalam penggunannya akan lebih terukur. Salah produk pupuk organik cair terbaik buatan pabrik adalah Pupuk Herbafarm.

Manfaat Pupuk Organik Cair

Hal yang paling penting dipahami oleh petani dalam penggunaan pupuk cair adalah manfaat yang akan didapatkan. Jika membandingkan berdasarkan cara produksinya, pupuk yang diproduksi secara mandiri bisa disesuaikan dengan manfaat yang akan didapatkan. Artinya adalah bahan yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan misalnya khusus untuk pupuk daun, pupuk buah, atau perangsang tumbuh.

Sementara jika menggunakan pupuk buatan pabrik sudah ditentukan tersendiri manfaatnya apakah berlaku secara umum atau khusus untuk tujuan tertentu. Oleh karena itu sebelum membeli pupuk cair buatan pabrik harus tahu terlebih dahulu apakah jenis pupuk tersebut adalah pupuk khusus untuk buah, untuk daun atau pupuk yang komplit untuk semua kebutuhan tanaman.

Silahkan Baca pembahasan lengkap tentang Manfaat Pupuk Organik.

Cara Pemakaian

Salah satu alasan banyaknya peminat pupuk cair adalah karena kemudahan dalam penggunaannya. Pemakaian pupuk cair pada tanaman bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pemupukan.

  • Teknik Kocor

Teknik kocor atau siram adalah salah satu teknik yang biasa digunakan untuk pemupukan pada tanaman keras atau tanaman jangka panjang seperti mangga, cengkeh, durian, dan lainnya. Teknik ini dilakukan apabila teknik penyemprotan sudah tidak mampu menjangkau bagian tanaman secara keseluruhan.

  • Teknik Penyemprotan

Teknik penyemprotan ini dipilih untuk tanaman yang berukuran pendek atau tanaman musiman dan untuk tanaman jangka panjang yang masih berusia muda. Teknik penyemprotan ini cenderung lebih hemat penggunaan namun waktu aplikasinya lebih lama. Penyemprotan diarahkan pada bagian bawah daun agar kandungan pupuk dapat diserap secara langsung oleh stomata daun pada saat proses fotosintesis.

  • Teknik Injeksi

Teknik pemupukan ini dipilih apabila tanaman yang akan dipupuk sudah berusia sangat tua dengan diamteter batang yang sangat besar. Selain itu pertimbangan akar tanaman juga sudah sangat jauh dari area pohon sehingga sulit mendeteksi keberadaan akan yang akan menyerap nutrisi dalam tanah. Injeksi dilakukan dengan membuat lubang pada batang tanaman dan menyuntikkan pupuk cair ke dalamnya dengan takaran tertentu.

Cara Pembuatan

Jika anda tertarik untuk membuat pupuk cair sendiri di rumah maka anda harus tahu terlebih dahulu jenis bahan yang akan digunakan. Proses pembuatan dan takarannya pun harus sesuai dengan kebutuhan.

Silahkan Baca: Cara Membuat Pupuk Organik Cair.

Demikianlah pembahasan tentang pupuk cair organik yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya berbagai macam tanaman pertanian. Semoga informasi ini bermanfaat!