Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Semangka

Pupuk Herbafarm Untuk Semangka. Pupuk bio organik herbafarm merupakan pupuk yang dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman termasuk semangka. Untuk dosis aplikasi, teknik pemupukan, dan interval jarak pemupukan semangka memiliki aturan tersendiri. Silahkan perhatikan setiap langkahnya berikut ini.

Tahapan Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Semangka

Sebelum mengaplikasikan pupuk herbafarm pada tanaman semangka ada baiknya memahami terlebih dahulu aturan pemakaiannya. Cara pemakaian pupuk herbafarm pada tanaman semangka disesuaikan dengan tahapan budidayanya.

Persiapan Media Penyemaian

Aplikasi pertama dilakukan pada saat persiapan media penyemaian. Campurkan tanah dengan pupuk kandang/ kompos kemudian tambahkan pupuk herbafarm granul sebanyak 100 Gram. Aduk campuran tersebut hingga rata. Selanjutnya siram dengan air sampai basah. Selanjutnya diamkan selama 1 minggu dan biji semangka siap ditabur pada media penyemaian tersebut.

Tujuan penggunaan pupuk herbafarm granul adalah untuk menghindari adanya penyakit tular tanah. Selain itu juga untuk mempersipkan nutrisi yang dibutuhkan biji semangka untuk tumbuh subur dan menjadi bibit unggul.

Perendaman Bibit Semangka

Untuk menghasilkan bibit semangka berkualitas sebaiknya lakukan perendaman terlebih dahulu menggunakan pupuk organik cair herbafarm. Dosis yang digunakan adalah 10 ML (1 tutup botol) ditambahkan dengan 5 liter air. Aduk larutan tersebut hingga homegen (tercampur rata).

Selanjutnya rendam bibit semangka yang sudah disiapkan selama 30 menit. Setelah itu angkat benih lalu letakkan pada kain bersih. Biarkan hingga kering. Pastikan biji semangka yang sudah direndam tersebut tidak terpapar sinar matahari langsung.

Tujuan perendaman menggunakan pupuk organik cair herbafarm adalah untuk mencegah adanya penyakit tular benih.

Tahap Pengolahan Tanah

Pada tahap pengolahan tanah ini anda mempunyai dua pilihan. Mengaplikasikan pupuk herbafarm granul saat membajak tanah atau pada saat mempersiapkan bedengan.

Aplikasi pada saat pembajakan tanah, pupuk herbafarm granul ditaburkan secara merata ke atas tanah yang sudah dibajak. Dosis yang digunakan adalah 15 Kg untuk lahan seluas 1 Hektar.

Aplikasi pada saat pembuatan bedengan untuk penanaman. Herbafarm granul ditebarkan secara merata di atas bedengan dengan dosis 15Kg untuk lahan seluas 1 Hektar. Jika kondisi tanah kering segera lakukan penyiraman sampai tanah terlihat lembab.

Tujuh hari setelah aplikasi pupuk herbafarm granul, bibit siap dipindahkan ke lahan tanam.

Masa Perawatan

Tahapan cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman semangka yang terakhir adalah pada masa perawatan tanaman. Aplikasi dimulai 7 hari setelah tanam. Aplikasi terus dilakukan setiap minggu (7-10) selama 1 bulan atau empat kali aplikasi.

Dosis yang digunakan adalah 3 tutup botol (30ML) ditambahkan dengan 14 liter air. Larutan herbafarm tersebut disemprotkan menggunakan sprayer ke seluruh bagian tanaman semangka dan area pengakaran. Satu tangki ukuran 14 liter air ini diaplikasikan untuk lahan 500M.

Aplikasi bulan kedua dilakukan setiap 2 minggu. Dosis yang digunakan adalah 4 tutup botol (40ML) ditambahkan 14 liter air. Aplikasikan ke seluruh bagian tanaman dan tanah disekitar area pengakaran. Larutan tersebut diaplikasikan pada lahan seluas 500M.

Baca Juga: Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Cabe.

Demikianlah petunjuk cara pemakaian pupuk herbafarm untuk tanaman semangka. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan anda menggunakan pupuk untuk tanaman secara bijak.