Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Alpukat

Salah satu kunci sukses dalam budidaya tanaman alpukat adalah cara pemupukan yang tepat. Pemupukan ini terkait jenis pupuk yang digunakan. Dosis pemakaian durasi atau interval pemupukan dan teknik pemupukannya. Untuk pengguna pupuk organik herbafarm bisa melihat cara pemakaian untuk tanaman alpukat berikut ini.

Petunjuk Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Alpukat

Pemakaian pupuk herbafarm pada tanaman alpukat sebaiknya disesuaikan dengan tahapan budidaya. Meskipun pada dasarnya penggunaan herbafarm diluar dari dosis anjuran tidak akan berdampak buruk bagi perkembangan tanaman tetapi jika berlebihan maka bisa menambah biaya operasional. Oleh karena itu penggunaan secara bijak akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Tahap Pembibitan Alpukat

Persiapan bibit alpukat adalah tahapan yang sangat penting. Jika terjadi keselahan pada tahapan ini akan berdampak buruk pada pertumbuhan alpukat nantinya. Oleh karena itu sangat perlu untuk mengetahui bagaimana aplikasi pupuk herbafarm pada proses persiapan bibit.

  • Persiapan Media Penyemaian

Aplikasi pertama dilakukan saat mempersiapkan media penyemaian. Pupuk yang digunakan adalah herbafarm granul. Dosisnya adalah 10 gram untuk 1 Polybag.

  • Persiapan Bibit

Penggunaan pupuk herbafarm berikutnya adalah pada saat persiapan bibit. Biji alpukat yang sudah disiapkan direndam terlebih dahulu dengan pupuk organik cair herbafarm sebelum dimasukkan ke Polybag. Perendaman dilakukan selama 30 menit. Dosis yang digunakan adalah 10 Ml untuk 5 liter air.

Tahap Pembuatan Lubang Tanam

Pemakaian pupuk herbafarm berikutnya adalah pada saat pembuatan lubang tanam. Setelah membuat lubang tanam silahkan masukkan pupuk organik herbafarm granul ke dalam lubang tersebut. Dosisnya adalah 100 Gram untuk setiap lubang kemudan ditimbun dengan tanah lalu disram air hingga basah. Pemupukan juga bisa ditambahkan dengan pupuk kandang atau kompos.

Masa Perawatan

Pada masa perawatan inilah penggunaan pupuk herbafarm dalam jumlah yang banyak dan perlu dijadwalkan secara teratur. Pupuk yang digunakan bisa dilakukan secara tunggal atau kombinasi antara pupuk herbafarm cair dan granul.

  • Cara Pemupukan Alpukat Dengan Herbafarm Granul

Pupuk herbafarm granul diaplikasikan pada tanaman alpukat setiap dua kali setahun. Aplikasi dilakukan pada awal dan akhir musim hujan. Teknik pemupukan yang digunakan adalah dengan menaburkan pupuk granul ke sekitar area pengakaran. Untuk memudahkan pengaturan jarak cukup mensejajarkan dengan bagian terluar daun.

Dosis pupuk granul untuk tanaman alpukat disesuaikan dengan usia atau besar kecilnya tanaman. Untuk tanaman usia dibawah tiga tahun dosis yang digunakan 2 sendok makan perpohon. Sementara untuk tanaman yang usia 3-10 tahun menggunakan dosis 4 Sendok makan. Usia tanaman alpukat yang sudah lebih 10 tahun menggunakan dosis 6 sendok makan.

Aplikasi pupuk herbafarm granul bisa dilakukan secara langsung tanpa Fermentasi. Bisa juga dan akan lebih baik jika difermentasi terlebih dahulu dengan pupuk herbafarm cair selama 12 jam.

  • Aplikasi Pupuk Herbafarm Cair

Pupuk organik herbafarm cair diaplikasikan secara berkala. Dosis pemakaian dan teknik pemupukan disesuaikan dengan usia tanaman. Tahapan pemupukan tanaman alpukat dengan pupuk cair herbafarm adalah sebagai berkut.

  1. Usia tanaman kurang dari 3 tahun menggunakan dosis 3 tutup botol per tangki 14 liter air. Pemupukan dilakukan setiap 2 minggu sekali selama 3 bulan. Bulan berikutnya diaplikasikan setiap 1 bulan sekali.
  2. Usia 3-5 tahun menggunakan dosis 6 tutup botol ditambahkan 14 liter air untuk 1 tangki. Aplikasi dilakukan setiap 2 bulan sekali.
  3. Usia 5 tahun sampai 10 tahun pemupukan dilakukan dengan teknik kocor langsung. Dosis pemupukannya adalah 20 ml per pohon.
  4. Usia 10 tahun ke atas dipupuk dengan teknik kocor langsung dengan dosis 40ml/ pohon.

Baca Juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Pada Tanaman Mangga.

Catatan Tambahan

  1. Penggunaan pupuk herbafarm cair pada saat perendaman biji alpukat bertujuan untuk mengatasi penyakit tular bibir.
  2. Pemberian pupuk pada media penyemaian dan lubang tanam untuk menyiapkan nutrisi yang cukup untuk bibit alpukat. Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit tular tanah.
  3. Aplikasi pupuk herbafarm dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari pukul 16.00.
  4. Pupuk herbafarm tidak boleh diaplikasikan secara bersamaan dengan pestisida/ herbisida kimia atau pupuk anorganik.
  5. Durasi dan dosis pemupukan bisa disesuaikan dengan kondisi pertumbuhan tanaman alpukat.

Demikian informasi tentang cara pemakain pupuk herbafarm pada tanaman alpukat. Silahkan dipraktekkan, semoga tanamannya tumbuh subur dan berbuah lebat.