Pupuk Kompos Solusi Pertanian Ramah Lingkungan

Pupuk kompos merupakan salah satu jenis pupuk tanaman yang banyak digunakan oleh petani. Selain karena bahannya yang mudah didapatkan cara membuatnya pun sangat sederhana. Untuk anda yang gemar budidaya tanaman dan ingin menghemat biaya perawatan bisa mencoba gunakan jenis pupuk organik ini untuk pemupukan.

Apa Itu Pupuk Kompos?

Pupuk kompos adalah pupuk organik padat yang terbuat dari pelapukan bahan limbah atau sampah melalui proses penguraian oleh bakteri. Jadi, pada dasarnya pupuk ini dapat terjadi secara alami dan buatan. Jika terjadi secara alami maka prosesnya akan lebih lama. Sementara jika sengaja dibuat bisa lebih cepat.

Kompos terjadi secara alamai melalui sampah yang tertimbun dalam tanah dalam waktu yang lama kemudian diuraikan oleh bakteri. Sementara yang dibuat membutuhkan media pembuatan tersendiri dan waktu yang dibutuhkan relatif lebih cepat.

Alasan Penggunaan

Pupuk organik padat ini sangat cocok digunakan untuk budidaya berbagai jenis tanaman. Manfaatnya sangat baik untuk kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman. Selain itu menggunakan pupuk ini membuat ekosistem pertanian menjadi lebih sehat.

Berikut ini beberapa alasan petani menggunakan kompos dalam budidaya tanaman:

  1. Bahan pembuatan mudah didapatkan.
  2. Biayanya murah
  3. Ramah lingkungan
  4. Bermanfaat untuk kesuburan tanah
  5. Membantu pertumbuhan dan produksi tanaman
  6. Ramah lingkungan
  7. Cocok digunakan untuk budidaya skala rumahan dan agribisnis
  8. Bisa digunakan untuk semua jenis tanaman
  9. Bisa dibuat sendiri di rumah

Bahan Pembuatan Pupuk Kompos

Bahan pembuatan kompos adalah bahan organik yang bisa berasal dari limbah rumah tangga dan limbah pertanian serta limbah dari kotoran hewan ternak Herbivora. Ketiga jenis bahan organik ini sangat mudah didapatkan di sekitar rumah. Kompos sendiri bisa dibuat dari salah satu bahan tersebut atau mencampurkannya sekaligus, tergantung dari ketersediaan bahan dan jumlah kebutuhannya.

Tidak semua sampah atau limbah rumah tangga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kompos. Sampah plastik, kaca, dan bahan berminyak tidak cocok digunakan.

Silahkan Baca tentang Detail Bahan Pembuatan Kompos.

Cara Pembuatan Kompos

Pupuk organik ini bisa dibuat dengan mudah di rumah. Yang perlu diperhatikan adalah media yang digunakan, bahan pembuatan serta dekomposernya. Berikut ini gambaran singkatnya!

  • Persiapan Media: Media yang digunakan bisa apa saja mulai dari membuat lubang di tanah, menggunakan ember atau baskom berbahan plastik, menggunakan drum berbahan besi/ logam, atau menggunakan kotak kayu.
  • Pengumpulan Bahan: Bahan-bahan bisa didapatkan dengan mudah dari sisa dapur seperti sayuran dan buah, limbah pertanian, atau kotoran ternak.
  • Proses pembuatan: Semua bahan yang sudah dikumpulkan dimasukkan ke dalam media pembuatan lalu ditambahkan dekomposer.

Silahkan Baca Pembahasan Lengkap: Cara Membuat Pupuk Kompos.

Ciri-ciri Kompos Yang Siap Digunakan

Waktu pembuatan kompos berkisar 2 minggu sampai tiga bulan tergantung dari bahan yang digunakan, media yang dipakai dan dekomposernya. Adapun ciri-ciri dari kompos yang sudah matang atau siap untuk digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Berwarna cokelat kehitaman
  2. Beraroma seperti tanah dan tidak menyengat
  3. Penyusutan berkisar 20-40% dari bahan yang digunakan
  4. Suhu sudah mendekati normal
  5. Kandungan air kurang dari 50%

Silahkan Baca Cara Tes Keberhasilan Pembuatan Kompos.

Manfaat Pupuk Kompos

Pupuk kompos memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah. Tentu saja hal ini sangat dibutuhkan untuk budidaya berbagai macam tanaman agar tumbuh subur dan menghasilkan produksi baik secara kualitas dan kuantias.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan kompos sebagai pemupukan dalam budidaya tanaman adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesuburan tanah
  • Memperbaiki karakteristik dan struktur tanah
  • Meningkatkan aktivitas mikroba dalam tanah

Silahkan Baca: Pembahasan Lengkap Manfaat Pupuk Kompos.

Sudah saatnya beralih kembali pada penggunaan pupuk organik untuk pemupukan tanaman. Dengan memanfaatkan limbah di sekitar rumah kita dapat menciptakan ekosistem pertanian yang lebih sehat.

Demikian pembahasan tentang pupuk kompos. Semoga informasi ini bermanfaat!