Pupuk Guano Kandungan Dan Manfaatnya

Salah satu jenis pupuk organik terbaik untuk budidaya pertanian adalah pupuk Guano. Pupuk organik ini memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh subur dan berproduksi secara maksimal. Sebagai pupuk organik padat tentunya pupuk ini sangat ramah lingkungan dan baik untuk ekosistem pertanian.

Apa Itu Pupuk Guano?

Pupuk guano adalah pupuk organik padat yang berasal dari kotoran kalelawar yang telah mengendap dalam waktu yang lama dan telah bercampur dengan tanah. Pupuk ini bisa didapatkan dari dalam goa tempat kalelawar bersarang.

Pemanfaatan Guano (dari Runa Simi ‘wanu’ melalui bahasa Spanyol) merujuk pada tinja burung laut dimulai oleh bangsa Inka yang mengumpulkan guano dari pesisir Peru untuk penyubur tanah.

Kandungan Pupuk Organik Guano

Pupuk guano memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Adapun kandungan lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Nitrogen (N)
  2. Posfor (P)
  3. Ammonia
  4. Asam Humat
  5. Asam Fulvat
  6. Asam Oksalat
  7. Asam Karbonat
  8. Garam Tanah
  9. Bakteri
  10. Mikrobiotik

Manfaat Guano

Pupuk organik padat dari kotoran Kalelawar ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tanah dan tanaman. Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dari aplikasi Guano pada budidaya tanaman:

  • Mengontrol Nematoda Merugikan Dalam Tanah

Nematoda merupakan jenis cacing yang bisa menjadi penyebab penyakit pada akar tanaman. Keberadaan nematoda dan upaya pengrusakannya bisa diatasi dengan menggunakan Guano.

  • Sebagai Dekomposer

Guano dapat dimanfaatkan sebagai dekomposer karena baik sebagai aktifator dalam pembuatan kompos sendiri. Jadi, bahan-bahan organik yang ada di dalam tanah bisa dirubah menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

  • Mempunyai Daya Kapasitor Yang Baik

Guano mempunyai daya kapasitas tukar kation yang sangat baik. Kemampuan ini memungkinkan tanaman mampu menyerap unsur yang bermanfaat yang terkandung dalam pupuk.

  • Memperbaiki Struktur Tanah

40% dari Guano merupakan material organik sehingga sangat baik untuk perbaikan struktur tanah baik secara fisik, kimia, dan biologi.

  • Sebagai Fungisida Alami

Kandungan bakteri dan mikrobiotik flora tidak hanya baik untuk pertumbuhan tanaman tetapi juga berperan sebagai fungisida alami.

  • Mengoptimalkan Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis merupakan cara tumbuhan untuk mengubah makanan menjadi energi. Dari proses inilah tercipta batang yang kuat dan daun-daun baru. Penggunaan guano akan sangat membantu tanaman untuk mengoptimasi proses fotosintesis.

  • Toleran Terhadap Semua Jenis Tanaman

Penggunaan pupuk guano dapat dimanfaatkan untuk budidaya semua jenis tanaman baik itu tanaman buah, tanaman perkebunan, tanaman pangan sayur bahkan tanaman hias.

  • Ramah Lingkungan

Salah satu manfaat dari pupuk organik adalah ramah lingkungan sehingga aman digunakan untuk budidaya berbagai jenis tanaman baik untuk lahan luas maupun pekarangan rumah.

Baca Juga: Pembahasan Lengkap Tentang Pupuk Kandang.

Demikianlah pembahasan tentang pupuk organik guano. Semoga informasi ini bermanfaat!