Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Jagung

Salah satu tahapan penting dalam proses budidaya tanaman jagung adalah pemupukan. Pemilihan pupuk untuk jagung perlu dipertimbangkan dengan baik agar tanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang besar. Selain itu penggunaan pupuk juga akan berpengaruh terhadap daya tahan tanaman jagung terhadap serangan hama dan penyakit. Pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman jagung dilakukan biar buahnya besar, pertumbuhannya maksimal, tahap terhadap serangan hama dan penyakit serta cuaca ekstrim.

Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Jagung Biar Buahnya Besar

Pupuk herbafarm yang digunakan untuk tanaman jagung biar buahnya besar adalah Herbafarm Cair dan Herbafarm Granul. Herbafarm cair adalah pupuk organik berbentuk cair yang tersedia dalam kemasan 1 liter dan 5 liter. Pupuk granul merupakan pupuk organik padat yang tersedia dalam kemasan 5 kilogram.

Herbafarm cair diaplikasikan pada masa persiapan bibit dan perawatan tanaman (pupuk lanjutan). Sementara pemakaian pupuk herbafarm granul diaplikasikan pada saat pengolahan lahan. Pemakaian pupuk Herbafarm juga dapat diaplikasikan bersamaan dengan penggunaan pupuk organik lain seperti Pupuk Kandang atau pupuk kompos.

Pemakaian Pupuk Herbafarm terdiri dari tiga tahapan yaitu masa perendaman bibit, masa pengolahan tanah, dan masa tanam atau pupuk lanjutan. Proses ini sebaiknya dilakukan dengan tepat agar hasilnya bisa maksimal.

Adapun pembahasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Cara Pemakaian

Cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman jagung berbeda dengan jenis tanaman lainnya terutama tanaman keras atau jangka panjang. Jagung merupakan jenis tanaman jangka pendek sehingga dosis pupuk yang digunakan cenderung lebih sedikit tetapi durasi atau interval pemupukannya lebih sering.

Untuk anda yang ingin membudidayakan tanaman jagung dengan cara organik menggunakan pupuk herbafarm silahkan ikuti petunjuk pemakaiannya berikut ini!

Masa Rendam

Pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman jagung pertama kali dilakukan pada masa persiapan bibit. Benih jagung direndam menggunakan pupuk herbafarm cair dengan dosis 20 ml untuk 5 liter air. Larutan herbafarm digunakan untuk merendam 5 Kilogram benih.

Benih jagung direndam selama 3 jam. Selanjutnya benih diangkat dan ditiriskan kemudian dikeringkan/ diangin-anginkan pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Tujuan perendaman benih jagung dengan pupuk organik cair herbafarm dilakukan adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tular bibit.

Masa Pengolahan Tanah

Herbafarm Granul digunakan sebagai pupuk dasar persiapan lahan penanam jagung dengan dosis 15 kg per Hektar. Cara pemakaiannya dilakukan dengan cara dibenamkan pada lubang tanam. Herbafarm granul juga bisa diaplikasikan pada saat proses pengolahan lahan secara bersamaan dengan penggunaan pupuk kandang atau pupuk kompos.

Apabila tanah tidak diolah sebaiknya lahan yang akan ditanami disemprot dengan Herbisida untuk mematikan tanaman gulma. 3 hari kemudian dibuat lubang tanam kemudian diaplikasikan Herbafarm dengan dosis 10 ml Herbafarm ditambah 14 liter 2air diaplikasikan untuk lahan seluas 500 m.

Aplikasi untuk pengolahan lahan 1 Hektar membutuhkan 2 Liter atau 2 botol Herbafarm. Aplikasikan Herbafarm granul dengan dosis 15 kg per Hektar dapat diaplikasikan pada lubang tanam dengan dosis 0,3 gr per lubang tanam. Estimasi jumlah tanaman jagung per hektar adalah 50.000 tanaman.

Pemakaian Herbafarm Untuk Jagung Pada Masa Tanam

Pupuk herbafarm cair untuk tanaman jagung diaplikasikan secara bertahap. Teknik pemupukan dilakukan dengan cara penyemprotan. Adapun dosis dan waktu/ durasi penggunannya adalah sebagai berikut:

Hari Setelah TanamDosisLuas Lahan
7 HST30 ml/ 14 liter air 500 Meter
14 HST30 ml/ 14 liter air500 Meter
21 HST30 ml/ 14 liter air500 Meter
28 HST30 ml/ 14 liter air500 Meter
42 HST40 ml/ 14 liter air500 Meter
66 HST40 ml/ 14 liter air500 Meter
Tabel Pemupukan Jagung

Pemupukan pada tanaman jagung untuk masa perawatan atau pupuk lanjutan dilakukan sebanyak 6 kali. Aplikasi pertama kali dilakukan pada saat berusia 7 Hari setelah tanam sampai pada usia 66 hari setelah tanam.

Waktu pemupukan jagung dilakukan pada pagi atau sore hari. Aplikasi pada pagi hari dilakukan sebelum pukul 09.00 pagi sementara pada sore hari dilakukan mulai pukul 16.00.

Cara pemupukan jagung menggunakan pupuk herbafarm dilakukan dengan teknik penyemprotan menggunakan sprayer. Penyemprotan dilakukan pada seluruh bagian tanaman sampai tanah area pengakaran.

Aplikasi untuk pupuk lanjutan 1 Hektar membutuhkan 4 Liter atau 4 botol Herbafarm. Total penggunaan pupuk Herbafarm untuk tanaman jagung untuk lahan 1 hektar membutuhkan 6 liter atau 6 botol Herbafarm.

Cara Pemesanan Pupuk Herbafarm

Jual produk herbafarm wilayah sulawesi selatan berupa herbafarm cair dan herbafarm granul

Untuk melakukan pemesanan anda bisa datang langsung ke Alamat kami di Green Cakra Residence Blok K No. 15, Taeng, Pallangga. Atau melakukan pemesanan secara online melalui Whatsapp: 085-213-474-824.

Baca Juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Semangka.

Demikian pembahasan tentang cara pemakaian pupuk organik herbafarm untuk tanaman jagung. Semoga informasi ini bermanfaat jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.