Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Mangga

Budidaya tanaman mangga perlu menggunakan pupuk secara teratur. Salah satu pupuk yang cocok untuk tanaman mangga adalah pupuk organik herbafarm. Pupuk organik herbafarm membuat tanaman mangga menjadi subur, tahan terhadap serangan hama dan penyakit dan paling penting produksi meningkat secara kualitas dan kuantitas. Cara pemakaian pupuk herbafarm pada tanaman mangga berbeda pada tanaman lainnya.

Tahapan Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Mangga

Pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman mangga disesuaikan dengan tahapan budidaya. Aplikasi sebaiknya dilakukan pada saat persiapan penyemeaian jika bibit mangga yang akan dibudidayakan disemaikan sendiri. Jika menggunakan bibit yang siap tanam maka aplikasi pertama dilakukan pada saat persiapan lubang tanam.

Silahkan ikuti panduan berikut dengan menyesuaikan kondisi atau tahapan budidaya tanaman mangga anda.

Tahapan Pembibitan

Pembahasan ini khusus untuk anda yang melakukan pembibitan sendiri. Jika membeli bibit yang sudah siap tanam anda bisa melati tahapan ini dan lanjut pada tahapan berikutnya. Pada tahapan pembibitan penggunaan pupuk herbafarm dimulai pada proses persiapan media penyemaian.

Pada saat mempersipakan media penyemaian baik itu media tanamnya menggunakan tanah yang dicampurkan dengan pupuk kandang/ kompos maupun yang dibeli dari toko pertanian sebaiknya dicampur dengan pupuk herbafarm granul. Dosis yang digunakan adalah 100 Gram granul untuk 10Kg media penyemaian.

Pupuk granul dicampurkan sampai rata kemudian disiram dengan air. Media penyemaian yang sudah dicampur dengan air kemudian didiamkan selama satu minggu. Usahakan agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Aplikasi kedua dilakukan pada saat persiapan benih atau biji mangga. Biji mangga yang sudah dibersihkan selanjutnya direndam dengan pupuk organik cair herbafarm. Perendaman dilakukan selama 30 menit. Selanjutnya dikeringkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Jika pembibitan menggunakan teknik cangkok, perendaman dilakukan selama 30 menit sebelum dimasukkan ke dalam polybag.

Tujuan penggunaan pupuk herbafarm pada saat persiapan bibit adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tular tanah dan penyakit tular bibit.

Baca: Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Mangga.

Tahapan Persiapan Lubang Tanam

Aplikasi pupuk herbafarm berikutnya adalah pada saat persiapan lubang tanam. Setelah membuat lubang tanam, masukkan pupuk herbafarm granul pada lubang tanam dengan dosis 100 Gram per lubang tanam. Selanjutnya timbun dengan tanah dan diamkan selama 1 minggu.

Jika kondisi tanah terlalu kering segera siram dengan air. Penggunaan pupuk herbafarm granul pada lubang tanam untuk mempersiapkan nutrisi untuk bibit mangga agar tumbuh subur.

Tahapan Perawatan

Aplikasi berikutnya adalah tahapan perawatan. Jadi, untuk tahapan penanaman itu tidak perlu aplikasikan pupuk karena sudah ada pupuk granul pada saat persiapan lubang tanam. Untuk tahapan perawatan ini pemupukan harus dilakukan secara teratur. Sebaiknya dibuatkan jadwal pemupukan agar tidak terlewat.

  • Pemupukan Tanaman Usia 0 sampai 1 tahun

Untuk usia tanaman mangga yang kurang dari satu tahun pemupukan dilakukan dengan teknik penyemprotan. Dosis yang digunakan adalah 30ml (3 tutup botol) untuk 1 tangki air ukuran 14 liter. Jadwal penyemprotannya adalah sebagai berikut.

  1. Usia 1 – 3 bulan setelah tanam penyemprotan dilakukan setiap 2 minggu sekali.
  2. Usia 4-12 bulan pemupukan dilakukan setiap bulan sekali.
  • Pemupukan Mangga Usia 1-3 tahun

Mangga yang sudah berusia lebih dari 1 tahun dan kurang dari 3 tiga pemupukan masih dilakukan dengan teknik penyemprotan. Dosis yang digunakan adalah 60ml (6 tutup botol) untuk satu tangki air isi 14 liter. Aplikasi dilakukan setiap 2 bulan sekali.

  • Pemupukan Mangga Usia 3 -5 tahun

Untuk mangga usia 3 sampai 5 tahun atau sudah mulai produksi pemupukan dilakukan teknik kocor. Teknik kocor ini bisa dilakukan dengan mencampirkan air atau tanpa dicampur dengan air.

  1. Pemupukan tanpa dicampur air dilakukan setiap tiga bulan dengan dosis 2 tutup botol (20ml)/ pohon.
  2. Pemupukan dengan mencampurkan air dosis yang digunakan adalah 2 tutup botol tambah air 3-5 liter per pohon tergantung kondisi tanahnya. Pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali.
  • Usia 5 – 10 tahun

Untuk mangga yang sudah berusia 5 sampai 10 tahun pemupukan dilakukan setiap tiga bulan sekali. Dosis yang digunakan adalah 4 tutup botol per pohon. Aplikasi bisa dilakukan dengan atau tanpa mencampurkan dengan air.

  • Usia 10 Tahun ke atas

Untuk mangga yang sudah berusia 10 tahun ke atas atau pohon sudah sangat besar. Maka teknik pemupukan yang digunakan adalah dengan injeksi atau mengebor batang mangga. Lubang bor tersebut dimasukkan pupuk herbafarm cair sebanyak 10ml. Jumlah lubang bisa 2-3 tergantung besarnya batang mangga.

Baca Juga: Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm Pada Tanaman Durian.

Aplikasi pupuk herbafarm granul bisa dikombinasikan dengan pupuk herbafarm cair. Pupuk herbafarm granul diaplikasikan 2 kali setahun yaitu pada awal dan akhir musim hujan.

Demikianlah pembahasan tentang cara pemakaian pupuk herbafarm pada tanaman mangga. semoga informasi ini bermanfaat.